Pengertian Devisa beserta ,Fungsi, Sumber dan Tujuannya

   
Untuk perdagagangan yang dilakukan di dalam negeri maka digunakan mata uang yang sama.  Seperti di Indonesi kita menggunakan rupiah. Di Singapore digunakan dollar singapore. lalu bagaimana dengan perdagangan yang terjadi antar negara maka akan ada alat pembayaran luar negeri.

Apa itu Devisa?

Pembayaran dalam sistem perdagangan internasional menggunakn alat pembayaran yang disebut devisa. Devisa ini adalah berupa mata uang asing yang diterima dimana saja di dunia (secara internasional). Bentuk visa seperti emas, wesel asing, cek perjalanan dan letter of credit.

Devisa bisa dikelompokkan menjadi dua macam. Pertama devisa umum, pengertian devisa umum adalah devisa yang didapat dari hasil ekspor, bunga permodalan dan penyelnggaraan jasa tertentu. Kedua, devisa kredit, yaitu devisa yang didapat dari kredi/pinjaman dari pihak luar.

Apa fungsi Devisa dan Darimana Sumber Devisa?

Devisa secara umum berfungsi sebagai alat pembayaran internasional. Baik itu berupa biaya transaksi ekspor impor, pembayaran hutang luar negeri. Lebih luas Devisa juga berfungsi sebagai stanadr perekonomian sebuah negara, membiayai hubungan luar negeri dan sebagai simpanan sebuah negara.

Terus, darimana sumber devisa? Devisa bisa didapat dari hasil kegiatan ekspor-impor. Bisa juga dari penyelenggaraan tenaga kerja ke lur negri (TKI dan TKW). Sektor lain bisa dari pariwisata dan biaya pengiriman uang dari luar negeri. Hal terakhir bisa saja hibah atau dana bantuan dari negara lain.


Untuk Apa tujuan Penggunaan Devisa

Jika dikaji, tujuan penggunaan devisa telah tergambar dari fungsi devisa. Sebagai alat pembayaran dalam kegiatan impor dari luar negeri, pembayaran jasa tertentu dari luar negeri dan pembiayaan kunjungan penjabat kenegaraan ke luar negeri.

Selain itu devisa juga bisa digunakan untuk aktivitas sosial budaya ke luar negeri. Seperti pengiriman utusan untuk di olimpiade, pemberian bantuan ke luar negeri dan membayar hutang dalam negeri.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment