RPP PKn tentang Peranan Pers dalam Demokrasi

   
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : XII IPA dan IPS
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 menit ( 1 x pertemuan)

Standar Kompetensi : Mengevaluasi Peranan Pers dalam masyarakat Demokrasi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengertian,fungsi dan peranan serta perkembangan Pers
                                              di Indonesia
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian,fungsi pers dalam masyarakat demokrasi
 2. Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran,diharapkan siswa dapat:
a. Menjelaskan pengertian Pers
b. Menjelaskan perkembanagan Pers di Indonesia
c. Menguraikan fungsi Pers dalam masyarakat Demokrasi

II. MATERI PEMBELAJARAN
PERKEMBANGAN PERS DI INDONESIA
a. Pengertian dan fungsi Pers
b. Perkembangan Pers di Indonesia

III. METODE PEMBELAJARAN
a. Penugasan
b. Panduan membaca ( Reading Quide )
c. Tanya jawab
d. Informasi

IV. KELENGKAPAN PEMBELAJARAN
a. Media : chart berupa peta konsep
b. Sumber belajar : 1. Budiyanto.2005.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas
                                    XII,Jakarta:Penerbit Erlangga
 2. Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas
                                    XII,Jakarta:Penerbit Erlangga hal 96 – 121
                               3. Suprapto,dkk.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA
                                    Kelas XII ,Jakarta : penerbit Bumi Aksara

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
1. Mengucapakan salam,mengabsen dan memeriksa kesiapan siswa
2. Apersepsi : menjelaskan keterkaitan materi semester I dengan semester II
3. Motivasi  : jelaskan pengertian Pers
Jawaban:
Pers merupakan media massa yang terdiri atas media cetak dan media elektronik
Pers merupakan menekan
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Siswa ditugaskan membaca buku sumber mengenaia perkembangan pers di Indonesia
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan kisi-kisi  yang diberikan(pertanyaan terlampir)
Guru secara acak menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan dari yang ditemukan

2. Elaborasi
Guru mempertegas/meluruskan jawaban dari siswa
Guru memberikan ulasan secukupnya

3. Konfirmasi
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dibaca,ditemukan dan diinformasikan

c. Kegiatan Akhir
1. Memberikan pertanyaan secara lisan tentang materi yang diberikan
2. Memberikan tugas untuk membaca mengenai fungsi Pers
3. Mencari potongan koran / Kliping

VI. PENILAIAN
a. Penilaian proses
Dengan tagihan:
1. Carilah istilah Pers berasal dari bahasa Belanda dan Inggris
2. Apa-apa saja yang bisa dimasukkan sebagai Pers menurut:
a. Kamus besar Bahasa Indonesia
b. Glosarium
c. Ensiklopedi Pers Indonesia
d. UU no 40 tahun 1999
3. Apakah guru,ustad,tukang gosip bisa dikategorian sebagai Pers menurut:
a. Kamus besar Bahasa Indonesia
b. Glosarium
c. Ensiklopedi Pers Indonesia
d. UU no 40 tahun 1999
Kalau bisa,berikan alasannya…
Kalau tidak bisa,berikan alasannya…

4. Perkembangan Pers di Indonesia

Kompenen
1
2
3
4
5
6
1.       Apakah sudah ada Pers?
Apa buktinya
2.       Bagaimana perkembangan Pers
a.       Terbatas….buktinya
b.      Bebas….buktinya
3.       Apa fungsi pers pada masa






Keterangan;
1.       Masa penjajahan Belanda dan Jepang
2.       Masa revolusi
3.       Masa Demokrasi Liberal
4.       Masa Demokrasi Terpimpim
5.       Masa ORBA
6.       Masa Reformasi
1.       Perbedaan perkembangan Pers

Masa Orde Baru
Masa Reformasi
1.
2.
3.
4.
5.

1.
2.
3.
4.
5.


1.       Format penilaian kognitif

No
Soal
Skor Maks
Skor

1.
2
5
2.
4
10
3.
4
10
4.
20
50
5.
10
25

40
100

2.       Penilaian Afektif

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
1
2
3
4
1.






2.






3.






4.






dst







                                       Aspek yang dinilai:
1.       Kemampuan mencari sendiri jawaban pertanyaan
2.       Kemampuan untuk menjawab pertanyaan
3.       Kemampuan menggunakan bahasa yang baik
4.       Kemampuan untuk menanggapi jawaban teman

Penskoran                                                                   Jumlah skor
A.      Tidak baik skor 1                                                1. Sangat baik    : 16 - 20
B.      Kurang baik skor 2                                            2. Baik                   : 11 - 15               
C.      Cukap baik skor 3                                              3. Cukap               : 6 - 10
D.      Baik skor 4                                                           4. Kurang             : 1 – 5
E.       Sangat baik skor 5
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment