Nama satuan pendidikan : SMA NEGERI XXXX
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/1
Materi pokok : Teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan prilaku santun dan perduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk komunikasi internasional.
2. Memiliki sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membuat descriptive text.
3. Menemukan arti setiap kalimat dan Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks deskriptif tentang tempat wisata dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
4. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan terlebih dahulu mencari kata kunci dan sub kata kunci suatu paragrap
5. Menyusun teks deskriptif tulis sederhana tentang tempat wisata dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks berdasarkan kata kunci dan sub kata kunci.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui proses membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks deskripsi tulis sederhana tentang tempat wisata dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
2. Melalui proses membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menyusun teks deskripsi sederhana tentang tempat wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan secara benar sesuai dengan konteks.
E. Materi Pembelajaran : Teks desriptif tulis sederhana
B A N T I M U R U N G
Everyone would happy when they hear the word holiday. They sometimes desire to enjoy the holidays with family or friends. One of the most favorite place for visiting is Bantimurung or better known as Nature Bantimurung. Bantimurung natural tourism area is located in the province of South Sulawesi , Makassar precisely in Maros regency , district Bantimurung . From the center of Maros , the journey to our natural tourism area Bantimurung about 15 km or about 40 miles from the city of Makassar . This area has been the hallmark of the Maros district itself. In Bantimurung, you aren’t only enjoy your time by see many butterflies floating in the nature but also you can breathe the fresh air, see the panoramic view and variety of natural beauty such as karst and caves .
Visiting this place, you will see the words " Bantimurung National Park Bulusaraung " in the towering cliffs. It is marking us closer to the nature . Shortly after, it appeares a welcome gate size replica of the butterfly-shaped and afterwards there is a statue of a monkey which greatly adds to the main attraction on Bantimurung Nature .Bantimurung area is nature 's " extraordinary " beauty . No exaggeration when we say this, because the butterfly that has rare encounter still can fly freely around us . In fact , According to Wikipedia.com , there are approximately 250 species of butterflies have been found in the region Bantimurung . Thus , it is appropriate if the researcher named Alfred Russel Wallace from England called Bantimurung as the royal butterfly ( The Kingdom of Butterfly ) . Not only the beauty of the butterfly is interesting . Scenic waterfall and the cool water was an idol object that can invite the audience for visiting natural attractions. Besides the well encountered, a waterfall staircase will take us to see how the water falls down with the swift and distance less than 800 m. we also can find a cave called the cave dream .National Parks Bantimurung been equipped with other facilities such as games flying fox , a mosque , a rented house , swimming pool or if you want to feel the atmosphere of a picnic with a stretch tikar also available .
F. Metode Pembelajaran
Discovery Based Learning
Model Pembelajaran Integrated Reading and Composition)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/1
Materi pokok : Teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan prilaku santun dan perduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8 Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9 Menyunting teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk komunikasi internasional.
2. Memiliki sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membuat descriptive text.
3. Menemukan arti setiap kalimat dan Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks deskriptif tentang tempat wisata dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
4. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan terlebih dahulu mencari kata kunci dan sub kata kunci suatu paragrap
5. Menyusun teks deskriptif tulis sederhana tentang tempat wisata dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks berdasarkan kata kunci dan sub kata kunci.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui proses membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks deskripsi tulis sederhana tentang tempat wisata dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
2. Melalui proses membaca, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menyusun teks deskripsi sederhana tentang tempat wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan secara benar sesuai dengan konteks.
E. Materi Pembelajaran : Teks desriptif tulis sederhana
B A N T I M U R U N G
Everyone would happy when they hear the word holiday. They sometimes desire to enjoy the holidays with family or friends. One of the most favorite place for visiting is Bantimurung or better known as Nature Bantimurung. Bantimurung natural tourism area is located in the province of South Sulawesi , Makassar precisely in Maros regency , district Bantimurung . From the center of Maros , the journey to our natural tourism area Bantimurung about 15 km or about 40 miles from the city of Makassar . This area has been the hallmark of the Maros district itself. In Bantimurung, you aren’t only enjoy your time by see many butterflies floating in the nature but also you can breathe the fresh air, see the panoramic view and variety of natural beauty such as karst and caves .
