Materi Ekonomi kelas X Permintaan

   

Arti Permintaan, Permintaan (Demand) adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu. Jenis Permintaan dibedakn atas daya beli dan jenis permintaan.

Jenis Permintaan

Menurut Daya Beli dibagi atas Permintaan Potensial (permintaan yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membeli). Permintaan Efektif ( Permintaan efektif (effective demand) adalah permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli atau daya beli). Permintaan Absolut (seluruh permintaan terhadap barang/ jasa, baik disertai dengan daya beli maupun tidak disertai daya beli secara matematis rumusnya.
Permintaan Absolut = Permintaan Efektif + Permintaan Potensial
Menurut Jumlah Permintaannya, Permintaan Individu (Permintaan Individu adalah permintaan yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya). Permintaan Agregat/ Kolektif/Kelompok (Permintaan Agregat adalah permintaan yang datang dari sekelompok orang atau masyarakat pada saat bersamaan atau hasil penjumlahan dari permintaan individu.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Pengaruh Harga barang itu Sendiri. Bila harga naik maka jumlah permintaan akan turun. Dan sebaliknya bila harga turun, maka jumlah barang yang diminta akan naik.

Pendapatan Masyarakat. Apabila pendapatan masyarakat meningkat, maka jumlah permintaan akan meningkat. Jika pendapat masyarakat menurun maka jumlah uang yang akan dbelanjakan pasti turun yang berakibt dengan rendahnya permintaan.

Selera. Dengan semakin meningkat selera seseorang terhadap suatu barang dan jasa, maka semakin meningkat pula jumlah permintaan akan barang dan jasa tersebut. Begitu juga sebaliknya penurunan selera maka permintaan akan menurun.Inilah yang harus menjadikan perusahaan untuk berinovasi selalu.

Harga Barang lain yang Bersangkutan. Faktor harga tentu saja pentng. Jika harga barang lain mengalami penurunan, maka konsumen akan membeli barang lain. Dalam hal ini biasanya untuk meningkatkan permintaan dari konsumen produsen memberikan program diskon.

Eksepetasi/Perkiraan. Jika di masa datang diperkirakan tejadi perubahan harga, selera, pendapatan, dll maka. jumlah permintaaan akan barang dan jasa tersebut juga berubah.

Intensitas Kebutuhan. Bila barang tersebut adalah jenis barang primer, kebutuhan akan barang ini tidak dapat ditunda. Akibatnya akan mempengaruhi jumlah pemintaan akan barang primer ini.

Peradaban/Kebudayaan/IPTEK. Dengan semakin majunya peradaban/kebudayaan/IPTEK maka akan semakin meningkat pula. jumlah permintaan akan barang dan jasa. Selain itu juga permintaan logikanya aka dipengaruhi oleh, Pertambahan Penduduk dimana semakin meningkat pertambahan penduduk, maka semkin tinggi pula jumlah permintaan akan barang dan jasa.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait