Soal Ekonomi tentang Pasar dan Faktor Produksi

   
Di bawah ini bisa digunakan beberapa soal untuk latihan dan menguji kepahaman. Soal Soal pilihan ganda tentang pasar dan faktor produksi ini juga akan dilengkapi dengan beberapa soal tentang materi lainnya. Ini bertujuan agar juga bisa mengingat materi materi yang telah dipelajari.

Soal 1. Suautu tmpat dimana pembeli dan penjual bisa berhubungan antara mereka. Baik secara langsung ataupun tidak langsung Pada tempat ini juga terjadi transaksi pertukaran. Ini merupakan pengertian dari.  (a) Pasar  (b) Swalayan  (c) Bursa  (d) toko  (e)toserba.

Soal 2. (i) pembentuk harga. (ii) penghasil barang.  (iii) mencari untung  (iv) distributsi    (v) promosi. Pernyaataan yang telah disebutkan, fungsi pasar bersesuaian dengan nomor.
(a) i, ii dan iii.   (b) i, ii dan v.   (c) i, iii dan iv.  (d) i, iv dan v.  (e)iii, iv dan v.

Soal 3. Dari ciri ciri yang disebutkan pada pilihan. Yang bukan ciri ciri pasar persaingan sempurna adalah.
(a) banyaknya jumlah pembeli dan penjual.  (b) sifat barang yang diperdagangkan sama.  (c) harga ditetapkan oleh pemintaan dan penawaran.   (d) bebas dan leluasa keluar masuk pasar.   (e) distribusi produk berjalan dengan lancar.

Soal 4. Sebuah bentuk pasar. Dalam pasar itu hana ada beberapa perusahaan. Jumlah pembeli banyak. Yang dimaksud dari pernyataan di atas adalah.
(a) pasar monopoli   (b) pasar monopsoni    (c) pasar oligopsoni    (d) pasar monopolistik.  (e) pasar oligopsoni.

Soal 5. Dengan adanya penerapan teknologi terbaru dan berkembang dengan pesat. Akan melahirkan sebuah persaingan yang ketat. Akibatnya akan muncul motivasi untuk berkompetisi di sektor produksi. Pernyatanan yang disampaikan adalah kebaikan dari pasar.
(a) pasar oligopsoni  (b) pasar oligopoli  (c) pasar monopoli (d) pasar monopolistik  (e) pasar persaingan sempurna.

Soal 6. Dasar teori serta pandangan psiklogik terhadap perbedaan waktu. Barang dinilai lebih tinggi bila dimiliki sekarang daripada dimiliki di masa mendatang. Pernyataan tersebut adalah penjelasan dari.
(a) teori perbedaan kesuburan. (b) teori harga tanah  (c) teori pengorbanan  (d) teori produktifitas  (e) teori agio.

Soal 7. Kemampuan melihat peluang usaha, mencari sumber modal dan sumber daya. Dengan demikian bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan keberanian mengambil resiko. Kalimat tersebut adalah pengertian dari.
(a) direktur  (b) wirausaha  (c) produsen   (d) manager   (e) konsumen.

Soal 8. Untuk menjadi seorang wira usaha dituntut memiliki sifat sifat tertentu. Sifat yang tidak boleh dimiliki seorang wirausaha adalah.
(a) berwawasan bisnis yang luas.  (b) tidak perlu kreativitas.  (c) bisa memperhitungkan risiko.  (d) bisa mengembangkanusaha.  (e) memiliki pendidikan dan pengetahuan tentang masalah ekonomi.

Soal 9. Kegiatan usaha dan peran wirausaha diusahan agar berkembang. Dengan semakin banyak-nya wirausaha ini tentu akan membuat negara menjadi lebih baik. Peran wira usaha tersebut kecuali.
(a) memperluas kesempatan kerja  (b) mencegah adanya monopoli.  (c) menambah ketersediaan barang dan jasa.  (d) peningkatan penanaman permodalan dalam negeri.   (e) mendorong free-flight liberalism.

Soal 10. Yang termasuk teori laba pengusaha adalah.. (a) teori agio.  (b) teori derivasi harga tanah.  (c) teori produktivitas  (d) teori pengorbanan.  (e) teori residu.

Soal 11. Nilai bajasa jasa yang diterima faktor produksi tanah bisa berupa . (a) sewa  (b) interest (bunga).  (c) keuntungan.   (d) distribusi pendapatan.   (e) wage.

Soal ekstra. Pada haarga $2 penawaran 2 unit, sementara ketika harga $3 penawaran 5 unit. Jika ditulis dalam bentuk fungsi, fungsi penawaran yang benar adalah.
(a) Qs= 3P-4   (b) Qs=4P-5    (c) Qs=5P-6.   (d)Qs= 5P-7      (e) Qs=6P-8.

Soal Masalah ekonomi. Survey pasar akan digunakan oleh produsen informasinya. Ini digunakan untuk mengatasi masalah ekonomi.
(a) bagaimana cara produksi    (b) untuk siapa produksi   (c) dimana produksi  (d) siapa yang memproduksi.    (e) apa yang akan diproduksi.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment