Satuan Pendidikan : SMA XXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / I
Materi : Ungkapan pemaparan
jati diri
Waktu : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran : 2014 / 2015
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli(gotong
royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive, dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan
humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah
,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1Menganalisis
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri,
sesuai dengan kontek penggunaannya.
3.1.1
Mengidentifikasi ungkapan pemaparan jati
diri.
3.1.2
Menentukan fungsi social ungkapan pemaparan jati diri.
3.1.3
Meggunakan
struktur teks ungkapan pemaparan jati diri yang lengkap dan runtut.
3.1.4
Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan
jati diri
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana, untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
dengan konteks
4.1.1
Menyusun teks tulisan sederhana untuk
memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan pemaparan jati diri dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
4.1.2
Mendemonstrasikan
teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan siswa dapat:
1.
Menunukkan
rasa syukur dengan prilaku santun, dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
2.
Mengidentifikasi
ungkapan pemaparan jati diri
3.
Menentukan
fungsi social ungkapan pemaparan jati diri
4.
Menggunakan
struktur teks ungkapan pemaparan jati diri
5.
Menerapkan
unsur kebahasaan ungkapan jati diri
6.
Menyusun
teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
pemaparan jati diri.
7.
Mendemonstrasikan
teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan
pemaparan jati diri.
.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ø
FAKTA:
1.
ungkapan
pemaparan jati diri
2.
Video/film
tentang ungkapan pemaparan jati diri
Ø
KONSEP:
- Ciri pemaparan
jati diri
- Struktur
pemaparan jati diri
Ø
PRINSIP:
1.
Fungsi
social pemaparan jati diri
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.
Unsur
kebahasaan pemaparan jati diri
· Kata terkait dengan hubungan kekelargaan dan
kekerabatan, profesi pekerjaan hobi
· Kata Kerja dalam Simple Present Tese
· Kata Tanya: Who,What, Which.
· Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang
rapi
· Rujukan Kata
3.
Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,menghargai
perbedaan, perdamain.
Ø
PROSEDUR:
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengeksplorasi
4.
Mengasosiasi
5.
mengomunikasikan
E.
METODE PEMBELAJARAN
· Inquiry
· Dicovery learning
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·
Kurikulum 2013
·
Buku Look Ahead 1 (Th. M.
Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·
BSE Kelas X
·
Worksheet Book
2. Media :
·
Video
·
Lap Top dan LCD
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
Pendahuluan
|
· Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
· Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada
siswa.
· Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan
pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
· Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan penjelaskan
langkah-langkah kegiatan.
|
10 menit
|
2.Kegiatan Inti
|
Mengamati
· Siswa menirukan pengucapan pemaparan jati diri dari percakan yang
diberikan.
· Siswa menuliskan ungkapan jati diri dari percakapan
yang diberikan.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah
mendengarkan/membaca pemaparan jati diri:
· Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun
format penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan
antara berbagai pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan
yang ada dalam bahasa Indonesia.
· Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang
memaparkan jati diri
Mengeksplorasi
· Siswa mencari berbagai teks pemaparan jati diri dari
berbagai sumber.
· Siswa berlatih memaparkan jati diri dengan teman melalui
simulasi.
· Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis ungkapan pemaparann jati diri
dengan mengelompokkan berdasakan penggunaan
· Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan
memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan
membandingkannya dengan yang digunakan guru.
· Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang
fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati
diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social,
ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar(learning
Jurnal).
|
70 menit
|
3.Kegiatan Penutup
|
· Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang
telah dipelajari
· Guru memberikan PR
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
· Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.
|
10 menit
|
H. EVALUASI / PENILAIAN
A Jenis Penilaian:
1. Penilaian
Cognitive
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotor
B Bentuk Istrumen
1. Tes Tertulis
2. Obervasi
3. Performance
C Pedoman Penskoran
Penilaian Sikap (Affective)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Total Score
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Keterangan :
1. Disiplin dan Jujur
2. Percaya diri
3. Tanggung Jawab
4. Kerjasama
5. Sopan Santun
Rentang skor: 50-10
Predikat:
o
Amat
baik : A (86 – 100)
o
Baik : B (76 - 85)
o
Cukup : C (60 - 75)
o
Kurang :
D (≤ 59)
Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
|
Nama Siswa
|
Criteria
|
Total Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Keterangan:
1.
Pronounciation
2.
Fungsi
social
3.
Unsur
Kebahasaan
4.
Struktur
Kebahasaan
Rentangan Score: 50-100
I. FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan (
Enrichment )
4. Latihan –
latihan
Share Yuk
No comments:
Post a Comment