Satuan Pendidikan : SMA XXXXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / I
Materi : Ungkapan memuji
Waktu : 4 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
tanggung jawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun,
responsive, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan
humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah
,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.2 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap (extended), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.1.1 Mengidentifikasi ungkapan
memuji
3.3.2 Menentukan fungsi social ungkapan memuji
3.3.3 Meggunakan struktur teks ungkapan memuji yang lengkap
dan runtut.
3.3.4 Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan memuji
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon
pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1 Menyusun teks tulisan
sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memuji dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai dengan konteks.
4.2.2
Mendemonstrasikan teks lisan sederhana
untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan memuji dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
dengan konteks.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan siswa dapat:
1. Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2. Mengidentifikasi ungkapan memuji
3. Menentukan fungsi social ungkapan memuji
4. Menggunakan struktur teks ungkapan memuji
5. Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan memuji
6. Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memuji
7. Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memuji
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ø
FAKTA:
1.
ungkapan
memuji
2.
Video/film
tentang ungkapan memuji
Ø
KONSEP:
- Ciri memuji
- Struktur
ungkapan memuji
Ø
PRINSIP:
1.
Fungsi
social dari memuji
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.
Unsur
kebahasaan memuji
· Kata terkait dengan kata sifat
· Kata Kerja dalam Simple Present continous tense dan
past tense
· Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang
rapi
· Rujukan Kata
3.
Topik
Keteladanan tentang perilaku menghargai, perdamaian.
Ø
PROSEDUR:
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengeksplorasi
4.
Mengasosiasi
5.
mengomunikasikan
E.
METODE PEMBELAJARAN
· Inquiry
· Dicovery learning
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·
Kurikulum 2013
·
Buku Look Ahead 1 (Th. M.
Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·
BSE kelas X
·
Worksheet Book
2. Media :
·
Video
·
Lap Top dan LCD
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
Pendahuluan
|
· Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
· Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada
siswa.
· Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan
pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
· Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelaskan langkah-langkah kegiatan.
|
10 menit
|
2.Kegiatan Inti
|
Mengamati
· Siswa menirukan pengucapan memuji dari percakan yang diberikan.
· Siswa menuliskan ungkapan memuji dari percakapan
yang diberikan.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah
mendengarkan/membaca ungkapan memuji:
· Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun
format penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan antara
berbagai ungkapan memuji dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
· Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang
berisikan ungkapan memuji
Mengeksplorasi
· Siswa mencari berbagai teks yang berisi ungkapan
memuji dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih menggunakan ungkapan memuji dengan
teman melalui simulasi.
· Siswa berlatih menggunakan ungkapan memuji melalui
tulisan
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis ungkapan memuji dengan
mengelompokkan berdasakan penggunaan
· Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan
memuji yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang
digunakan guru.
· Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang
fungsi social, dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengomunikasikan
· Siswa mendemonstrasikan penggunaan ungkapan memuji
secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social,
ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan
bahasa Inggris untuk menggunakan ungkapan memuji dalam jurnal
belajar(learning Jurnal).
|
70 menit
|
3.Kegiatan Penutup
|
· Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang
telah dipelajari
· Guru memberikan PR
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
· Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.
|
10 menit
|
H. EVALUASI / PENILAIAN
A Jenis Penilaian:
1. Penilaian
Cognitive
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotor
B Bentuk Istrumen
1. Tes Tertulis
2. Obervasi
3. Performance
C Pedoman Penskoran
Penilaian Sikap (Affective)
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Total Score
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Keterangan :
1. Disiplin dan Jujur
2. Percaya diri
3. Tanggung Jawab
4. Kerjasama
5. Sopan Santun
Rentang skor: 50-100
Predikat:
o
Amat
baik : A (86 – 100)
o
Baik : B (76 - 85)
o
Cukup : C (60 - 75)
o
Kurang : D (≤ 59)
Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
|
Nama Siswa
|
Criteria
|
Total Score
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
||||||
2
|
Keterangan:
1.
Pronounciation
2.
Fungsi
social
3.
Unsur
Kebahasaan
4.
Struktur
Kebahasaan
Rentangan Score: 50-100
I. FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan (
Enrichment )
4. Latihan –
latihan
Share Yuk
No comments:
Post a Comment