Elastisitas Permintaan

   

Konsep Dasar Elastisitas, Elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam variabel bebas tertentu. Besarnya koefisien elastisitas ini ditunjukkan oleh perbandingan antara persentase perubahan dalam variabel tidak bebas dan persentase perubahan variabel bebas yang mempengaruhinya.

Pengertian Elastisitas Permintaan adalah tingkat perubahan permintaan terhadap barang dan jasa yang diakibatkan oleh adanya perubahan harga tersebut. Besar kecilnya tingkat perubahan tersebut diukur dengan angka yang disebut koefisien elastisitas permintaan dan dilambangkan dengan Ed.

Koefisien Elastisitas Permintaan

Untuk membedakan elastisitas permintaan digunakan ukuran berdasarkan besar kecilnya tingkat koefisien elastisitasnya. Berdasarkan hal itu, elastisitas permintaan dapat dibedakan sbb:

Inelastis Sempurna (Ed = 0). Permintaan inelastis sempurna terjadi bila perubahan harga yang terjadi tidak berpengaruh terhadap jumlah permintaan. Kurva permintaan inelastis sempurna sejajar dengan sumbu Y atau P(harga).

Inelastis (Ed < 1). Permintaan inelastis terjadi jika perubahan harga kurang berpengaruh terhadap perubahan jumlah permintaan, atau dengan kata lain bahwa perubahan relatif harga lebih besar daripada perubahan relatif jumlah permintaan (∆P >∆Q). Gambar kurva inelastis dapat dilihat di bawah ini

Elastis Unitary (Ed = 1). Elastis uniter terjadi jika perubahan jumlah permintaan sebanding dengan perubahan harga (∆P =∆Q).

Elastis (Ed > 1). Permintaan elastis terjadi jika perubahan jumlah permintaan lebih besar daripada perubahan harga atau dengan kata lain perubahan relatif harga lebih kecil dari pada perubahan relatif jumlah permintaannya (∆P<∆Q).

Permintaan Elastis Sempurna (Ed= ∞ ). Permintaan elastis sempurna terjadi pada tingkat harga tetap maka jumlah permintaannya tidak terbatas (kurvanya sejajar dengan sumbu X atau Q (jumlah).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Elasisitas Permintaan, besar kecilnya intesitas kebutuhan terhadap suatu barang, Ada tidaknya barang substitusi, besar kecilnya pendapatan konsumen, kebiasaan/tradisi, selera masyarakat/trend.

Perhitungan Koefisien Elastisitas Permintaan

Untuk mengetahui bagaimana perhitungan elasisitas permintaasn. Bisa dilihat contoh soal dan pembahasan elastisitas permintaan berikut. Diketahui persentase perubahan jumlah permintaan 20%, sedangkan persentase perubahan harga adalah 12,5%. Hitunglan koefisien elastisitas permintaan!
Ed = 20/12,5 = 1,6.Disini didapat koefisen elastis 1,6. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwasanya ini permintaan elastis.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait