Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : X / Satu
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok HAM
Materi Pokok : Kasus pelanggaran HAM
Alokasi Waktu : 2 x 2 JP ( 2 x pertemuan )
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,damai),santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
2.1 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara
2.3 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal UUD 1945 dalam berbagai aspek
kehidupan ideologi,politik,ekonomi,sosial budaya.
3.1 Menghayati kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
4.1 Menyajikan kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
Indikator
1. Menyebut beberapa kasus pelanggaran HAM
2. Menjelaskan pengertian HAM
3. Menguraikan penggolongan HAM
4. Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia,nilai-nilai Pancasila,UUD NRI tahun 1945,UU no 39 tahun 1999
5. Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
6. Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
7. Memgamati data kasus-kasus pelanggaran HAM
8. Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
9. Menyajian hasil laporan
Melalui proses mencari informasi,menanya dan berdiskusi peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian HAM
2. Menguraikan penggolongan HAM
Pertemuan Kedua
3. Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
4. Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia,nilai-nilai Pancasila,UUD NRI 1945,UU no 39 tahun 1999
5. Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
Melalui proses mencoba,mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1. Mengamati data kasus-kasus pelanggaran HAM
2. Mengolah data keterkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
3. Menyajikan data laporan
Materi Pembelajaran
Fakta :
1. Kasus pelanggrana HAM di Indonesia
2. Kasus pelanggaran HAM di lingkungan setempat
Konsep:
1. Pengertian HAM
2. Penggolongan HAM
3. Pelanggaran HAM
Prinsip :
1. Piagam HAM sedunia (The Universal declaration of Human Rights)
2. Nilai-nilai Pancasila
3. UUD 1945 NRI
4. UU no 39 tahun 1999 tentang HAM
Metode Pembelajaran
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan : Saintifik
3. Metode : a. Pengamatan
b. Diskudi kelompok
c. Presentasi
d. Penugasan
Alat/Media/Bahan
1. Alat : Surat kabar,majalah dan media massa lainnya
2. Media : Kliping pembelajaran tentang kasus pelanggaran HAM
3. Bahan ajar: Buku PPKN kelas X,UUD 1945,UU no 39 tahun 1999 dan the Universal
Declaration of Human Rights
Rincian kegiatan Waktu
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
2. Apersepsi : bertanya pada peserta didik contoh kasus pelanggaran HAM yang diketahui
3. Motivasi : menjelaskan pelanggaran HAM juga yang bertentangan dengan ketentuan berbagai agama
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Melaksanakan pretes lisan tentang pelanggaran HAM 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1. Membaca berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
2. Membaca buku teks dan sumber lainnya sesuai dengan materi pembelajaran
Menanya
1. Siswa mengajukan pertanyaan pengertian dan penggolongan HAM serta sebab-sebab kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
1. Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungan terkait dengan kasus pelenggaran HAM di Indonesia
2. Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
1. Mencari hubungan pelanggaran HAM dan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
2. Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan nilai-nila Pancasila dan pasal-pasal UUD 1945 dan UU no 39 tahun 1999
3. Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan Piagam HAM Internasional ( The Universal Declaration of Human Rights)
Mengkomunikasikan
1. Mempresentasikan hasil analisis tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan,tulisan,gambar atau media lainnya 60 menit
Kegiatan Penutup
1. Bersama peserta didik menyimpulkan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. Memberikan tugas mengamati kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional
3. Melaksanakan postes lisan 15 menit
Pertemuan Kedua
Rincian kegiatan Waktu
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
2. Apersepsi : merefleksi pembahasan pengertian HAM dan pelanggaran HAM di Indonesia
3. Menagih dan mengingatkan tugas minggu sebelumnya untuk mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Melaksanakan pretes lisan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1. Mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar
2. Mendengar,melihat dan menyimak berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dari berbagai sumber
3. Mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di dunia Internasional
Menanya
1. Siswa mengajukan pertanyaan contoh-contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan di Indonesia dan dunia Internasional
2. Siswa mengajukan pertanyaan sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan di dunia Internasional
Mengekspreimenkan/mengeksplorasi kan
1. Menentukan sumber data akurat yang adaa di lingkungannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional
Mengasosiasikan
1. Mencari hubungan pelanggaran HAM yang yang terjadi di sekolah dan masyarakat sekitarnya dengan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD 1945 serta UU no 39 / 1999
2. Mencari hubungan pelanggaran HAM di dunia Internasional dengan pelaksanaan Universal Declaration of Human Right(piagam PBB) dan intrumen HAM lainnya
Mengkomunikasikan
1. Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan dunia Internasional
2. Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan,tulisan,gambar atau media lainnya
60 menit
Kegiatan Penutup
1. Bersama peserta didik menyimpulkan macam kasus pelanggaran HAM d I Indonesia dan dunia Internasional
2. Memberikan tugas mencari video tentang upaya penegakan,perlindungan dan pemajuan HAM di Indonesia
3. Melaksanakan postes lisan 15 menit
Penilaian
1. Tugas
a. Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia,lingkungan sekolah dan sekitarnya dan di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
b. Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan dan penugasan
c. Membuat laporan hasil pengamatan dan penugasan
d. Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas(format presentasi terlampir
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
3. Portofolio
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggran HAM yang terjadi di Indonesia,dalam kehidupan lingkungan sekolah dan mayarakat sekitarnya serta di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran HAM
Sumber / Referensi:
1. Buku pegangan kurikulum 2013
2. Buku PPKn kelas X
3. Pancasila dan UUD 1945
4. The Universal Declaration of Human Rigts. Untuk Soal Soal Penilaian dan Rubrik Penilaian Bisa di Baca di : Soal KWn tentang Pelanggaran HAM dan Rubrik Penilaiannya
Kelas / Semester : X / Satu
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok HAM
Materi Pokok : Kasus pelanggaran HAM
Alokasi Waktu : 2 x 2 JP ( 2 x pertemuan )
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,damai),santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.2.1 Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara
2.3 Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal UUD 1945 dalam berbagai aspek
kehidupan ideologi,politik,ekonomi,sosial budaya.
3.1 Menghayati kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
4.1 Menyajikan kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
Indikator
1. Menyebut beberapa kasus pelanggaran HAM
2. Menjelaskan pengertian HAM
3. Menguraikan penggolongan HAM
4. Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia,nilai-nilai Pancasila,UUD NRI tahun 1945,UU no 39 tahun 1999
5. Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
6. Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
7. Memgamati data kasus-kasus pelanggaran HAM
8. Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
9. Menyajian hasil laporan
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan PertamaMelalui proses mencari informasi,menanya dan berdiskusi peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian HAM
2. Menguraikan penggolongan HAM
Pertemuan Kedua
3. Mengungkapkan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM
4. Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia,nilai-nilai Pancasila,UUD NRI 1945,UU no 39 tahun 1999
5. Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
Melalui proses mencoba,mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1. Mengamati data kasus-kasus pelanggaran HAM
2. Mengolah data keterkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
3. Menyajikan data laporan
Materi Pembelajaran
Fakta :
1. Kasus pelanggrana HAM di Indonesia
2. Kasus pelanggaran HAM di lingkungan setempat
Konsep:
1. Pengertian HAM
2. Penggolongan HAM
3. Pelanggaran HAM
Prinsip :
1. Piagam HAM sedunia (The Universal declaration of Human Rights)
2. Nilai-nilai Pancasila
3. UUD 1945 NRI
4. UU no 39 tahun 1999 tentang HAM
Metode Pembelajaran
1. Strategi : PBL
2. Pendekatan : Saintifik
3. Metode : a. Pengamatan
b. Diskudi kelompok
c. Presentasi
d. Penugasan
Alat/Media/Bahan
1. Alat : Surat kabar,majalah dan media massa lainnya
2. Media : Kliping pembelajaran tentang kasus pelanggaran HAM
3. Bahan ajar: Buku PPKN kelas X,UUD 1945,UU no 39 tahun 1999 dan the Universal
Declaration of Human Rights
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan PertamaRincian kegiatan Waktu
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
2. Apersepsi : bertanya pada peserta didik contoh kasus pelanggaran HAM yang diketahui
3. Motivasi : menjelaskan pelanggaran HAM juga yang bertentangan dengan ketentuan berbagai agama
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Melaksanakan pretes lisan tentang pelanggaran HAM 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1. Membaca berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
2. Membaca buku teks dan sumber lainnya sesuai dengan materi pembelajaran
Menanya
1. Siswa mengajukan pertanyaan pengertian dan penggolongan HAM serta sebab-sebab kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
1. Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungan terkait dengan kasus pelenggaran HAM di Indonesia
2. Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengasosiasikan
1. Mencari hubungan pelanggaran HAM dan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
2. Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan nilai-nila Pancasila dan pasal-pasal UUD 1945 dan UU no 39 tahun 1999
3. Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan Piagam HAM Internasional ( The Universal Declaration of Human Rights)
Mengkomunikasikan
1. Mempresentasikan hasil analisis tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan,tulisan,gambar atau media lainnya 60 menit
Kegiatan Penutup
1. Bersama peserta didik menyimpulkan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. Memberikan tugas mengamati kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional
3. Melaksanakan postes lisan 15 menit
Pertemuan Kedua
Rincian kegiatan Waktu
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan peserta didik tentang: a. imtaq b. peduli lingkungan c. disiplin d. administrasi
2. Apersepsi : merefleksi pembahasan pengertian HAM dan pelanggaran HAM di Indonesia
3. Menagih dan mengingatkan tugas minggu sebelumnya untuk mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Melaksanakan pretes lisan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya 15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1. Mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar
2. Mendengar,melihat dan menyimak berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dari berbagai sumber
3. Mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi di dunia Internasional
Menanya
1. Siswa mengajukan pertanyaan contoh-contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan di Indonesia dan dunia Internasional
2. Siswa mengajukan pertanyaan sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan di dunia Internasional
Mengekspreimenkan/mengeksplorasi kan
1. Menentukan sumber data akurat yang adaa di lingkungannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan dunia Internasional
Mengasosiasikan
1. Mencari hubungan pelanggaran HAM yang yang terjadi di sekolah dan masyarakat sekitarnya dengan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD 1945 serta UU no 39 / 1999
2. Mencari hubungan pelanggaran HAM di dunia Internasional dengan pelaksanaan Universal Declaration of Human Right(piagam PBB) dan intrumen HAM lainnya
Mengkomunikasikan
1. Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan dunia Internasional
2. Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan,tulisan,gambar atau media lainnya
60 menit
Kegiatan Penutup
1. Bersama peserta didik menyimpulkan macam kasus pelanggaran HAM d I Indonesia dan dunia Internasional
2. Memberikan tugas mencari video tentang upaya penegakan,perlindungan dan pemajuan HAM di Indonesia
3. Melaksanakan postes lisan 15 menit
Penilaian
1. Tugas
a. Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia,lingkungan sekolah dan sekitarnya dan di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
b. Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan dan penugasan
c. Membuat laporan hasil pengamatan dan penugasan
d. Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas(format presentasi terlampir
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
3. Portofolio
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggran HAM yang terjadi di Indonesia,dalam kehidupan lingkungan sekolah dan mayarakat sekitarnya serta di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara(format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran HAM
Sumber / Referensi:
1. Buku pegangan kurikulum 2013
2. Buku PPKn kelas X
3. Pancasila dan UUD 1945
4. The Universal Declaration of Human Rigts. Untuk Soal Soal Penilaian dan Rubrik Penilaian Bisa di Baca di : Soal KWn tentang Pelanggaran HAM dan Rubrik Penilaiannya
Share Yuk
No comments:
Post a Comment