Visiting this place, you will see the words " Bantimurung National Park Bulusaraung " in the towering cliffs. It is marking us closer to the nature . Shortly after, it appeares a welcome gate size replica of the butterfly-shaped and afterwards there is a statue of a monkey which greatly adds to the main attraction on Bantimurung Nature .Bantimurung area is nature 's " extraordinary " beauty . No exaggeration when we say this, because the butterfly that has rare encounter still can fly freely around us . In fact , According to Wikipedia.com , there are approximately 250 species of butterflies have been found in the region Bantimurung . Thus , it is appropriate if the researcher named Alfred Russel Wallace from England called Bantimurung as the royal butterfly ( The Kingdom of Butterfly ) . Not only the beauty of the butterfly is interesting . Scenic waterfall and the cool water was an idol object that can invite the audience for visiting natural attractions. Besides the well encountered, a waterfall staircase will take us to see how the water falls down with the swift and distance less than 800 m. we also can find a cave called the cave dream .National Parks Bantimurung been equipped with other facilities such as games flying fox , a mosque , a rented house , swimming pool or if you want to feel the atmosphere of a picnic with a stretch tikar also available .
F. Metode Pembelajaran
Discovery Based Learning
Model Pembelajaran Integrated Reading and Composition)
A.
Langkah-langkah
pembelajaran
NO
|
TAHAPAN
|
ALOKASI WAKTU
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
Ket.
|
1
|
Kegiatan Pendahuluan
|
20 menit
|
Berdoa sebelum kegiatan belajar mengajar
dimulai
Mengecek kehadiran siswa (Presensi)
Apersepsi dan motivasi
Menyiapkan alat-alat yang akan
digunakan dalam kegiatan belajar mengajar
Secara lisan bertanya tentang hal-hal
yang berhubungan dengan materi prasayarat
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai .
|
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
50
|
Mengamati
· Siswa membaca deskripsi
tempat wisata yang terdapat dalam tayangan
· Siswa
belajar menemukan kata
kunci, sub kata kunci, gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu
Menanya
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain berapa banyak kata
kunci dan sub kata kunci yang akan di cari
· siswa akan menemukan
gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
deskriptif tentang
tempat wisata.
Mengasosiasi
· Siswa menghubungkan
kata kunci dan sub kata kuncinya menjadi beberapa kalimat
· Siswa mendiskusan
dgn teman kelompok kata kunci dan sub kata kunci yang di perolehnya
· Siswa
memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap
yang dia sampaikan
mengeksperimenting
· Siswa melaporkan
hasil yang didapat pada tahap mengamati dan hasil tersebut ditanggapi oleh
siswa yang lain
·
Siswa
dapat saling berbagi pengetahuan tentang hasil yang diperolehnya
Mengkomunikasikan / networking
· Menyampaikan hasil yang
diperoleh pada tahap eksperimenting tentang gambaran tempat wisata yang telah di tayangkan.
· Siswa
membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman dalam
menggambarkan tempat wisata dan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala
yang dialami(learning journal).
|
|
3
|
KEGIATAN
AKHIR
|
20
|
· memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Thank you very much
for your participation. You did a good job today, I’m very happy with your
activity in the class. How about you, did you enjoy the lesson today? By the
way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your
problem and your success during my class in your journal,
· melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas kelompok
· menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
B.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Power Point
Presentation, gambar
2. Alat : Laptop, LCD, kamus
bahasa inggris
3. Sumber
Belajar
: Suara guru
C.
Penilaian Proses
dan Hasil belajar
1.
Penilaian proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan
dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2.
Penilaian Hasil belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Menemukan kata kunci dan sub kata
kunci dalam bacaan
|
Tes tertulis
|
Kosakata
|
1. Carilah kata kunci dan sub kata kunci yang berhubungan dengan cirri
khas suatu tempat wisata yang ada dalam bacaan
|
2.
Mengetahui
fungsi social dan struktur descriptive
text
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2. Jelaskan fungsi
social dan struktur descriptive
text
|
3.
Mengetahui
kaidah descriptive text
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
3. Sebutkan kaidah kaidah teks descriptive
|
4.
Memproduksi descriptive text secara tertulis
|
Unjuk kerja
|
Keterampilan tertulis
|
4. Pilihlah salah satu
tempat wisata yang kamu pernah datangi dengan teman kelompokmu, Kemudian buatlah descriptive text dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan
|
Penugasan
Membuat sebuah teks descriptive bertemakan tempat
wisata yang ada disekeliling siswa atau yang pernah mereka datangi dengan
menuliskan gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan unsur kebahasaan
Kunci
Jawaban
1.
Kata kunci bacaan dan sub kata
kunci :
-
Butterflies (replica of butterfly
shaped, species, )
- Fresh air, (cool water, tree, mountain)
- Panoramic view (mountain spring, monkey
statue, scenic waterfall, stair case,
cave dream )
2.
- Social function of descriptive teks is
describe particular person or thing
-
Struktur descriptive text
a. Identification
= (mention the special participant)
b.
Description
= (mention
the part, quality, and characteristics of the subject being desribed)
3. Kaidah descriptive text
a.
Menggunakan
adverb (enjoy, freely, easily,)
b.
Menggunakan
linking verbs / relating verbs ( the area is nature)
c.
Menggunakan
simple present tense ( we desire to enjoy the holiday)
Pedoman
Penskoran
1.
Soal
nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa memberi 3 kata
kunci
|
15
|
Siswa menjawab
benar 1
|
5
|
SKOR MAKSIMAL
|
15
|
2.
soal
nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa memberi
penjelasan funsi social teks descriptive
|
5
|
Siswa
menjawab benar 2 generic structure
|
10
|
Siswa
menjawab benar 1 generic structure
|
5
|
SKOR
MAKSIMAL
|
20
|
3. soal
nomor 3
|
|
Aspek
|
Skor
|
Siswa memberi
3 kaidah
|
15
|
Siswa menjawab
benar 1
|
5
|
SKOR
MAKSIMAL
|
15
|
4.
Tugas
nomor 4
Aspek
|
Skor
|
Siswa
menjawab benar semua
|
8
|
Siswa
menjawab benar 3
|
6
|
Siswa
menjawab benar 2
|
4
|
SKOR
MAKSIMAL
|
8
|
Aspek penilaian writing
No
|
Kunci/Kriteria
jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
·
Amat memahami; amat
luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·
Memahami; luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan
kutipan, meskipun kurang terinci.
·
Memahami secara
terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·
Tidak memahami isi;
tidak mengena.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
27
– 30
22
– 26
17
– 21
13
– 16
|
2.
|
Organisasi
· Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis;
kohesi amat tinggi.
· Teratur dan rapi; jelas;
banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
· Kurang teratur dan rapi; kurang
jelas; kurang gagasan; urutan kurang
logis; kohesi kurang tinggi.
· Tidak teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18
–20
14
– 17
10
– 13
7
- 9
|
3.
|
Kosakata
dan Diksi
· Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata amat tepat.
· Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang
tepat.
· Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata kurang tepat.
· Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai
kata-kata.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
18
–20
14
– 17
10
– 13
7
- 9
i.
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
· Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan
penyusunan kalimat dan kata-kata.
· Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata
bahasa tanpa mengaburkan makna.
· Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata
bahasa yang mengaburkan makna.
· Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
22
– 25
18
– 21
11
– 17
5
- 10
|
PORTOFOLIO
Rubriks
Portofolio (Format 1)
Nama Siswa : ________________________________________
Kelas :
_______________________________________
Guru : ________________________________________
NO
|
Kriteria Nilai Aspek
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada
kumpulan catatan kemajuan belajar
|
5 kriteria terpenuhi
|
4 Kriteria terpenuhi
|
3 Kriteria terpenuhi
|
≤ 2 kriteria
terpenuhi
|
2.
|
Ada rekaman
monolog
teks deskriptif
|
||||
3.
|
Ada kumpulan
karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
|
||||
4.
|
Ada kumpulan
hasil tes dan latihan.
|
||||
5.
|
Ada catatan
penilaian diri dan penilaian sejawat
|
Format 2
KRITERIA
|
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak
Jelas
Pelaksanaannya
|
Beberapa Kegiatan
Jelas dan
Rinci
|
Semua
Jelas dan Rinci
|
Role Play
|
Membaca script, kosa
kata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar dan kosa kata
dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar mencapai
fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Menyunting Teks
|
Penggunaan kata,
kalimat, dan struktur tidak sesuai
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat
|
Fungsi sosial
tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi
|
Penilaian Diri : Bentuk: Jurnal Belajar
Contoh
Format:
My
Learning Journal
Name:
_________________
|
A
summary of what I have covered:
|
Things
I am still not sure of:
|
What
do I need to do to overcome these uncertainties?
|
Things
I have learned successful today:
|
Penilaian Sejawat : Berupa
komentar
Share Yuk
No comments:
Post a Comment