Satuan Pendidikan : SMA XXXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Materi Pokok :Social Functions of Song
Alokasi Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahdalam
pergaulan dunia.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lagusederhana.
4. Menangkap makna lagusederhana.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3. Siswadapat menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagusederhana.
4. Siswadapatmenangkap makna lagusederhana.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2. Siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3. Siswadapat menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagusederhana.
4. Siswadapatmenangkap makna lagusederhana.
E. Materi Ajar
Social
Function of Song
D. Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model
: Pembelajaran berbasis masalah
Metode
: Auditori
G Sumber Belajar : Internet, Buku Ajar Bahasa
Inggris, Rekan Sejawat
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
a. Siswa
disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan
mengawali dengan doa
b. Siswa
diabsen oleh guru
c. Siswa
diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi
belajar bagaimana mencermati unsur kebahasaan dan makna sebuah lagu
c. Siswa
diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai unsur
kebahasaan sebuah lagu
d.Siswa
diberikan penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai
e. Siswa
diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
:
a. Siswa
diperdengarkan sebuah lagu sederhana “ First Love “ yang dipopulerkan oleh
Nika Costa.
b. Setelah
diperdengarkan, siswa diberikan lirik lagu tersebut
Menanya
:
Siswa
dipersilakan untuk berdiskusi perihal
a. unsur
kebahasaan yang terkandung dalam lagu
b. makna
dari lagu
Menalar
:
Dalam
kegiatan ini siswa dipersilakan untuk mencari referensi di perpustakaan,
internet atau bertanya pada sumber lain perihal
a.
Pelesapan fungsi kalimat
b.
Pengabaian konjungsi
c.
Dominase frasa / klausa dan bukan kalimat
d. Makna
lagu
Mencoba :
Siswa
mencoba mengaplikasikan unsur bahasa yang telah ditugaskan tadi kepada lagu
tersebut.
Mengkomunikasikan
:
Siswa
kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.
|
15 menit
20 menit
10 menit
10 menit
20 menit
|
Penutup
|
Refleksi
untuk mengevaluasi:
a. Siswa
diberikan penegasan oleh guru mengenai
·
unsur
kebahasaan yang terkandung dalam lagu
·
makna dari
lagu
b
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
5 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
·
Mention at
least three evidence of these language element
a. Deletion of Sentence Function
b. Neglection of Conjunction
c. Frase dominancy
2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
Nama
: ......................................
Kelas : ......................................
Kelas : ......................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
||
Share Yuk
No comments:
Post a Comment