Materi Ekonomi kelas X Penawaran

   

Arti Penawaran adalah sejumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh podusen pada berbagai tingkat haraga pada periode tertentu. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran.

Harga barang yang bersangkutan. Bila harga naik akan memyebabkan jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami kenakian, dan sebaliknya bila harga turun akan meyebabkan jumlah barang yang ditawarkan juga akan turun.

Biaya Produksi. Bila biaya produksi mengalami kenaikan, maka produsen akan mengurangi jumlah produksinya , sehingga jumlah barang yang ditawarkan menjadi turun, dan sebaliknya bila biaya produksi mengalamai penurunan, maka produsen menambah jumlah produksinya sehingga jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat.

Teknik Produksi/ Teknologi. Bila teknologi yang dimiliki tinggi maka kapasitas produksi juga tinggi sehingga jumlah barang yang akan ditawarkan juga semakin besar, dan sebaliknya.

Persediaan Sumber Produksi. Bila persediaan sumber daya produksi terbatas jumlahnya, maka harga sumber daya tersebut akan meningkat, akibatnya produsen akan mengurangi jumlah produksinya, sehingga jumlah barang yang ditawarkan menjadi berkurang.

Munculnya Produsen Baru (Pesaing Baru). Bila pesaing baru masuk ke pasar, akan terjadi perebutan konsumen, maka akan terjadi perubahan harga untuk menarik pembeli tersebut, akibatnya jumlah penawaran juga berubah.

Ekspetasi/Perkiraan Masa Datang. jika produsen memperkirakan sesuatu akan mengalami perubahan di masa datang(misalnya harga akan naik, maka jumlah produksi akan ditingkatkan sehingga jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat pula, dan sebaliknya).

Adanya Tujuan Tertentu. bila tujuan produksi misalnya hanya untuk memperoleh keuntungan , maka produsen akan menetapkan harga jula yang tinggi dan jumlah penawaran yang tinggi pula. dan sebaliknya
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait