Teori Basis Ekonomi

   

Teori Basis Ekonomi adalah teori yang menyatakan bahwa laju pertumbuhan ekonomi sebuah kawasan ditentukan oleh peningkatan ekspor dari wilayah itu. Teori Basis ekonomi ini dikelompokkan menjadi:

Sektor Basis, artinya sektor atau kegiatan ekonomi yang memberikan pelayanan baid di pasar dalam daerah ataupun luar daerah. Secara tak langsung daerah memiliki kemampuan dalam ekspor barang dan jasa yang dihasilkan oleh sektor tertentu ke daerah lain.

Sektor non Basis, yaitu sektor yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakan dalam batas wilayah perekonomia wilayah tersebut. Dari teori ini, sektor basis perlu pengembangan yang lebih utama dalam rangka sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi. Intisari teori ini adalah arah dan pertumbuhan sebuah wolayah ditentukan ekspor wilayah itu sendiri.

Sektor basis dan non-basis ekonomi suatu wilayah bisa diketahui dengan analisis Location Quotient atau LQ. LQ dipergunakan dalam mencari tahu berapa besar tingkat spesialisasi sektor basis dengan cara membandingkan peran dalam perkeonomian daerah tersebut dengan peranan perekonomian wilayah regional dalam sektor yang sama.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment