Materi Ekonomi SMA: Circular Flow Diagram

   

Interaksi Pelaku ekonomi, adalah sebuah perilaku timbal balik antara para pelaku pelau yang terlibat dalam aktifitas ekonomi. Interaksi ini akan saling menghubunkan 2 atau lebih para pelaku ekonomi. Dalam keilmuannya Ada 4 model Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi (Circular Flow Diagram).

Perekonomian Sederhana (Dua Sektor).

Pada model ini, pelaku kegiatan ekonomi hanya terdiri dari dua sektor, yaitu: Rumah Tangga Konsumsi dan Rumah Tangga Produksi. Dalam hal ini ada 4 kemungkinan arus kegiatan yang terjadi pada sektor ini. Yang pertama yaitu Arus barang dan jasa dari RT Produksi ke RT Konsumsi.

Selanjutnya ada Arus uang ( sewa, upah, bunga, dan laba) dari RT Produksi ke RT Konsumsi. Arus uang ini terjadi karena karena Rumah Tangga Produksi membeli faktor Produksi yang dimiliki oleh Rumah tangga Konsumsi (Alam, Tenaga Kerja, Modal, Skill).

Yang ketiga adalah Arus uang (pengeluaran) dari RT Konsumsi ke RT produksi. Arus uang ini terjadi karena Rumah Tangga Konsumsi Membeli barang dan jasa. dari Rumah tangga Produksi

Terakhir ada Arus Barang dan jasa (Faktor Produksi) dari RT Konsumsi ke RT Produksi. Arus barang dan jasa ini terjadi karena RT konsumsi menyerahkan faktor. produksi (Alam, Tenag Kerja, Modal, dan Skill) yang dimilikinya ke Rumah Tangga Produksi

Perekonomian Tertutup

Perekonomian Tertutup disebut juga perekonomian Tiga Sektor. Di mana pelaku kegiatan ekonomi pada model ini terdiri dari tiga sektor, yaitu RT Produksi, RT Konsumsi, dan RT Pemerintah. Adapun Arus yang terjadi dalam Model Ekonomi Tiga sektor ini, yaitu:
  1. Arus Barang dan jasa dari RT Produksi ke RT Konsumsi 
  2. Arus Barang dan jasa dari RT Produksi ke RT Pemerintah 
  3. Arus Uang (sewa, upah, bunga, dsan laba) dari RT Produksi ke RT Konsumsi 
  4. Arus Uang (sewa, upah, bunga, dsan laba) dari RT Pemerintah ke RT Konsumsi 
  5. Arus uang (berupa subsidi) dari RT Pemerintah ke RT Produsen 
  6. Arus uang (berupa subsidi) dari RT Pemerintah ke RT Konsumsi 
  7. Arus uang (berupa pajak) dari RT Produksi ke RT Pemerintah 
  8. Arus uang (berupa pajak) dari RT Konsumsi ke RT Pemerintah 
  9. Arus Uang (berupa pegeluaran Konsumsi) dari RT Konsumsi ke RT Produksi Ini terjadi karena RT Konsumsi membeli barang dan jasa dari RT Produksi 
  10. Arus Uang ( Pegeluaran Pemerintah) dari RT Pemerintah ke RT Produksi Ini terjadi karena RT pemerintah membeli barang dan jasa dari RT Produksi 
  11. Arus Barang dan Jasa (Alam, Tenaga Kerja, Modal, dan Skill) dari RT Konsumsi ke RT Produksi 
  12. Arus Barang dan Jasa (Alam, Tenaga Kerja, Modal, dan Skill) dari RT Konsumsi ke RT Pemerintah.


Perekonomian Terbuka

Perekonomian Terbuka dapat disebut juga “Model Kegiatan Perekonomian Empat Sektor. Dalam model ini kegiatan perekonomian sudah semakin komplek dan terbuka. Dimana pelaku kegiatan ekonomi dalam model ekonomi empat sektor ini, yaitu: RT Produsi, RT Konsumsi, RT Pemerintah, dan Masyarakat Ekonomi Luar Negeri. Arus yang terjadi dalam perekonomian empat sektor ini, adalah:
  1. Arus Barang dan jasa dari RT Produksi ke RT Konsumsi 
  2. Arus Barang dan jasa dari RT Produksi ke RT Pemerintah 
  3. Arus Barang dan jasa dari RT Produksi ke Masyarakat Ekonomi Luar Negeri(Eksport) 
  4. Arus Uang (sewa, upah, bunga, dsan laba) dari RT Produksi ke RT Konsumsi 
  5. Arus Uang (sewa, upah, bunga, dsan laba) dari RT Pemerintah ke RT Konsumsi 
  6. Arus uang (berupa subsidi) dari RT Pemerintah ke RT Produsen 
  7. Arus uang (berupa subsidi) dari RT Pemerintah ke RT Konsumsi 
  8. Arus uang (berupa pajak) dari RT Produksi ke RT Pemerintah 
  9. Arus uang (berupa pajak) dari RT Konsumsi ke RT Pemerintah 
  10. Arus uang ( pakak impor) dari Masayarakat Ekonomi Luar negeri ke RT Pemerintah 
  11. Arus Uang (berupa pegeluaran Konsumsi) dari RT Konsumsi ke RT Produksi Ini terjadi karena RT Konsumsi membeli barang dan jasa dari RT Produksi 
  12. Arus Uang ( Pegeluaran Pemerintah) dari RT Pemerintah ke RT Produksi Ini terjadi karena RT Pemerintah membeli barang dan jasa dari RT Produksi 
  13. Arus Uang dari RT Konsumsi ke Masyarakat ekonomi Luar Negeri Ini terjadi karena RT Konsumsi membeli barang dari Luar nrgeri (import) 
  14. Arus Uang dari RT Produksi ke Masyarakat ekonomi Luar Negeri Ini terjadi karena RT Produksi membeli barang dari Luar nrgeri (import) 
  15. Arus uang dari RT Pemerintah ke Masyarakat Luar Negeri Ini terjadi karena RT Pemerintah membeli barang dan jasa dari negara lain (Import) 
  16. Arus Barang dan Jasa (Alam, Tenaga Kerja, Modal, dan Skill) dari RT Konsumsi ke RT Produksi 
  17. Arus Barang dan Jasa (Alam, Tenaga Kerja, Modal, dan Skill) dari RT Konsumsi ke RT Pemerintah Arus Barang dan Jasa (Alam, Tenaga Kerja, Modal, dan Skill) dari RT Konsumsi ke Masyarakat Ekonomi Luar Negeri (Eksport).
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait