Strategi dan Tujuan Pemasaran

   
Tujuan pemasaran secara sederhana adalah memperoleh laba dan kepuasan konsumen. Laba berfungsi sebagai penentu kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Sementara kepuasan konsumen adalah tujuan yang mendukung kelangsungan dan perkembangan perusahaan tersebut.
Sementara pengertian atau defenisi strategi pemasaran adalah logika pemasaran yang dipakai perusahaan dengan harapan bisa mencapai tujuan perusahaan (Kotler).

Perancangan strategi pemasaran haruslah kompetitif atau bisa bersaing. Dilakukan dengan analisa kompetitor. Perusahaan harus bisa membandingkan kepuasan yang diperoleh konsumen dengan nilai yang diberikan produk, promosi, harga dan distribusi terhadap pesaing terdekat.

Dalam strategi pemasaran, dikenal 5 konsep dasar strategi pemasaran yakni,
1) Segmentasi Pasar
Pasar memiliki macam macam pembeli dengan kebiasaan dan kebutuhan yang berbeda. Tidak mungkin perusahaan bisa memenuhi semua kebutuhan pemebli. Oleh sebab itu perusahaan harus bisa membuat klasifikasi pasar yang heterogen dalam sehingga menjadi satuan-satuan kelompok yang homogen.

2) Market Positioning
Perusahaan juga tidak mungkin bisa menguasai pasar keseluruhan. Mengatasi hal tersebut, maka stratefi pemasarannya adalah memilih pola khusus pemusatan pasar sehingga diperoleh peluang yang besar pada perusahaan untuk mendapatkan posisi yang kuat.

3) Targetting
Yaitu target penjualan. Kepada siapa tujuan produk produk tersebut disalurkan.

4) Marketing Mix
Variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih. Variabel ini dikenal dengan 4P yaitu Product, Place, Promotion dan Price.

5) Timing Strategy
Waktu yang tepat tentu akan sangat berpengaruh dalam melakukan pemasaran. Ketika mempromosikan produk di waktu yang tidak tepat akan sia sia saja. Contohnya saja, bagaimana Sirup Marjan mendominasi iklan (sebagai salah satu bagian pemasaran) ketika hari hari menjelang lebaran. Baca juga: Bauran Promosi.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment