Apa Asas dan Sendi Dasar Koperasi Indonesia?

   
Prinsip koperasi Indonesia tidak diadopsi langsung dari Principles of Rochdale. Prinsip koperasi Indonesia dikondisikan dengan kepribadian rakyat Indonesia. Memiliki ciri ciri ketuhanan yang maha esa, semangat gotong royong serta kekeluargaan di bawah Bhineka Tunggal Ika. dengan kepribadian bangsa Indonesia pada UU no 12 tahun 1967 asal 5 dicantumkan asas koperasi Indonesia berdasarkan kekeluargaan dan gotong royong.

Asas Koperasi Indonesia


Asas kekeluargaan merefleksikan adnya kesadaran dalam hati untuk angota dengan prinsip dari, oleh dan untuk semua. Bekerja dengan baik dengan pronsip kadilan dan keberanian serta mengedepankan kepntingan bersama dibanding kepentingan individu.

Pengertian asas gotong royong dalam koperasi Indonesia adalah dimana terdapat semangat untuk melakukan pekerjaan secara bersama sama yang didasari leh tanggung jawab. Semua kegiatan dilakukan demi kepentingan bersama, menerapkan pepatah berat sama dipikul dan ringan sama d jinjing.
Gabungan kedua asas di atas diartikan sebagai paham yang dinamis. Keduanya akan munimbulkan semangat yang penuh untuk melakukan kerja sama adn memkul tanggung jawab demi mencapai kepentingan bersama. Selain itu ini diutamakan untuk kesejahteraan bersama para anggota sebagai tujuan koperasi.

Pengertia gotong royong adalah kegiatan yang dilakuakn dengan priinsip menccapai tujuan ebrsama dengan resiko bersama. Prinsip seperti ini yang menjadi keungulan utama koperasi Indonesia.

Secara Internasioanl, prinsip koperasi dikenal dengan istilah Rochdale. Memang jika dibandingkan dengan asas koperasi Indoensia , asas koperais Indonesia terliha lebih spesifik. Namun semua pdoman umum pasti berkiblat pada prinsip ini. Prinsip koperasi ini akan mewarnai semua badan perkoperasian dunia. Buktinya dalam pembentukan ICA (International Cooperative Alliance), setipa anggota hariis memenuhi priciple of Rochdale ini unuk menjadi anggota koperasi atau aliansi koperasi internasional tersebut. 

Sendi Koperasi Indonesia

Sendi dasar koperasi indonesia di atur dalam UU no 12 tauhn 1967 pasal 6. Di rincikan di sana sendi keoperasi Indonesia adalah:

  1. Keanggotaan koperasi bersifat sukarela dan bisa diikuti semua warga negara Indonesia
  2. Penerapan domokrasi dan keterbukaan, dicerminkan dari kekuasaaan tertinggi koperasi berasal dari rapat anggota. bukan pimpinan koperasi.
  3. Pembagian SHU di atur dan dihitungberdasarkan jasa masing masing anggota. Ini menunjukkan adanya keadilan dalam organisasi koperasi.
  4. Pembatasan bunga modal
  5. Meningkatkan ksesejahteraan masyarakat
  6. Pelaksanaan dan usaha sifatnya terbuka
  7. Swadaya, swasembada dan swakerta dimana percaya pada diri sendiri untuk memberikan kemampuan mandiri.
Demikianlah asas dan sendi dasar perkoperasian di Indonesia. Inti tujuan koperasi adalah mensejahteraka anggota dengan melakukan kerja sama berdasarkan asas kekeluargaan dan dan sendi sendi dasar yang telah disebutkan di atas. Terkait :Perkembangan Koperasi pada Masa Orde Baru
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment