Contoh RPP Bahasa Inggris: Introduction

   
Satuan Pendidikan      : SMA XXX
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X / I
Materi                          : Ungkapan pemaparan jati diri
Waktu                         : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran              : 2014 / 2015



A.  KOMPETENSI INTI
 1.      Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli(gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah ,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
 1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
 3.1Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur  kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan kontek penggunaannya.
3.1.1          Mengidentifikasi ungkapan pemaparan jati diri.
3.1.2            Menentukan fungsi social ungkapan pemaparan jati diri.
3.1.3          Meggunakan struktur teks ungkapan pemaparan jati diri yang lengkap dan runtut.
3.1.4        Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan jati diri
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks

4.1.1        Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.1.2          Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
 C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan siswa dapat:
1.      Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.      Mengidentifikasi ungkapan pemaparan jati diri
3.      Menentukan fungsi social ungkapan pemaparan jati diri
4.      Menggunakan struktur teks ungkapan pemaparan jati diri
5.      Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan jati diri
6.      Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan pemaparan jati diri.
7.      Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan pemaparan jati diri.
.
D.  MATERI PEMBELAJARAN

 
Ø FAKTA:

1.   ungkapan pemaparan jati diri
2.   Video/film tentang ungkapan pemaparan jati diri

Ø KONSEP:
  1. Ciri pemaparan jati diri              
  2. Struktur pemaparan jati diri
 Ø PRINSIP:
1.      Fungsi social pemaparan jati diri
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.      Unsur kebahasaan pemaparan jati diri
·   Kata terkait dengan hubungan kekelargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan hobi
·   Kata Kerja dalam Simple Present Tese
·   Kata Tanya: Who,What, Which.
·   Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang rapi
·   Rujukan Kata
3.      Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,menghargai perbedaan, perdamain.

 Ø PROSEDUR:
1.      Mengamati
2.      Menanya
3.      Mengeksplorasi
4.      Mengasosiasi
5.      mengomunikasikan

E.   METODE PEMBELAJARAN

·  Inquiry
· Dicovery learning

F.   SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·      Kurikulum 2013
·      Buku Look Ahead 1 (Th. M. Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·      BSE Kelas X
·      Worksheet Book

2. Media :
·      Video
·      Lap Top dan LCD

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
    
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI
 WAKTU
1.   Pendahuluan
·     Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
·      Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada siswa.
·     Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
·     Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan penjelaskan langkah-langkah kegiatan.

10 menit
2.Kegiatan Inti
Mengamati
·     Siswa menirukan pengucapan  pemaparan jati diri dari percakan yang diberikan.
·     Siswa menuliskan ungkapan jati diri dari percakapan yang diberikan.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah mendengarkan/membaca pemaparan jati diri:
·     Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun format penyampaian/penulisannya.
·     Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·     Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan jati diri

Mengeksplorasi
·     Siswa mencari berbagai teks pemaparan jati diri dari berbagai sumber.
·     Siswa berlatih memaparkan jati diri dengan teman melalui simulasi.
·     Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan

Mengasosiasi
·     Siswa menganalisis ungkapan pemaparann jati diri dengan mengelompokkan berdasakan penggunaan
·     Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru.
·     Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan

·     Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social, ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
·     Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar(learning Jurnal).
70 menit
3.Kegiatan Penutup
·     Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang telah dipelajari
·     Guru memberikan PR
·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·     Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.

10 menit

H. EVALUASI / PENILAIAN

A   Jenis Penilaian:
1.   Penilaian Cognitive
2.   Penilaian Afektif
3.   Penilaian Psikomotor
B    Bentuk Istrumen
1.   Tes Tertulis
2.   Obervasi
3.   Performance
C    Pedoman Penskoran
 Penilaian Sikap (Affective)
No
Nama Siswa
Kriteria
Total Score


1
2
3
4
5










Keterangan :
      1.  Disiplin dan Jujur
      2.  Percaya diri
      3.  Tanggung Jawab
      4.  Kerjasama
      5.  Sopan Santun

Rentang skor: 50-10

Predikat:
o   Amat baik       : A (86 – 100)
o   Baik                : B (76 - 85)
o   Cukup             : C (60 - 75)
o   Kurang            : D (≤ 59)

Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
Nama Siswa
Criteria
Total Score


1
2
3
4

1







Keterangan:
1.      Pronounciation
2.      Fungsi social
3.      Unsur Kebahasaan
4.      Struktur Kebahasaan

Rentangan Score: 50-100

I.     FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan ( Enrichment )

4. Latihan – latihan
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment