Hakikat Hasil Belajar

   
Pengertian hasil belajar adalah ,Hasil belajar merupakan suatu yang dicapai seseorang dalam mengikuti proses pembelajaran, dengan kata lain hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi dalam diri individu yang belajar. Perubahan yang diperoleh dari hasil belajar adalah perubahan secara menyeluruh terhadap tingkah laku yang ada pada diri individu. Hasil belajar mencakup ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor.
Menurut Bloom yang dikutip Djaafar (2001: 83), menyatakan: Hasil belajar dibagi dalam tiga ranah atau kawasan yaitu (1) Ranah Kognitif, (2) Ranah Afektif, (3) Ranah Psikomotor.

Masing-masing ranah akan menghasilkan kemampuan tertentu. Hasil belajar ranah kognitif berorientasi kepada kemampuan “berpikir” yang mencakup kemampuan untuk memecahkan suatu masalah. Ranah afektif berhubungan dengan suatu masalah, ranah afektif berhubungan dengan perasaan, emosi, sistim nilai dan sikap hati-hati menunjukkan penerimaan dan penolakan terhadap sesuatu. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotor yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otak. Baca juga: Aktivitas Belajar Siswa

Hasil belajar dapat diperoleh dari interaksi, siswa dengan guru atau interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya, yang sengaja dirancang dan direncanakan guru dalam pembelajaran. Menurut Winataputra (1997: 25) menggambarkan hasil belajar berupa perubahan prilaku atau tingkah laku. Seseorang belajar akan berubah atau bertambah prilaku, baik berupa pengetahuan, keterampilan motorik atau penguasaan prilaku, atau penguasaan nilai-nilai (sikap). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah:
a. Faktor-faktor internal
     1). Faktor jasmaniah
    2). Faktor Psikologis antara lain intelegensi, minat, bakat dan kematangan.
    3). Faktor kelelahan jasmani dan rohaniah.
b. Faktor-faktor eksternal :
    1). Keluarga
    2). Sekolah
    3). Masyarakat
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment