MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / PROGRAM : XII / IPA dan IPS
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Indikator : Mendeskripsikan makna Ideologi Terbuka
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan makna dan peranan Ideologi Negara
2. Menjelaskan hakikat dan fungsi Ideologi Negara
3. Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara
II. Materi Pembelajaran
PANCASILA sebagai IDEOLOGI TERBUKA
1. Makna Ideologi Terbuka
2. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
III. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Tanya jawab
3. Informasi
4. Diskusi
IV. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam,mengabsen dam memeriksa kesiapan siswa
Pendidikan Karakter : Nilai Ketuhanan ,Cinta tanah air
2. Apersepsi: Mempertanyakan tentang pedoman suatu Negara dalam melakukan tatanan/kegiatan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita Negara
3. Motivasi: Jelaskan pengertian Ideologi Negara?
Jawabnya: Ideologi Negara adalah seperangkat nilai,ide dan cita-cita beserta pedoman dan metode melaksanakan/mewujudkannya
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Siswa ditugaskan membaca buku sumber/bahan ajar mengenai makna Ideologi Terbuka
b. Siswa menemukan sendiri tentang:
1. Pengertian Ideologi Terbuka
2. Peranan,hakikat dan fungsi Ideologi Terbuka
3. Macam-macam Ideologi
c. Guru secara acak menunjuk siswa untuk menyampaikan apa yang telah ditemukan
Pendidikan Karakter : Menghargai,tanggungjawab
2. Elaborasi
Guru memberikan penguatan mengenai yang telah ditemukan siswa
Pendidikan Karakter : Menghargai,disiplin
3. Konfirmasi
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
Pendidikan Karakter : Kerja sama,menghargai pendapat orang lain
C. Kegiatan Akhir
1. Refleksi: Guru bersama siswa merenungkan tentang materi yang telah diberikan
2. Guru menguji ketercapaian indikator dengan mengajukankan beberapa pertanyaan
3. Guru memberikkan tugas:
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
V. Kelengkapan Pembelajaran
1. Media: Chart berupa peta konsep
2. Sumber Belajar:
a. Budiyanto.2005.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas XI,Jakarta:Penerbit Erlangga hal 136-140
b. Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas XII,Jakarta:Penerbit Erlangga hal 2-28
c. Purwanto,Bambang Tri.2010.Kewarganegaraan 3 untuk kelas XII SMA dan MA,Surakarta:Penerbit Tiga Serangkai hal 3-6
d. Suprapto,dkk.2007.Pendidikan Kewarganegaraa untuk SMA/MA kelas XII,Jakarta:Penerbit Bumi Aksara hal 5-11
KELAS / PROGRAM : XII / IPA dan IPS
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 menit ( 1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Indikator : Mendeskripsikan makna Ideologi Terbuka
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,diharapkan siswa dapat:
1. Menjelaskan makna dan peranan Ideologi Negara
2. Menjelaskan hakikat dan fungsi Ideologi Negara
3. Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara
II. Materi Pembelajaran
PANCASILA sebagai IDEOLOGI TERBUKA
1. Makna Ideologi Terbuka
2. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
III. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Tanya jawab
3. Informasi
4. Diskusi
IV. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Mengucapkan salam,mengabsen dam memeriksa kesiapan siswa
Pendidikan Karakter : Nilai Ketuhanan ,Cinta tanah air
2. Apersepsi: Mempertanyakan tentang pedoman suatu Negara dalam melakukan tatanan/kegiatan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita Negara
3. Motivasi: Jelaskan pengertian Ideologi Negara?
Jawabnya: Ideologi Negara adalah seperangkat nilai,ide dan cita-cita beserta pedoman dan metode melaksanakan/mewujudkannya
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. Siswa ditugaskan membaca buku sumber/bahan ajar mengenai makna Ideologi Terbuka
b. Siswa menemukan sendiri tentang:
1. Pengertian Ideologi Terbuka
2. Peranan,hakikat dan fungsi Ideologi Terbuka
3. Macam-macam Ideologi
c. Guru secara acak menunjuk siswa untuk menyampaikan apa yang telah ditemukan
Pendidikan Karakter : Menghargai,tanggungjawab
2. Elaborasi
Guru memberikan penguatan mengenai yang telah ditemukan siswa
Pendidikan Karakter : Menghargai,disiplin
3. Konfirmasi
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah diberikan
Pendidikan Karakter : Kerja sama,menghargai pendapat orang lain
C. Kegiatan Akhir
1. Refleksi: Guru bersama siswa merenungkan tentang materi yang telah diberikan
2. Guru menguji ketercapaian indikator dengan mengajukankan beberapa pertanyaan
3. Guru memberikkan tugas:
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
V. Kelengkapan Pembelajaran
1. Media: Chart berupa peta konsep
2. Sumber Belajar:
a. Budiyanto.2005.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas XI,Jakarta:Penerbit Erlangga hal 136-140
b. Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas XII,Jakarta:Penerbit Erlangga hal 2-28
c. Purwanto,Bambang Tri.2010.Kewarganegaraan 3 untuk kelas XII SMA dan MA,Surakarta:Penerbit Tiga Serangkai hal 3-6
d. Suprapto,dkk.2007.Pendidikan Kewarganegaraa untuk SMA/MA kelas XII,Jakarta:Penerbit Bumi Aksara hal 5-11
Untuk Instrumen Tes Baca: Soal dan Pembahasan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Share Yuk
No comments:
Post a Comment