Contoh RPP Bahasa Inggris Teks Deskriptif

   
Nama satuan pendidikan :  SMA NEGERI XXXX
Mata Pelajaran :  Bahasa Inggris
Kelas/semester :  X/1
Materi pokok :  Teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata
Alokasi waktu :  4 x 45 menit


A. Kompetensi Inti (KI)

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar

1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar     Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1  Menunjukkan prilaku santun dan perduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal  dengan   guru dan teman
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan   komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi  fungsional.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana  tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk komunikasi internasional.
2. Memiliki sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membuat descriptive text.
3.   Menemukan arti setiap kalimat dan Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks deskriptif tentang tempat wisata dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
4.   Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan terlebih dahulu mencari kata kunci dan sub kata kunci suatu paragrap
5. Menyusun teks deskriptif tulis sederhana tentang tempat wisata dengan  memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks berdasarkan kata kunci dan sub kata kunci.

D. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui proses membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks deskripsi tulis sederhana tentang tempat wisata dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
2. Melalui proses membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menyusun teks deskripsi sederhana tentang tempat wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan secara benar sesuai dengan konteks.

E. Materi Pembelajaran : Teks desriptif tulis sederhana


B A N T I M U R U N G
Everyone would happy when they hear the word holiday. They sometimes desire to enjoy the holidays with family or friends. One of the most favorite place for visiting is Bantimurung or better known as Nature Bantimurung. Bantimurung natural tourism area is located in the province of South Sulawesi , Makassar precisely in Maros regency , district Bantimurung . From the center of Maros , the journey to our natural tourism area Bantimurung about 15 km or about 40 miles from the city of Makassar . This area has been the hallmark of the Maros district itself. In Bantimurung, you aren’t only enjoy your time by see many butterflies floating in the nature but also you can breathe the fresh air, see the panoramic view and variety of natural beauty such as karst and caves .
Visiting  this place, you will see the words " Bantimurung National Park Bulusaraung " in the towering cliffs. It is marking us closer to the nature . Shortly after, it appeares a welcome gate size replica of the butterfly-shaped and afterwards there is a statue of a monkey which greatly adds to the main attraction on Bantimurung Nature .Bantimurung area is nature 's " extraordinary " beauty . No exaggeration when we say this, because the butterfly that has rare encounter still can fly freely around us . In fact , According to Wikipedia.com , there are approximately 250 species of butterflies have been found in the region Bantimurung . Thus , it is appropriate if the researcher named Alfred Russel Wallace from England called Bantimurung as the royal butterfly ( The Kingdom of Butterfly ) . Not only the beauty of the butterfly is interesting . Scenic waterfall and the cool water was an idol object that can invite the audience for visiting natural attractions. Besides the well encountered, a waterfall staircase will take us to see how the water falls down with the swift and distance less than 800 m. we also can find a cave called the cave dream .National Parks Bantimurung been equipped with other facilities such as games flying fox , a mosque , a rented house , swimming pool or if you want to feel the atmosphere of a picnic with a stretch tikar  also available .

F. Metode Pembelajaran
Discovery Based Learning
Model Pembelajaran  Integrated Reading and Composition)
A.      Langkah-langkah pembelajaran

NO
TAHAPAN
ALOKASI WAKTU
DESKRIPSI KEGIATAN
Ket.
1
Kegiatan Pendahuluan

20  menit
*       Berdoa sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai
*       Mengecek kehadiran siswa (Presensi)
*       Apersepsi dan motivasi
*       Menyiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar
*       Secara lisan bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi prasayarat
*       menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai  .

2
Kegiatan Inti
50
Mengamati
·      Siswa membaca deskripsi tempat wisata yang terdapat dalam tayangan
·      Siswa belajar menemukan kata kunci, sub kata kunci, gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu

Menanya
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain berapa banyak kata kunci dan sub kata kunci yang akan di cari
·      siswa akan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif tentang tempat wisata.
Mengasosiasi
·      Siswa menghubungkan kata kunci dan sub kata kuncinya menjadi beberapa kalimat
·      Siswa mendiskusan dgn teman kelompok kata kunci dan sub kata kunci yang di perolehnya
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari  guru dan teman tentang setiap yang dia   sampaikan

mengeksperimenting
·      Siswa melaporkan hasil yang didapat pada tahap mengamati dan hasil tersebut ditanggapi oleh siswa yang lain
·      Siswa dapat saling berbagi pengetahuan tentang hasil yang diperolehnya
Mengkomunikasikan / networking
·      Menyampaikan hasil yang diperoleh pada tahap eksperimenting tentang gambaran  tempat wisata yang telah di tayangkan.
·      Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami(learning journal).

























3
KEGIATAN AKHIR
20
·      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much for your participation. You did a good job today, I’m very happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy the lesson today? By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
·   melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas kelompok
·   menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya





B.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                      : Power Point Presentation, gambar
2.      Alat                         : Laptop, LCD, kamus bahasa inggris
3.      Sumber Belajar       : Suara guru

C.      Penilaian Proses dan Hasil belajar
1.      Penilaian proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun

2.      Penilaian Hasil belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen

1.      Menemukan kata kunci dan sub kata kunci dalam bacaan

Tes tertulis




Kosakata




1.   Carilah kata kunci dan sub kata kunci yang berhubungan dengan cirri khas suatu tempat wisata yang ada dalam bacaan


2.      Mengetahui fungsi social dan struktur descriptive  text
Tes tertulis
Uraian
2. Jelaskan fungsi social dan struktur descriptive text
3.   Mengetahui kaidah descriptive  text
Tes tertulis
Uraian
3. Sebutkan kaidah kaidah teks descriptive
4.   Memproduksi descriptive text secara tertulis
Unjuk kerja
Keterampilan tertulis
4. Pilihlah salah satu tempat wisata yang kamu pernah datangi dengan teman kelompokmu, Kemudian buatlah descriptive text dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan
Penugasan
Membuat sebuah teks descriptive bertemakan tempat wisata yang ada disekeliling siswa atau yang pernah mereka datangi dengan menuliskan gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan unsur kebahasaan




Kunci Jawaban
1.        Kata kunci bacaan dan sub kata kunci :
-  Butterflies (replica of butterfly shaped, species, )
-  Fresh air, (cool water, tree, mountain)
-  Panoramic view (mountain spring, monkey statue, scenic   waterfall, stair case, cave dream )

2.      -   Social function of descriptive teks is describe particular person or thing
-       Struktur descriptive text
a.    Identification = (mention the special participant)
b.   Description    = (mention the part, quality, and characteristics of the subject being desribed)
3.      Kaidah descriptive text
a.    Menggunakan adverb (enjoy, freely, easily,)
b.    Menggunakan linking verbs / relating verbs ( the area is nature)
c.    Menggunakan simple present tense  (  we desire to enjoy the holiday)

Pedoman Penskoran
1.        Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa memberi 3 kata kunci
15
Siswa menjawab benar  1
5
SKOR MAKSIMAL
15

2.         soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa memberi penjelasan funsi social teks descriptive
5
Siswa menjawab benar 2 generic structure
10
Siswa menjawab benar  1 generic structure
5
SKOR MAKSIMAL
20

3.     soal nomor 3

Aspek
Skor
Siswa memberi 3 kaidah
15
Siswa menjawab benar  1
5
SKOR MAKSIMAL
15

4.      Tugas nomor 4
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar semua
8
Siswa menjawab benar  3
6
Siswa menjawab benar  2
4
SKOR MAKSIMAL
8

Aspek penilaian writing
No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.
Isi
·      Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·      Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·      Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·      Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik

Baik
Sedang
Kurang

27 – 30
22 – 26
17 – 21
13 – 16
2.
Organisasi
·      Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·      Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·      Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·      Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang

18 –20
14 – 17
10 – 13

7 - 9
3.
Kosakata dan Diksi
·      Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·      Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·      Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·      Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik
Baik
Sedang

Kurang

18 –20
14 – 17
10 – 13

7 - 9
i.                               
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·       Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·       Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·       Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·       Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


22 – 25
18 – 21

11 – 17

5 - 10


PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Siswa          : ________________________________________
Kelas                    :  _______________________________________
Guru                     : ________________________________________

NO
Kriteria               Nilai                Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar
5 kriteria terpenuhi
4 Kriteria terpenuhi
3 Kriteria terpenuhi
≤ 2 kriteria terpenuhi
2.
Ada rekaman monolog teks deskriptif
3.
Ada kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
4.
Ada kumpulan hasil tes dan latihan.
5.
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat














Format 2

NILAI
KRITERIA
TERBATAS
MEMUASKAN
MAHIR
Melakukan Observasi          
Tidak Jelas
Pelaksanaannya
 Beberapa Kegiatan
Jelas dan Rinci
Semua Jelas dan Rinci
Role Play
Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
Menyunting Teks
Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi

Penilaian Diri       : Bentuk: Jurnal Belajar
Contoh Format:

My Learning Journal

Name: _________________
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:
Penilaian Sejawat                        : Berupa komentar
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment