Satuan Pendidikan : SMA NEGERI XXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / I
Materi : Ungkapan ucapan
selamat
Waktu : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran : 2014 / 2015
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli(gotong
royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive, dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan
humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah
,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5.1
Mengidentifikasi ungkapan ucapan selamat
3.5.2
Menentukan
fungsi social ungkapan ucapan selamat
3.5.3
Meggunakan struktur teks ungkapan ucapan
selamat yang lengkap dan runtut.
3.5.4
Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan ucapan selamat
4.5
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat
bersayap (extended), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
3.5.5
Menyusun teks tulisan sederhana untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan selamat dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
dengan konteks.
3.5.6
Mendemonstrasikan
teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan
selamat dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan siswa dapat:
1.
Menunukkan
rasa syukur dengan prilaku santun, dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.
Mengidentifikasi
ungkapan ucapan selamat
3.
Menentukan
fungsi social ungkapan ucapan selamat
4.
Menggunakan
struktur teks ungkapan ucapan selamat
5.
Menerapkan
unsur kebahasaan ungkapan ucapan selamat
6.
Menyusun
teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan
selamat.
7.
Mendemonstrasikan
teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan ucapan
selamat.
.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ø
FAKTA:
1.
ungkapan
ucapan selamat
2.
Video/film
tentang ungkapan ucapan selamat
Ø
KONSEP:
- Ciri ungkapan
ucapan selamat
- Struktur ungkapan
ucapan selamat
Ø
PRINSIP:
1.
Fungsi
social ucapan selamat
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.
Unsur
kebahasaan ucapan selamat
· Kata terkait dengan kata kerja, kata sifat
· Kata Kerja dalam Simple Past tense
· Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang
rapi
· Rujukan Kata
3.
Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,menghargai ,
perdamaian.
Ø
PROSEDUR:
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengeksplorasi
4.
Mengasosiasi
5.
mengomunikasikan
E.
METODE PEMBELAJARAN
· Inquiry
· Dicovery learning
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·
Kurikulum 2013
·
Buku Look Ahead 1 (Th. M.
Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·
BSE Kelas X
·
Worksheet Book
2. Media :
·
Video
·
Lap Top dan LCD
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
Pendahuluan
|
· Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
· Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada
siswa.
· Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan
pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
· Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelaskan langkah-langkah kegiatan.
|
10 menit
|
2.Kegiatan Inti
|
Mengamati
· Siswa menirukan pengucapan ungkapan ucapan selamat dari percakan yang
diberikan.
· Siswa menuliskan ungkapan ucapan selamat dari
percakapan yang diberikan.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah
mendengarkan/membaca ungkapan ucapan selamat:
· Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun
format penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan
antara berbagai ungkapan ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaannya
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
· Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang
memaparkan ungkapan ucapan selamat
Mengeksplorasi
· Siswa mencari berbagai teks yang berisikan ungkapan
ucapan selamat dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih mengungkapkan ucapan selamat dengan
teman melalui simulasi.
· Siswa berlatih mengungkapkan ucapan selamat melalui
tulisan
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis ungkapan ucapan selamat dengan
mengelompokkan berdasakan penggunaan
· Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan ucapan
selamat yang mereka temukan dari
sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru.
· Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang
fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa mendemonstrasikan penggunaan ungkapan ucapan
selamat secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi
social, ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk mengungkapkan ucapan selamat dalam jurnal
belajar(learning Jurnal).
|
70 menit
|
3.Kegiatan Penutup
|
· Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang
telah dipelajari
· Guru memberikan PR
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
· Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.
|
10 menit
|
H. EVALUASI / PENILAIAN
A Jenis Penilaian:
1. Penilaian
Cognitive
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotor
B Bentuk Istrumen
1. Tes Tertulis
2. Obervasi
3. Performance
C Pedoman Penskoran
Penilaian Sikap (Affective)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Total Score
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Keterangan :
1. Disiplin dan Jujur
2. Percaya diri
3. Tanggung Jawab
4. Kerjasama
5. Sopan Santun
Rentang skor: 50-10
Predikat:
o
Amat
baik : A (86 – 100)
o
Baik : B (76 - 85)
o
Cukup : C (60 - 75)
o
Kurang : D (≤ 59)
Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
|
Nama Siswa
|
Criteria
|
Total Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Keterangan:
1.
Pronounciation
2.
Fungsi
social
3.
Unsur
Kebahasaan
4.
Struktur
Kebahasaan
Rentangan Score: 50-100
I. FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan (
Enrichment )
4. Latihan –
latihan
Share Yuk
No comments:
Post a Comment