Soal Ekonomi SMA tentang Bank

   

Berikut ini adalah soal ekonomi tentang bank. Soal Ini terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Soal tersebut diharapkan bisa dijadikan latihan untuk menilai tingkat pemahaman peserta didik tentang bank. Silahkan dijawab dengan memilih salah satu Jawaban (a,b,c,d atau e) yang paling benar.

1 ) Bank merupakan lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat. Dalam tugas tersebut fungsi bank yang benar adalah.  
(a) sebagai penerbit buku tabungan.   (b) sebagai pelayan nasabah.  (c) Sebagai penagih kredit ke peng-hutang.    (d) sebagai alat kampanye berhemat.   (e) sebagai penerima kredit.

2) Pemberian layanan deposito, pembukaan tabungan, penyedia giro. Hal tersebut merupakan fungsi bank yang termasuk ke dalam.
(a) Penerima kredit.    (b) Pemberi Kredit.    (c) Melayani masyarakat.   (d) Pemberi debit   (e) Penerima Debit.

3) Bank digolongkan menjadi dua jenis. Bank Sentral dan Bank Umum. Di Indonesia, bank Sentral ini dikenal dengan nama.
(a) Bank Rakyat Indonesia.  (b) Bank Nasional Indonesia.  (c) Bank Negara Indonesia   (d) Bank Indonesia.   (e) Bank Indonesia Pusat.

4) Masing masing bank (bank sentral dan bank umum) memiliki tugas sendiri. Tugas tersebut berdasarkan tujuan dan fungsi bank. Salah satu tugas bank sentral adalah.
(a) Menyediakan Deposito Berjangka.  (b) Bekerja sama dengan pemerintah untuk tabungan haji.   (c) Menjaga kestabilan nilai mata uang dalam negeri.   (d) melayani kredit rumah.   (e) memberikan modal pada pengusaha nasional.

5) Bank umum memiliki peran dan tugas yang berbeda dari bank sentral. Peran bank umum lebih langsung berinteraksi dengan masyarakat luas. Yang bukan merupakan tugas bank umum adalah.
(a) Penerbitan Surat Pengakuan Hutang.   (b) Melakukan Pembayaran luar negeri.  (c) Penyediaan Safe Deposit Box.   (d) Menjaga kestabilan rupiah.    (e) memberi pinjaman modal usaha.

6) Produk bank umum secara umum ada kredit pasif dan kredit aktif. Salah satu contoh kredit pasif dari bank umum adalah.
(a) Pinjaman tertitip/load deposit.       (b) Pinjaman modal usaha.  (c) Kredit rumah.  (d)Kredit motor.  (e) Kredit tanpa Agunan (KTA).

7)  Produk perbankan terdiri dari tiga kelompok besar. Dalam hal melakukan inkasi, jual beli cek perjalanan dan jual beli valuta asing. Hal itu temasuk pada produk bank dalam jenis.
(a) Letter of Credit.  (b) Jasa Lalu Lintas Moneter.  (c) Produk Internasional.  (d) Produk Aktif. (e) Produk Pasif.

8) Dari pernyataan berikut. Menjaga stabilitas harga. Peningkatan lapangan kerja. Mengendalikan stabilitas ekonomi. Dari tiga hal di atas, itu merupakan tujuan bank yang dikelompokkan dalam tujuan..
(a) Tujuan kebijakan moneter.  (b) tujuan kebijakan fiskal.  (c) tujuan ekonomi nasional.  (d) tujuan sesuai sila ke-5. (e) tujuan sosial kemasyarakatan.


9) Proses mengontrol peredaran uang. Ini ditujukan untuk mengatasi inflasi. Dalam pelaksanaanya ini dilakukan di Indonesia oleh.
(a) Bank BCA.   (b) Bank BRI.     (c) Bank Indonesia.   (d) Bank BTN.  (e) Bank Pembangunan Daerah.

10) Produk bank umum sangat banyak. Mulai dari pemberian kredit dan pinjaman. Ada deposito dan tabungan. Cek, giro dan lainnya. Perbedaan deposito dan deposito bersertifikat adalah.
(a) Periode Deposito lebih pendek.  (b) Sertifikat Deposito bisa di jual belikan.  (c) Deposito bunganya lebih rendah.  (d) Sertifikat Deposito dijamin LPS.  (e) Tidak ada perbedaan antara mereka.

11) Belakangan dikenal bank syariah. Maraknya bank syariah ini membuat para pihak bank konvensional juga meluncurkan produk bank syariah. Seperti bank syariah mandiri, bank BRI syariah. Perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional adalah...
(a) Produk bank konvensional lebih banyak.   (b) Sistem pembagian bunga dan keuntungan.  (c) bank syariah khusus untuk muslim.  (d) bank konvensional di atas bank syariah.  (e) Tak ada bedanya.

12) Bank Perkreditan rakyat hampir sama dengan bank umum lain. Bertugas mnghimpun dana dari masyarakat dan melakukan aktifitas perbankan lainnya. Tetapi, ada yang tidak boleh dilakukan bank perkreditan rakyat yaitu.
(a) Memberikan kredit dan pinjaman.  (b)Meluncurkan produk deposito.  (c) menerima simpanan dalam bentuk giro.   (d)Produk tabungan lebih dari 1 macam.  (e) Transfer uang ke bank lainnya.

13) Pembuatan kesepakatan antara nasabah dan pihak penyedia dengan perjanjian tanggungan resiko. Tetapi nasabah diwajibkan membayar premi setiap bulan / waktu yang disepakati. Ini merupakan pengertian lembaga keuangan..
(a) Bank umum.  (b) perusahaan gadai. (c) Perusahaan asuransi. (d) bank syariah.  (e) Bank BPR.

14) Jenis produk yang ditawarkan lembaga ini adalah dengan memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan dengan syarat adanya jaminan. Jaminan tersebut bisa berupa aset bergerak atau-pun tidak. Jika tidak dibayar maka, barang jaminan akan disita dan akan dilelang. Lembaga khusus yang dimaksud ini adalah.
(a) Lembaga Penjamin Simpanan.  (b) Perum Pegadaian.  (c) Asuransi Simpan Pinjam. (d) Kredit tanpa agunan.  (e) Koperasi Simpan Pinjam.

15) Ada koperasi yang merupakan sebuah lembaga keuangan non bank, dimana menyediakan jasa simpan pinjam. Koperasi ini disebut koperasi simpan pinjam. Dibanding dengan pegadaian, maka kelebihan koperasi simpan pinjam ini adalah.
(a) Tidak ada bunga pinjaman.  (b) Tidak perlu ada jaminan. (c) syarat peminjaman tidak terlalu susah.  (d) koperasi berazaskan kekeluargaan.  (e) Segala urusan lebih mudah di-koperasi.

Itulah 15 soal yang bisa digunakan untuk mengukur pemahaman tentang materi bank. Bagaimana hasil yang diperoleh? Oh iya untuk mengecek jawaban berikut Kunci Jawaban : EADCD  ABACB BCCBB. Jika masih kurang memuaskan berarti harus lebih banyak belajar dan membaca.  Kamu bisa baca materi ini di : Materi Ekonomi kelas X Bank.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment