Pengertian dari Sosiologi Ekonomi

   
Sosiologi Ekonomi bisa didefenisikan dalam dua cara. Pertama, Sosiologi ekonomi mendefenisikan kajian yang mendalami tentang hubungan masyarakat dalam interaksi sosial dan ekonomi. Pada hubungan yang terjadi, akan meninjau bagaimana masyarakat dari sisi kehidupan sosial mempengaruhi kehidupan ekonomi dan juga bagaimana sisi ekonomi berdampak pada pada kehidupan sosial.

Berdasarkan pengertian sosiologi ekonomi bisa terlihat akan ada hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi satu sama lain. Ini akan menjadi petunjuk bagi kegiatan ekonomi seperti pada produksi kan menentukan jenis apa barang yang akan diproduksi ; dimana barang tersebut akan diproduksi.
apa pengertian sosiologi ekonomi
Sosialisasi Mempengaruhi Kegiatan ekonomi, contohnya Konsumsi


Contohnya dampak sosiologi ekonomi terhadap kegiatan ekonomi. Provinsi Aceh dikenal dengan provinsi yang menggunakan hukum Islam. Jika seorang produsen fashion tentu akan memilih untuk memproduksi baju islami, hijab. Sementara dibanding dengan Jakarta yang masyarakatnya lebih ‘bebas’, maka produsen fashion akan memilih mode busana yang populer, trendy tanpa memperhatikan apakah pakaian tersebut sesuai dengan hukum Islam.

Dari contoh di atas terlihat bagaimana sisi sosiologi mempengaruhi ekonomi. Bagaimana contoh hubungan ekonomi yang mempengaruhi sisi sosial. Bisa terlihat misalnya untuk lingkungan sosial pergaulan kelas metropolitan. Konsumsi tentu sangat besar, disini perkembangan ekonomi lebih cepat karena peredaran uang sangat tinggi. Orang orang relatif bersifat konsumtif dengan tren penggunaan barang yang branded, barang impor. Di banding dengan masyarakat pedesaan, peredaran uang tak begitu tinggi, karena mereka hanya cendrung memenuhi kebutuhan primer dan sekunder saja.

Ke-dua, Sosiologi Ekonomi didefenisikan sebagai sebuah pendekatan yang dilakukan pada fenomena ekonomi. Ini menyangkut bagaimana konsep, variable, teori dan metoda dalam sosiologi dalam melihat pengaruh nyata dengan pola kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan produksi, konsumsi dan distribusi.

Pengenalan bagaimana peninjauan ekonomi berdasarkan keadaan sosial ini telah dikembangkan secara teoritis oleh Karl Marx, Max Weber, Emile Durkheim. Pandangan tokok Sosiologi ekonomi menjelaskan dalam teori sosiologi modern. Contohnya seperti strukturl-fungsional, struktural-konflik, teori dramaturgi, simbolik interaksionism dan teori pertukaran. Perkembangan lebih lanjut akan menyentu teori kritis dan teori post modern. (dibahas lebih lanjut dalam ranah sosiologi).
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment