Satuan Pendidikan : SMA XXXXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / I
Materi : Ungkapan memberikan
perhatian (care)
Waktu : 4 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
tanggung jawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun,
responsive, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan
humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah
,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.1 Mengidentifikasi ungkapan
memberikan perhatian (care)
3.3.2 Menentukan fungsi social ungkapan memberikan perhatian
(care)
3.3.3 Meggunakan struktur teks ungkapan memberikan perhatian
(care) yang lengkap dan runtut.
3.3.4 Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan memberikan
perhatian (care)
4. 3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon
ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.1 Menyusun teks tulisan sederhana untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
4.3.2
Mendemonstrasikan teks lisan sederhana
untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan siswa dapat:
1. Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2. Mengidentifikasi ungkapan memberikan perhatian
3. Menentukan fungsi social ungkapan memberikan perhatian
( care)
4. Menggunakan struktur teks ungkapan memberikan
perhatian (care)
5. Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan memberikan
perhatian.
6. Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care)
7. Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberikan perhatian (care)
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ø
FAKTA:
1.
Ungkapan-ungkapan
memberikan perhatian (care)
2.
Video/film/dialog
tentang ungkapan memberikan perhatian
(care)
Ø
KONSEP:
- Ciri memberikan
perhatian (care)
- Struktur
ungkapan memberikan perhatian (care)
Ø
PRINSIP:
1.
Fungsi
social memberikan perhatian (care)
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.
Unsur
kebahasaan memberikan perhatian (care)
· Kata terkait dengan kata sifat,
· Kata Kerja dalam Simple Present Tense, present
continous, past tense.
· Kata Tanya: What
· Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang
rapi
· Rujukan Kata
3.
Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,menghargai
perbedaan, perdamain.
Ø
PROSEDUR:
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengeksplorasi
4.
Mengasosiasi
5.
mengomunikasikan
E.
METODE PEMBELAJARAN
· Inquiry
· Dicovery learning
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·
Kurikulum 2013
·
Buku Look Ahead 1 (Th. M.
Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·
BSE kelas X
·
Worksheet Book
2. Media :
·
Video
·
Lap Top dan LCD
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
Pendahuluan
|
· Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
· Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada
siswa.
· Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan
pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
· Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan menjelaskan
langkah-langkah kegiatan.
|
10 menit
|
2.Kegiatan Inti
|
Mengamati
· Siswa menirukan pengucapan memberikan perhatian dari percakan yang
diberikan.
· Siswa menuliskan ungkapan memberikan perhatian dari percakapan yang diberikan.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah
mendengarkan/membaca ungkapan memberikan perhatian:
· Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun
format penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan antara
berbagai ungkapan memberikan perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan
yang ada dalam bahasa Indonesia.
· Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang berisikan
ungkapan memberikan perhatian
Mengeksplorasi
· Siswa mencari berbagai teks berisikan ungkapan
memberikan perhatian dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih memberikan perhatian dengan teman
melalui simulasi.
· Siswa berlatih memberikan perhatian melalui tulisan
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis ungkapan memberikan perhatian
(care) dengan mengelompokkan berdasarkan penggunaan
· Secara berkelompok mendiskusikan ungkapan memaparkan
jati diri (care) yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya
dengan yang digunakan guru.
· Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang
fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa mendemonstrasikan penggunaan memberikan
perhatian secara lisan dan tertulis di
kelas dengan memperhatikan fungsi social, ungkapan, unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai dengan konteks.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk memberikan perhatian dalam jurnal belajar (learning
Jurnal).
|
70 menit
|
3.Kegiatan Penutup
|
· Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang
telah dipelajari
· Guru memberikan PR
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
· Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan :2
H. EVALUASI / PENILAIAN
A Jenis Penilaian:
1. Penilaian
Cognitive
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotor
B Bentuk Istrumen
1. Tes Tertulis
2. Obervasi
3. Performance
C Pedoman Penskoran
Penilaian Sikap (Affective)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Total Score
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Disiplin dan Jujur
2. Percaya diri
3. Tanggung Jawab
4. Kerjasama
5. Sopan Santun
Rentang skor: 50-100
Predikat:
o
Amat
baik : A (86 – 100)
o
Baik : B (76 - 85)
o
Cukup : C (60 - 75)
o
Kurang : D (≤ 59)
Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
|
Nama Siswa
|
Criteria
|
Total Score
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Pronounciation
2.
Fungsi
social
3.
Unsur
Kebahasaan
4.
Struktur
Kebahasaan
Rentangan Score: 50-100
I. FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan (
Enrichment )
4. Latihan –
latihan
Share Yuk
No comments:
Post a Comment