Apa itu Bisnis?

   
Bisnis, berbisnis, bisnis-men. Sudah menjadi sebuah kata yang umum digunakan. Tapi sebenarnya, apa pengertian bisnis? Apa yang dimaksud dengan bisnis?

Pengertian bisnis secara ekonomi adalah kejadian atau aktivitas berupa tukar menukar atau jual beli yang melibatkan proses produksi, distribusi, kerja dan interaksi antara pelaku ekonomi dalam tujuan memperoleh keuntungan. Secara awam, hasil tujuan bisnis tersebut adalah keuntungan dalam bentuk uang. Namun pada dasarnya keuntungan yang dimaksud tidak hanya terbatas dalam bentuk uang.
pengertian bisnis adalah
Keuntungan tersebut harus bisa dinikmati kedua belah pihak yang terlibat. Dalam bisnis tidak mengenal kata 'membantu'. Sifat bisnis bukanlah sosial,melainkan sebuah transaksi yang bertujuan mendapatkan keuntungan. Sekarang perhatikan ilustrasi di bawah ini.

Ilustrasi 1: John memiliki uang $100. John berkunjung ke Indonesia. Di Indonesia, John memiliki teman Saripudin. Karena di Indonesia, dollar jarang digunakan dalam jual beli. John ingin menukarkan uang-nya dengan Saripudin. 

Ilustrasi 2: Marc berwisata ke Indonesia. Kemudian Marc menukarkan uang $100 ke Money Changer.

Menurut anda manakah dari ke dua ilustrasi tersebut yang dikategorikan bisnis? Contoh Bisnis terletak pada ilustrasi ke dua. Pada ilustrasi pertama John diuntungkan dengan penukaran mata uang rupiah. Sementara, Saripudin hanya membantu dan sebenarnya tak memiliki kepentingan dan tak memeproleh keuntungan dari tukar menukar uang tersebut.

Sementara untuk ilustrasi kedua, dikatakan sebagai salah satu contoh bisnis karena Marc diuntungkan (terbantu) dan money changer juga memperoleh keuntungan dari tukar menukar mata uang asing tersebut. Kedua belah pihak melakukan transaksi yang sama sama bertujuan mendapatkan keuntungan.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment