Contoh RPP Bahasa Inggris Social Functions of Song

   
                                    Satuan Pendidikan : SMA XXXX
                                    Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris
                                    Kelas / Semester    : X / 2
                                    Materi Pokok         :Social Functions of  Song
                                    Alokasi Waktu      : 1 x 2 jp ( 90 menit )

A.      Kompetensi Inti 
1.       Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahdalam pergaulan dunia.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar

1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagusederhana.
4.      Menangkap makna lagusederhana.
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.      Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Siswadapat menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagusederhana.
4.      Siswadapatmenangkap makna lagusederhana.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.      Siswadapat menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagusederhana.
4.      Siswadapatmenangkap makna lagusederhana.
E.       Materi Ajar
       Social Function of Song

D.    Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan  : Saintifik
Model          : Pembelajaran berbasis masalah
Metode        :  Auditori

G Sumber Belajar : Internet, Buku Ajar Bahasa Inggris, Rekan Sejawat

F.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a. Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengawali dengan doa
b. Siswa diabsen oleh guru
c. Siswa diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi belajar bagaimana mencermati unsur kebahasaan dan makna sebuah lagu
c. Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai unsur kebahasaan sebuah lagu
 d.Siswa diberikan penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
10 menit
Inti
Mengamati :
a. Siswa diperdengarkan sebuah lagu sederhana “ First Love “ yang dipopulerkan oleh Nika Costa.
b. Setelah diperdengarkan, siswa diberikan lirik lagu tersebut 
 Menanya   :
Siswa dipersilakan untuk berdiskusi perihal
a. unsur kebahasaan yang terkandung dalam lagu
b. makna dari lagu   
Menalar    :
Dalam kegiatan ini siswa dipersilakan untuk mencari referensi di perpustakaan, internet atau bertanya pada sumber lain perihal
a. Pelesapan fungsi kalimat
b. Pengabaian konjungsi
c. Dominase frasa / klausa dan bukan kalimat
d. Makna lagu
Mencoba :
Siswa mencoba mengaplikasikan unsur bahasa yang telah ditugaskan tadi kepada lagu tersebut.
Mengkomunikasikan :
Siswa kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.

15 menit


20 menit




10 menit





10 menit


20 menit
Penutup
Refleksi untuk mengevaluasi:
a. Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai
·         unsur kebahasaan yang terkandung dalam lagu
·         makna dari lagu    
b Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
5 menit


H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
·         Mention at least three evidence of these language element
a. Deletion of Sentence Function
b. Neglection of Conjunction
c. Frase dominancy
      2. Non Tes
            Lembar pengamatan presentasi

            Nama               : ......................................
            Kelas               : ......................................

NO
NAMA
SISWA
INDIKATOR  SIKAP
Aktivitas diskusi
Menghargai Pend.org lain
Kehadiran siswa
Tanggung jawab
Skor
Nilai
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment