Beda Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

   
Jika sering mendengar berita di televisi atau membaca di media cetak lainnya sering ditemukan istilah sektor ekonomi mikro dan ekonomi makro. Sebenarnya apa itu ekonomi mikro dan ekonomi makro? Apa saja bidang kajian ekonomi mikro dan ekonomi makro. Kemudian, apa perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
beda ekonomi makro dan ekonomi mikro
Lapangan Kerja, salah satu pokok Ekonomi Makro

Ekonomi Makro

Pengertian ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi yang mendalami secara total ekonomi yang berkaitan dengan jumlah barang dan jasa (produksi), total penghasilan, level penganguran serta sifat umum harga barang. Contohnya, ketimpangan dalam neraca pembayaran, inflasi yang terjadi, tingkat pengangguran di suatu negara.

Analisis dalam Ekonomi Makro

Hal yang dianalisa oleh ekonomi makro adalah tentang seluruh tindakan-aksi konsumen, produsen, lembaga keuangan (bank dan non-bank), peran pemerintah dan hubungan dengan negara lain yang berpengaruh terhadap kondisi perekonomian secara keseluruhan. Adapun hal tersebut menyangkut.

Pendapatan Nasional, yaitu total keseluruhan pendapatan yang didapat oleh suatu negara. Kedua yaitu, Kesempatan kerja, dimana dianalisa kondisi tentang tenaga kerja dengan tujuan meningkatkan kesempatan kerja demi mereduksi angka pengangguran. Pokok ketiga, stabilitas harga dimana bertujuan dalam pencegahan kenaikan harga yang terlalu drastis sehingga berdampak shocking  terhadap perekonomian. Terakhir yang ke-empat meng-analisa perdagangan internasional, yaitu kegiatan transaksi antara dua negara atau lebih. Terkait dengan: Perdagangan Internasional.

Teori tentang Ekonomi Makro

Hadirnya ekonomi makro ini di dasari oleh sebuah buku karangan JM Keynes. Buku tersebut berjudul The General Theory of Employment, Interest and Money (Teori Umum tenaga kerja, bunga dan uang) pada tahun 1973. 

Buku tersebut disebut sebagai peletak dasar ekonomi makro. Penganut teori yang dalam buku karangan Keynes tersebut disebut Ekonom Keynesian. Salah satu teori-nya berbunyi pengangguran bisa terjadi dalam waktu yang tak berhingga.


Masalah dan Kebijakan Pemerintah dalam Ekonomi Makro

Untuk negara yang sedang berkembang, ada 3 inti masalah pemerintah dalam ekonomi makro. Pertama, kemiskinan dan kesenjangan sosial. Kedua, tingkat pengangguran dan inflasi, dan terakhir masalah impor serta utang dalam negeri.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka pemerintah melakukan beberapa upaya. Beberapa upaya pemeritah mengatasi masalah ekonomi makro adalah kebijakan fiskal, kebijakan moneter, dan kebijakan perdagangan internasional seperti larangan impor. Selengkapnya : Materi SMA tentang Kebijakan Fiskal.

Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro adalah bidang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang bagian kecil secara aspek individual dari total kegiatan ekonomi. Bidang bidang yang dianalisa diantara lain perilaku konsumen, perlaku produsen yang dipandang secara individu di pasar. Contohnya, penetapan harga, selera masyarakat.

Analisis dalam Ekonomi Mikro

Dalam ekonomi mikro ada 3 hal pokok yang menjadi objek analisa. Hal tersebut adalah teori harga, teori produksi dan teori distribusi. Penjelasannya sebagai berikut.
Teori Harga, yaitu teori yang membahas tentang penetapan atau proses terbentuknya harga yang disebabkan dari interaksi penawaran dan permintaan suatu jenis produk (barang dan jasa) dalam sebuah pasar. Faktor yang berpengaruh penetapan harga antara lain jumlah permintaan, jumlah penawaran, harga penawaran, harga permintaan, bentuk pasar (persaingan sempurna/ persaingan tak sempurna). Terkait : Pasar Persaingan tak Sempurna

Teori Produksi, yaitu teori yang mendalami tentang biaya produksi (modal), tingkat produksi bagaimana yang bisa menghasilkan keuntungan maksimun. Selian itu juga membahas tentang penggunaan faktor produksi seperti bahan baku dan lainnya. 

Teori Distribusi, pembahasan  dalam analisa ini, mengenai faktor penentu tingkat upah sumber daya manusia dan tenaga kerja. Tingkat suku bunga yang musti dibayar dalam modal, seerta keuntungan bagi pengusaha (produsen dan distriutor).

Teori Ekonomi Mikro

Pengenalan teori dalam ekonomi mikro ini diperkenalkan oleh dua orang ahli ekonomi klasik. Adam Smith dan David Ricardo. Asumsi yang melatar-belakangi pemikiran mereka adalah tindakan ekonomi rasional. Tindakan ekonomi rasional yaitu, konsumen ingin mendapatkan kepuasan maksimum, dan produsen ingin mendapatkan keuntungan maksimum.

Dasar pemikiran ini juga meng-asumsikan bahwa setiap pelaku di pasar telah mendapatkan informasi yang komplit. Juga dengan adanya penyesuaian dengan kondisi pasar mengingat mobilitas di pasar sangat tinggi.

Peran Pemerintah dalam Ekonomi Mikro

Peran pemerintah dalam ekonomi mikro pada pasar bertujuan untuk melindungi produsen dan konsumen. Peran pemeritnah tersebut berkaitan dengan penetapan harga. Baik itu harga maksimum (ceiling price) ataupun harga minimum (floor price).

Ada juga peran pemerintah secara tidak langsung. Peran pemerintah secara tidak langsung bisa saja seperti penetapan pajak penjualan dan pemberian subsidi penjualan. Contohnya dalam pemberian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment