Elastisitas Penawaran

   

Elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam variabel bebas tertentu. Besarnya koefisien elastisitas ini ditunjukkan oleh perbandingan antara persentase perubahan dalam variabel tidak bebas dan persentase perubahan variabel bebas yang mempengaruhinya.

Pengertian Elastisitas Penawaran. Elastisitas penawaran adalah tingkat perubahan penawaran atas barang dan jasa yang diakibatkan oleh adanya perubahan harga. Untuk mengukur besar kecilnya tingkat perubahan trsebut digunakan angka yang disebut koefisien elastisitas penawaran (Es).

Koefisien Elastisitas Penawaran

Inelastis Sempurna (Es = 0). Penawaran inelastis sempurna terjadi bila perubahan harga yang terjadi tidak berpengaruh terhadap jumlah penawaran (kurvanya sejajar dengan sumbu Y atau P.

Inelastis (Es < 1).
Penawaran inelastis terjadi jika perubahan harga kurang berpengaruh terhadap perubahan jumlah penawaran.

Elastis Unitary (Es = 1)
. Penawaran elastis unitary terjadi jika perubahan jumlah penawaran sebanding dengan perubahan harga.

Elastis (Es > 1).
Penawaran elastis terjadi jika perubahan jumlah penawaran lebih besar daripada perubahan harga

Elastis Sempurna (Es = ∞). Penawaran elastis sempurna terjadi dimana pada tingkat harga tetap, maka jumlah penawarannya tidak terbatas.


Perhitungan koefisien Elastisitas Penawaran

Perhitungan dan rumus sama dengan menghitung koefisien permintaan, Cuma kata permintaan ditukar dengan penawaran. Contoh 1 : Diketahui persentase perubahan penawaran 25%, sedangkan persentase. perubahan harga 20%. Hitunglah koefisien penawaran!

Ed= 25% / 20% = 1,25. Kesimpulan dari jenis elastis bisa dilihat dari syarat di atas. Karena Es > 1 maka ini termasuk elastis.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait