Satuan Pendidikan : SMA XXXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / I
Materi : Ungkapan menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan / kegiatan
Waktu : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran : 2014 / 2015
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
tanggung jawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive,
dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan
humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah
,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.4 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.1
Mengidentifikasi ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
3.4.2
Menentukan fungsi social ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
3.4.3
Meggunakan struktur teks ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan yang lengkap dan runtut.
3.4.4
Menerapkan
unsur kebahasaan ungkapan menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.4 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4.1 Menyusun teks tulisan
sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
4.4.2Mendemonstrasikan teks lisan
sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan siswa dapat:
1. Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2. Mengidentifikasi ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
3. Menentukan fungsi social ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
4. Menggunakan struktur teks ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
5. Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
6. Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
7. Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ø
FAKTA:
1. ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
2. Video/film tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
Ø
KONSEP:
1. Ciri
ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
2. Struktur
ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø
PRINSIP:
1. Fungsi social menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Menjalin
hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2. Unsur kebahasaan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
· Kata terkait dengan kata kerja, keterangan waktu,
· Kata Kerja dalam bentuk Future Tense
· Kata Tanya: What, When, Who, Where
· Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang
rapi
· Rujukan Kata
3.
Topik
Keteladanan tentang perilaku ……………
Ø
PROSEDUR:
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengeksplorasi
4.
Mengasosiasi
5.
mengomunikasikan
E.
METODE PEMBELAJARAN
· Inquiry
· Dicovery learning
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·
Kurikulum 2013
·
Buku Look Ahead 1 (Th. M.
Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·
BSE kelas X
·
Worksheet Book
2. Media :
·
Video
·
Lap Top dan LCD
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
Pendahuluan
|
· Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
· Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada
siswa.
· Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan
pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
· Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan menjelaskan
langkah-langkah kegiatan.
|
10 menit
|
2.Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
Siswa menirukan pengucapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari percakan
yang diberikan.
·
Siswa menuliskan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah
mendengarkan/membaca ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan,
· Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun format
penyampaian/penulisannya
· Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan
antara berbagai ungkapan menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
· Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang berisi
ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Mengeksplorasi
·
Siswa mencari berbagai teks berisikan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
·
Siswa berlatih menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan teman melalui simulasi.
·
Siswa berlatih menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui tulisan
Mengasosiasi
·
Siswa menganalisis ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dengan
mengelompokkan berdasakan penggunaan
·
Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan yang mereka
temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru.
· Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang
fungsi social, dan unsur kebahasaan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
·
Siswa mendemonstrasikan penggunaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan secara lisan
dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social, ungkapan, unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai dengan konteks.
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan dalam jurnal belajar(learning Jurnal).
|
70 menit
|
3.Kegiatan Penutup
|
· Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang
telah dipelajari
· Guru memberikan PR
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
· Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan :2
H. EVALUASI / PENILAIAN
A Jenis Penilaian:
1. Penilaian
Cognitive
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotor
B Bentuk Istrumen
1. Tes Tertulis
2. Obervasi
3. Performance
C Pedoman Penskoran
Penilaian Sikap (Affective)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Total Score
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1. Disiplin dan Jujur
2. Percaya diri
3. Tanggung Jawab
4. Kerjasama
5. Sopan Santun
Rentang skor: 50-100
Predikat:
o
Amat
baik : A (86 – 100)
o
Baik : B (76 - 85)
o
Cukup : C (60 - 75)
o
Kurang :
D (≤ 59)
Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
|
Nama Siswa
|
Criteria
|
Total Score
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Pronounciation
2.
Fungsi
social
3.
Unsur
Kebahasaan
4.
Struktur
Kebahasaan
Rentangan Score: 50-100
I. FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan (
Enrichment )
4. Latihan –
latihan
Share Yuk
No comments:
Post a Comment