Soal Hitungan Penerimaan Total dan Penerimaan Marginal

   
Penerimaan Total dikenal dengan istilah Total Revenue/TR. Untuk Penerimaan Marginal dikenal dengan Marginal Revenue. Untuk post kali ini tidak akan membahas tentang apa itu total revenue dan marginal revenue. Akan dijelaskan soal hitungan dan pembahasan tentang Total revenue dan marginal revenue. Berikut soal soal-nya.

Mencari Total Revenue (TR)

Diketahui fungsi permintaan didefenisikan sebagai berikut. Q = 6- 0,25 P. Tentukan besarnya Total Revenue (TR) ketika permintaan barang 4 unit.

Pembahasan : TR = PxQ. Untuk sementara kita belum memiliki harga. Kita akan cari harga terlebih dahulu dari fungsi permintaan. 
Q= 6- 0,25. P , ingat nilai Q = 4. Maka diperoleh 4 = 6-0,25.P. Diselesaikan hitungan hingga diperoleh P = 16.
Sekarang kembali ke TR = PxQ = 16x 4 = 64.

Menentukan Marginal Revenue (MR)

Diketahui fungsi Q= -50 +10P. Dari fungsi tersebut, tentukan fungsi marginal revenue (MR)!

Pembahasan : Untuk mencari MR kita harus mencari TR terlebih dahulu. TR = PxQ = P x ( -50+10P) = -50P+10P^2. MR didapat dari turunan  TR. Sekarang kita akan turunkan TR.
TR = -50P + 10P^2 -- (turunkan) -- MR = -50+ 20P. Jadi fungsi marginal revenue (MR) adalah -50+20P.


Menentukan Fungsi Biaya Marginal (MC) 

Dari fungsi biaya total Q^3 - 33Q^2+210Q. Tentukan fungsi biaya marginal.

Pembahasan : Diketahui TC = Q^3 - 33Q^2+210Q.  Untuk mencari biaya marginal (marginal cost/MC) digunakan turunan pertama dari TC. Sekarang tugasnya hanya menurunkan TC.
TC` = 3Q^2 - 33Q+210. Jadi fungsi untuk marginal cost adalah TC` = 3Q^2 - 33Q+210.

Demikianlah soal dan pembahasan tentang Total revenue, marginal revenue dan biaya marginal. Untuk soal beserta pembahasan lain mengenai ekonomi SMA bisa dilihat pada halaman daftar isi kami Semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam belajar ekonomi di 'ruang' ini.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment