Nama satuan
pendidikan : SMA XXXX
Mata
Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester
: X/2
Materi
pokok
: Teks pemberitahuan (announcement) lisan dan tulis sederhana.
Alokasi
waktu
: 4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
3.8.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.
Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis
pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK):
Pertemuan 1
3.8.1.
Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks
pemberitahuan (announcement) sederhana dengan penuh percaya diri
dan bertanggung jawab.
3.8.2. Mengurai
gambaran umum dan informasi tertentu dari teks pemberitahuan (announcement)
dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
4.11.1.Mendeteksi
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement)
sederhana.
4.11.2.Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan (announcement)
sederhana
Pertemuan 2
4.12.1.Menyunting
teks pemberitahuan (announcement) sederhana dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
4.12.2.Menyunting
teks pemberitahuan (announcement)dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12.2.Menyusun
teks pemberitahuan (announcement) dengan memperhatikan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
C. Tujuan
pembelajaran :
Pertemuan 1
Melalui
proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu,
menganalisis dan menangkap makna teks pemberitahuan (announcement)
dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
Pertemuan
2
Melalui
proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu
menyunting dan menyusun teks pemberitahuan (announcement) dengan
percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
D.
Materi Pembelajaran
Definition
of announcement:
Sense 1:
Formal public statement
Kinds: Edict
Promulgation
Sense 2: A
public statement about something that is happening or going to happen.
Kinds:
- program
- Obituary
- Notice
- Banns
- Advisory
Reading
Comprehension: Announcement consist of the information about what, where,
when, who, why, or how that all depent on the content of announcement.
Example:
English Competition Results
- Aysha Mareta : 1 st winner
Written Test(IX.4)
- Jane Serafin : 3 rd winner
Written Test(IX.4)
- Samanhudi : 1 st winner Written
Test(VIII.3)
- Prima Aji : 1 st winner
Speech(VIII.3)
- Argia Pandu: 2 nd winner
Speech(VIII.3)
- Silvia Rahmawati (VIII.3), Anggit
R. (VIII.3) and Stevan Derby (VIII.3): 1 st winner English Wall Magazine
Each winner
receives a certificate. Contact Ms.Mirda after school. For the semi final
round, consult with Ms Ririn as the coordinator
Ms. Mirda
- Who is the announcement for?
- Where is the announcement?
- What kinds the competitions
that does Argia join?
- Why do they should consult
with ms. Ririn?
- When they can meet Ms. Mirda?
- E. Metode Pembelajaran; TBL
Model
Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
- F. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran:
- Media
: VCD dan Power Point Presentation
- Alat
: Laptop, LCD, dan Speaker Active
- Sumber Belajar
: www.englishindo.com,
http://www.britishcouncil.org
G.Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan
1
- Kegiatan Pendahuluan
- menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- memberi motivasi belajar
- mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari:
- menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
- Kegiatan Inti
Mengamati
- Siswa membaca beberapa teks
pemberitahuan sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang terdapat
dalam buku teks (Developing English)dalam kelompok 4 orang kemudian
masing-masing anggota kelompok membacakan teks pemberitahuan (announcement
) dibacanya. (Siswa melakukan proses ini berdasarkan panduan yang
disiapkan guru)
- Siswa menirukan contoh
pengucapan kalimat-kalimat dalam teks pemberitahuan tersebut dengan
bimbingan guru.
- Siswa belajar menemukan gagasan
pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks pemberitahuan
yang dibaca.
Menanya
- Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks
pemberitahuan yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
- Siswa mempertanyakan gagasan
pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks pemberitahuan.
Mengeksplorasi
- Siswa melaporkan hasil diskusi
kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh kelompok lain
- Siswa secara kelompok
membacakan teks pemberitahuan berupa sebuah pengumuman sudah dibawa
dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
- Siswa berpasangan menemukan
gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial
dari teks pemberitahuan sederhana yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi
- Dalam kerja kelompok terbimbing
siswa menganalisis dengan membandingkan berbagai teks pemberitahuan
dengan fokus pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan.
- Siswa mengelompokkan teks
pemberitahuan sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya.
- Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengomunikasikan
- Menyampaikan hasil kerja
kelompok tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan panduan yang
disiapkan guru.
- Penutup
- memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Thank you
very much for your participation. You did a good job today, I’m very
happy with your activity in the class. How about you, did you enjoy my class?
- melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
- menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
- Kegiatan Pendahuluan
- menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- memberi motivasi belajar
- mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari:
- menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi
dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan
Inti
Mengamati
- Siswa membaca beberapa teks
pemberitahuan sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa hasil suntingan
teman dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok
membacakannya
Menanya
- Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks
pemberitahuan sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama
tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan
Mengeksplorasi
- Siswa berpasangan menemukan
gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial
dari teks pemberitahuan sederhana yang dibaca/didengar.
Mengasosiasi
- Dalam kerja kelompok terbimbing
siswa menganalisis dengan membandingkan teks pemberitahuan yang
disusun oleh teman anggota kelompok dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan.
- Siswa memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan
dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
- Berkelompok, siswa menyunting
dan menyusun teks pemberitahuan sederhana tentang
kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur
dan unsur kebahasaannya
- Siswa menyampaikan teks
pemberitahuan sederhananya didepan guru dan teman dan
mempublikasikannya di mading.
- Penutup
- memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
- For all of you, thank you very
much for your participation. Good job, I like your performance today.
Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the
class. Okay? Now as ususal Please write your feeling, your problem
and your success during my class in your journal,
- Siswa menuliskan permasalahan
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar
(learning journal).
- melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
- menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
- G. Penilaian hasil pembelajaran
Kriteria
penilaian Kinerja dan Tugas
- Pencapaian fungsi sosial
- Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks pemberitahunan (announcement )
- Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
- Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
KINERJA
(praktik)
- Melakukan monolog tentang
teks pemberitahunan (announcement ) sederhana peristiwa di depan
kelas
- Ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks teks
pemberitahunan (announcement )
Speaking
Rubric
Apprentice
|
Basic
|
Learned
|
Exemplary
|
|
Penugasan/ulangan
harian
Menentukan
gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks pemberitahuan
sederhana
observasi:
Lembar
Pengamatan Sikap Peserta didik
No
|
Indikator
Sikap.
Nama
Peserta didik.
|
Bertanggung
jawab
|
Jujur
|
Santun
dalam berkumunikasi
|
Percaya
diri
|
Kedisiplinan
dalam tugas
|
Nilai
rata-rata (kualitatif/huruf).
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Note: Setiap
aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat
Kurang 3 =
Cukup 5 = Amat Baik
2 =
Kurang
4 = Baik
PORTOFOLIO
Rubriks
Portofolio (Format 1)
Nama
Siswa :
________________________________________
Kelas
: _______________________________________
Guru
:
________________________________________
NO
|
Kreteria
Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada
kumpulan catatan kemajuan belajar
|
5 kreteria
terpenuhi
|
4 Kreteria
terpenuhi
|
3 Kreteria
terpenuhi
|
≤ 2
kreteria terpenuh
|
2.
|
Ada
rekaman teks pemberitahuan sederhana
|
||||
3.
|
Ada
kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks pemberitahuan
sederhana berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik
untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada
kumpulan hasil tes dan latihan.
|
||||
5.
|
Ada
catatan penilaian diri dan penilaian sejawat
|
Format 2
KRITERIA
|
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak
Jelas
Pelaksanaannya
|
Beberapa
Kegiatan
Jelas dan
Rinci
|
Semua
Jelas dan Rinci
|
Role Play
|
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan
kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Menyunting
Teks
|
Penggunaan
kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi
sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi
|
Penilaian
Diri
Bentuk:
jurnal belajar
Contoh
Format:
My
Learning Journal
Name:
|
A summary
of what I have covered:
|
Things I
am still not sure of:
|
What do I
need to do to overcome these uncertainties?
|
Things I
have learned successful today:
|
Share Yuk
No comments:
Post a Comment