Contoh RPP K13 Kimia tentang Struktur Atom

   
Satuan Pendidikan : SMAN Xxxx
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI/I
Alokasi waktu         : 4 x 3 JP + UH (2 JP)

Standar Kompetensi:
1. Mendeskripsikan struktur atom dan sifat -sifat periodik unsur serta struktur molekul dan sifat - sifatnya.

Kompetensi Dasar:
1.1 Memahami Menerapkan teori atom mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta mengguna-kannya pada penentuan letak unsur dalam tabel periodik.
1.2 Menerapkan teori domain elektron untuk meramalkan bentuk molekul dan menjelaskan hubungan antar molekul dengan sifatnya.

Indikator:
1.1.1 Menjelaskan teori atom mekanik kuantum
1.1.2 Menjelaskan pengertian bilangan kuantum dan bentuk-bentuk orbital
1.1.3 Menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund dan Azas lara-ngan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital
1.1.4 Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik.
1.1.5 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron .
1.1.6 Menjelaskan perbedaan fisis (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hidrogen).


Alokasi Waktu:
  9 X 45 Menit ( 3 kali pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran: setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diharapkan,siswa dapat:
Menjelaskan teori atom mekanika kuantum dengan benar.
Menjelaskan pengertian bilangan kuantum
Menggambarkan bentuk orbital dengan benar.
Menuliskan konfigurasi electron menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund, prinsip Aturan Hund dan azaz larangan Pauli
Menggambarkan diagram orbital berdasarkan konfigurasi electron.
Menentukan letak unsur dalam dalam sistem periodic
Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain electron dengan benar.
Menjelaskan perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hoidrogen).
Menjelaskan hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul

B. Materi Ajar :
Teori atom klasik dan teori atom moderen.
Pengertian billangan kuantum, bentuk orbital dan orientasi nya.
Prinsip Aufbau, azaz larangan Pauli dan aturan Hund untuk menuliskan konfigurasi electron dan diagram orbital.
Hubungan konfigurasi electron dengan system periodic.
Teori domain electron dan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hydrogen.

C. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran langsung
Metode : Kombinasi metode tanya jawab, diskusi dan informasi.

A.     Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1 (3  x 45 menit)
No.
Kegiatan
waktu
1



















2.
























3.
Pendahuluan.
Pra pembelajaran : mengambil absent siswa dan memeriksa kesiapan   siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Pendidikan berkarakter : nilai ketuhanan, cinta tanah air
Apersepsi              : Kita sudah mempelajari perkembangan teori atom mulai dari teori atom Dalton sampai teori atom Modern. Bagaimana prinsip dasar dari teori atom Bohr ?
Motivasi      Mengapa bintang- bintang di langit tidak pernah bertabrakan atau jatuh ke matahari ?
Guru menyampaikan pengetahuan prasyarat  model atom dari Bohr dan kedudukan elektron dalam atom dan indikator pencapaian hasil belajar                      
Tujuan pembelajaran : Guru menuliskan/menyebutkan tujuan pembelajaran dan menuliskan judul.
TP :
ü  Menjelaskan teori atom mekanika kuantum dengan benar.
ü  Menjelaskan pengertian bilangan kuantum
ü  Menggambarkan bentuk orbital dengan benar.

Kegiatan inti
EKSPLORASI
o    Guru memberikan informasi  Menjelaskan pendapat Schrodinger, De Broglie dan Heisenberg tentang electron.
PK : saling menghormati,
o    Mendiskusikan pendapat para ahli tentang teori atom mekanika kuantum (sebelumnya siswa diberi tugas baca di rumah )
Pk: menghormati pendapat orang lain. Berani mengeluarkan pendapat.
ELABORASI
o    Mendiskusikan tentang bilangan kuantum dan bentuk orbital
PK : Berani mengeluarkan pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
o    Tanya jawab tentang bilangan kuantum dan bentuk orbital
o    Siswa mengerjakan contoh-contoh soal yang diberikan guru.
o    Pembahasan contoh soal oleh siswa guru memberikan peneguhan
o    Guru dan siswa mendiskusikan bentuk molekul
PK : Berani mengeluarkan pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
KONFIRMASI
o    Pembahasan Uji Pemahaman oleh siswa guru memberikan peneguhan
Penutup.
  1. Memberikan tugas di rumah ( lampiran 1 )
  2. Memberikan tugas baca tentang reaksi prinsip Aufbau, aturan Hund, prinsip Aturan Hund dan azaz

5 menit


















75 menit
25 menit








40 menit











10 menit


15 menit


  
Pertemuan 2
No.
Kegiatan
waktu
1















2.





















3.
Pendahuluan.
Pra pembelajaran : mengambil absent siswa dan memeriksa kesiapan   siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Pendidikan berkarakter : nilai ketuhanan,cinta tanah air
Apersepsi              :  Membahas PR yang sulit.
Motivasi          : Bagaimana elektron tersusun dalam atom?
Pengetahuan prasyarat bilangan kuantum dan indikator pencapaian hasil belajar
Tujuan pembelajaran : Guru menuliskan/menyebutkan tujuan pembelajaran dan menuliskan judul.
TP :
ü  Menuliskan konfigurasi electron menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund, prinsip Aturan Hund dan azaz larangan Pauli
ü  Menggambarkan diagram orbital berdasarkan konfigurasi electron.
Kegiatan inti
EKSPLORASI
o  Mendiskusikan contoh soal yang berhubungan dengan  aturan Aufbau, aturan Hund dan Prinsip Larangan Pauli
PK : Berani mengeluarkan pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
o  Diskusi informasi tentang konfigurasi elektron dan elektron valensi
PK : Berani mengeluarkan pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
ELABORASI
o  Siswa mengerjakan contoh soal yang berhubungan dengan  aturan Aufbau, aturan Hund dan Prinsip Larangan Pauli
o  Pembahasan contoh soal yang berhubungan dengan  aturan Aufbau, aturan Hund dan Prinsip Larangan Pauli oleh siswa, guru memberikan peneguhan
o  Diskusi tentang diagram orbital
o  Siswa latihan membuat diagram orbital berdasarkan konfigurasim elektron
KONFIRMASI
o  Guru mencek pekerjaan siswa bersama- sama siswa

Penutup.
o  Dengan bimbingan guru siswa diarahkan membuat kesimpulan
o  Siswa diberi pekerjaan rumah

5 menit



5 menit










70 menit

25 menit







35 menit








 10menit


10 menit

Pertemuan 3
No.
Kegiatan
waktu
1


















2.




















3.
Pendahuluan.
Pra pembelajaran : mengambil absent siswa dan memeriksa kesiapan   siswa untuk mengikuti pembelajaran.
Pendidikan berkarakter : nilai ketuhanan,cinta tanah air
Apersepsi              :  Membahas PR yang sulit.
Motivasi          : Manfaat materi ini Untuk pelajaran berikutnya

Pengetahuan prasyarat konfigurasi elektron,ev dan diagram orbital
Tujuan pembelajaran : Guru menuliskan/menyebutkan tujuan pembelajaran dan menuliskan judul.
TP :
ü  Menentukan letak unsur dalam dalam sistem periodic
ü  Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain electron dengan benar.
ü  Menjelaskan perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hoidrogen).
ü  Menjelaskan hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul

Kegiatan inti
EKSPLORASI
o  Guru dan siswa mendiskusikan hubungan konfigurasi elekt
ron dengan letak unsur pada sistem periodik.
ELABORASI
o  Memberikan contoh soal yang berhubungan dengan konfigurasi elektron dengan letak unsur  pada  sistem periodik.
o  Guru memberikan informasi cara meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron.
o  Memberikan contoh-contoh soal meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron
o  Mendiskusikan perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hoidrogen).
o  Mendiskusikan hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul
.
KONFIRMASI
o  Guru memberikan peneguhan tentang contoh soal yang diberikan
Penutup.
o   Guru mengarahkan siswa membuat rangkuman
o   Siswa diberi pekerjaan rumah (lampiran 3 )
o   Siswa diminta membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya


5 menit



5 menit













70 menit
25 menit


35 menit










10 menit





10 menit


 Untuk Instrumen Tes dan Bahan bisa di buat sendiri Kami merekomendasikan untuk melihat di blog khusus kimia, http:/kokimia.blogspot.com

dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment