Contoh RPP Bahasa Inggris: Ungkapan ucapan selamat

   
Satuan Pendidikan      : SMA NEGERI XXX
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X / I
Materi                          : Ungkapan ucapan selamat
Waktu                         : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran              : 2014 / 2015

 


A.  KOMPETENSI INTI

1.      Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli(gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah ,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.5   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5.1        Mengidentifikasi ungkapan ucapan selamat
3.5.2         Menentukan fungsi social ungkapan ucapan selamat
3.5.3         Meggunakan struktur teks ungkapan ucapan selamat yang lengkap dan runtut.
3.5.4        Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan ucapan selamat

4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.5.5        Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
3.5.6        Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat  dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan siswa dapat:
1.      Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.      Mengidentifikasi ungkapan ucapan selamat
3.      Menentukan fungsi social ungkapan ucapan selamat
4.      Menggunakan struktur teks ungkapan ucapan selamat
5.      Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan ucapan selamat
6.      Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat.
7.      Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat.
.
D.  MATERI PEMBELAJARAN

Ø FAKTA:

1.   ungkapan ucapan selamat
2.   Video/film tentang ungkapan ucapan selamat

Ø KONSEP:
  1. Ciri ungkapan ucapan selamat              
  2. Struktur ungkapan ucapan selamat

Ø PRINSIP:
1.      Fungsi social ucapan selamat
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.      Unsur kebahasaan ucapan selamat
·   Kata terkait dengan kata kerja, kata sifat
·   Kata Kerja dalam Simple Past tense
·   Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang rapi
·   Rujukan Kata
3.      Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,menghargai , perdamaian.
Ø PROSEDUR:
1.      Mengamati
2.      Menanya
3.      Mengeksplorasi
4.      Mengasosiasi
5.      mengomunikasikan
E.   METODE PEMBELAJARAN
·  Inquiry
· Dicovery learning

F.   SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·      Kurikulum 2013
·      Buku Look Ahead 1 (Th. M. Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·      BSE Kelas X
·      Worksheet Book

2. Media :
·      Video
·      Lap Top dan LCD

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
    
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI
 WAKTU
1.   Pendahuluan
·     Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
·      Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada siswa.
·     Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
·     Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan penjelaskan langkah-langkah kegiatan.

10 menit
2.Kegiatan Inti
Mengamati
·     Siswa menirukan  pengucapan   ungkapan ucapan selamat dari percakan yang diberikan.
·     Siswa menuliskan ungkapan ucapan selamat dari percakapan yang diberikan.

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah mendengarkan/membaca ungkapan ucapan selamat:
·     Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun format penyampaian/penulisannya.
·     Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan antara berbagai ungkapan ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·     Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang memaparkan ungkapan ucapan selamat

Mengeksplorasi
·     Siswa mencari berbagai teks yang berisikan ungkapan ucapan selamat dari berbagai sumber.
·     Siswa berlatih mengungkapkan ucapan selamat dengan teman melalui simulasi.
·     Siswa berlatih mengungkapkan ucapan selamat melalui tulisan

Mengasosiasi
·     Siswa menganalisis ungkapan ucapan selamat dengan mengelompokkan berdasakan penggunaan
·     Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan ucapan selamat  yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru.
·     Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
·     Siswa mendemonstrasikan penggunaan ungkapan ucapan selamat secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social, ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
·     Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk mengungkapkan ucapan selamat dalam jurnal belajar(learning Jurnal).
70 menit
3.Kegiatan Penutup
·     Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang telah dipelajari
·     Guru memberikan PR
·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·     Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.

10 menit

H. EVALUASI / PENILAIAN


A   Jenis Penilaian:
1.   Penilaian Cognitive
2.   Penilaian Afektif
3.   Penilaian Psikomotor
B    Bentuk Istrumen
1.   Tes Tertulis
2.   Obervasi
3.   Performance
C    Pedoman Penskoran
 Penilaian Sikap (Affective)
No
Nama Siswa
Kriteria
Total Score


1
2
3
4
5










Keterangan :
      1.  Disiplin dan Jujur
      2.  Percaya diri
      3.  Tanggung Jawab
      4.  Kerjasama
      5.  Sopan Santun

Rentang skor: 50-10

Predikat:
o   Amat baik       : A (86 – 100)
o   Baik                : B (76 - 85)
o   Cukup             : C (60 - 75)
o   Kurang            : D (≤ 59)

Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
Nama Siswa
Criteria
Total Score


1
2
3
4

1







Keterangan:
1.      Pronounciation
2.      Fungsi social
3.      Unsur Kebahasaan
4.      Struktur Kebahasaan

Rentangan Score: 50-100

I.     FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan ( Enrichment )

4. Latihan – latihan
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment