Apa Saja Fungsi Pajak?

   
Peran pajak amat penting dalam penyelenggaraan negara. Pajak menjadi sumber pendapatan bagi negara dalam menutupi anggaran pengeluaran negara. Misalnya untuk pembangunan, penyediaan fasilitas publik dan biaya operasional pelayanan masyarakat dan untuk sumber gaji aparatur negara. Dengan sekilas di atas, lebih rinci fungsi dari pajak bisa didefenisikan sebagai berikut.
Orang Taat Bayar Pajak

Fungsi Anggaran (budgetair)

Pajak memiliki fungsi sebagai pendapatan bagi negara. Pajak akan menutupi biaya pengeluaran negara dalam pelaksanaan tugas tugas rutin negara, pelaksanaan pembangunan. Kesemua aktifitas tersebut tentu membutuhkan dana.

Dana untuk melakukan hal di atas diambil dari pajak.Dana tersebut dipergunakan untuk belanja barang pemeliharaan dan pembangunan.

Fungsi Mengatur (regulerend)

Pengaturan pertumbuhan ekonomi oleh pemeritah dilakukan pemerintah salah satunya melalui kebijaksanaan pajak. Fungsi mengatur dari pajak akan dijadikan alat untuk mencapai tujuan pembanguna nasional.

Contoh pajak dengan fungsi mengatur adalah dalam investasi dan penanaman modal baik dari luar negeri ataupun dalam negeri. Para investor akan diberikan beberapa keringanan pajak agar investor tertarik menanamkan dananya. Dengan banyak investasi tentu perekonomian akan menjadi lebih baik, salah satunya akan menciptakan lapangan kerja baru. Terkait: Pengangguran dan Jenis Pengangguran.

Beberapa contoh lain adalah dengan memberikan ketetapan bea impor yang tinggi. Agar produk dalam negeri bisa lebih murah dan banyak dikonsumsi. Ataupunpada kondisi tertenu bea masuk akan diringankan demi memenuhi kebutuhan dalam negeri akan suatu produk yang produksinya tidak memenuhi kebutuhan masyarakat.

Fungsi Stabilitas

Fungsi stabilitas pajaka adalah penetapan kebijakan ekonomi oleh pemeritah. Kebijakan tersebut untuk memberikan ketahanan ekonomi, misalnya stabilitas harga. Dengan begitu maka inflasi bisa lebih terkendali.

Contoh lain fungsi pajak adalah pengunaan hasil pungutan pajak untuk mensubsidi suatu barang tertentu.

Fungsi Redistribusi Pendapatan

Pemungutan pajak difungsikan untuk memberikan biaya untuk kepentingan umum. Dengan pembangunan yang baik tentu akan memberikan lapangan kerja baru. Semakin banyak lapangan kerja, masyarakat tentu bisa meningkatkan penghasilan.

Demikianlah tentang fungsi pajak. Untuk pembahasan pajak berikutnya bisa dibaca: Asas Pemungutan Pajak.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment