Apa yang dimaksud dengan Aglomerasi

   
Pengertian / Arti Aglomerasi - Kemunculan istilah aglomerasi berawal dari ide Marshall mengenai penghematan aglomerasi atau disebut dengan agglomeration economies. Awalnya, Marshall sendiri menyebut dengan istilah Localized industries. Agglomeration economies ini terjadi saat sebuah industri memilih lokasi untuk melakukan kegiatan produksi dan memungkinkan bisa berlanjut dalam waktu yang  lama. Tujuannya agar masyarakat sekitar juga merasakan dampak positif dari pendirian usaha tersebut.
Penghematan aglomerasi atau Agglomeration Economies ini pada intinya membahas mengenai organisir perusahaan, tenaga kerja, konsumen. Bahasan tersebut menitik beratkan bagaimana segala aspek produksi dan distribusi bisa menekan biaya modal seminimal mungkin.

Dari Penghematan Aglomerasi, akan diperoleh beberapa keuntungan diantaranya,
Keuntungan Internal/Economies of Scale.
Yaitu keuntungan yang didapat dari proses produksi dalam skala besar. Dampaknya tentu akan menurunkan Average Cost. Biasanya para produsen akan konsentrasi pada semua pabrik yang dimiliki pada suatu lokasi.

Keuntungan Eksternal / Localization Economies.
Keuntungan eksternal ini beripa tenaga kerja. Contohnya pembangunan pabrik yang dekat dengan pemukiman penduduk, sehingga mudah dan murah mendapatkan tenaga kerja.

Penghematan eksternal atau Urbanization economires.
Berkaitan dengan keuntungan eksternal dimana kondisi yang padat dengan adanya modal sosial yang telah ada. Misalnya membangun produksi di kota, banyak infrastruktur yang telah tersedia, seperti jalan, jangkauan sistem komunikasi. Bayangkan pemilihan produksi di daerah terpencil, untuk komunikasi misalnya tentu akan lebih susah.

Proses Aglomerasi ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan industry-cluster. Perbedaan mendasar dari dua ini meliputi ukuran (size), spesialisasi dan ke-beragaman-. Terutama untuk skala dan keberagaman tentu sangat berperan penting dalam membentuk dan tumbuhkembangkan aglomerasi ini.

Sedikit tentang cluster industry, spesialisasi lebih sektoral dalam area yang ekat.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment