Macam Macam Jenis Investasi

   
Investasi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan pengorbanan sejumlah materi ataupun non materi dengan harapan memperoleh return di masa mendatang. Lebih lanjut tentang investasi, investasi bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Jenis Jenis investasi yang dimaksud,
Investasi Berdasarkan Tujuan dan Tuntutan.
Terdapat 2 macam investasi berdasarkan kriteria ini. Pertama,
Autonomous Investment, yaitu investasi yang dilakukan biasanya oleh pemerintah. Ini disebut juga public investment. Tujuan investasi ini memang bukan keuntungan atau return langsung pada pemerintah. Investasi ini bertujuan meningkatkan kehidupan masyarakat. Karena tidak terlalu berorientasi pada laba, makanya ini biasa dilakukan negara. Selain itu investasi ini juga membutuhkan dana besar. Contohnya, pembangunan aset pelayanan negara, kantor pemerintahan dan pelayanan public.

Induced Investment, investasi ini bertujuan untuk mengatasi pertambahan permintaan efektif di pasar. Semua ini akibat peningkatan pendapatan masyarakat, maka dibutuhkan pemenuhan kebutuhan lebih banyak.

Investasi berdasarkan Sumber Modal
Berdasarkan sumber modal investasi bisa dikelompokkan menjadi dua macam. Domestic Investment yaitu investasi dimana sumber dana berasal dari dalam negeri. Jenis kedua, Foreign Investment atau investasi asing. Sumber dana investasi ini berasal dari luar negeri.

Investasi berdasarkan nilai
Berdasarkan nilai-nya investasi bisa dikelompokkan menjadi 2 juga. Gross Investment yaitu nilai total seluruh pelaksanaan investasi dalam suatu waktu. Kemudian, net investment yaitu investasi bersih dimana perhitungannya adalah investasi total dikurangi dengan beban penyusutan.

Dalam lingkup Indonesia, investasi dibagi menjadi 2 golongan.

  1. PMDN (Penanaman Modal dalam Negeri) - Yaitu penanaman modal untuk usaha berupa hak dan benda yang TIDAK DIATUR dalam pasal 2 UU no 1 tahun 1967 tentang penanaman modal asing. 
  2. PMDA (Penanaman Modal ASing) - yaitu penanaman modal yang diatur oleh UU no 1 tahun 1967. Modal yang ditanamkan berasal dari pihak bukan Indonesia dan dikelola baik itu keseluruhan atau secara bekerja sama dengan Indonesia.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment