Arti Manajemen Menurut Ahli

   
Arti Manajemen Menurut Ahli
Ditinjau dari asal kata, manajemen berasal dari bahasa Latin. Manus yang mana berarti tangan dan agere yang artinya melakukan. Pengabungan kata tersebut menjadi managere akan memiliki arti melakukan dengan tangan atau menangani.

Penyerapan dalam bahasa Inggris menjadi manage berarti mengatur kegiatan. Secara bahasa Indonesia inilah yang diterjemahkan menjadi manajemen (pengelolaan).

Manajemen menurut ahli, Parker menyatakan bahwasanya manajemen adalah seni dalam melakukan pekerjaan melalui orang. Walaupun banyak defenisi manajemen dari ahli alinnya namun pengertian dasar manajemen bisa disimpukan sebagai proses dan tugas. Intinya dirangkum dalam kegiatan POAC (Planning, Organizing, Acting Controlling).

Aktivitas manajemen ini memiliki tujuan untuk mencapai target organisasi. Baik itu organisasi nirlaba ataupun komersil. Aktivitas tersebut meliputi pemberdayaan segala sumber daya yang ada agar efektif, optimal dalam rangka memudahkan pencapaian target tersebut.

Dari tinjauan keilmuan, manajemen diartikan sebuah ilmu dalam pengelolaan aktivitas dalam upaya pencapaian tujuan, melahirkan kerja sama yang efisien yang diawali dengan perencanaan yang baik. Perkembangan ilmu manajemen memang tergolong muda, pada abad 20-an. Namun, perkembangan ilmu ini cukup pesat karena memang sangat dibutuhkan dalam perolehan hasil maksimal.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment