Jenis Jenis Risiko dalam Berinvestasi Berdasarkan Sifat

   
Investasi adalah kegiatan 'pertaruhan'. Ada risiko yang menunggu investor dan di samping ada return yang akan didapatkan oleh investor. Berdasarkan sifat risiko, ada 3 macam risiko dalam berinvestasi yang harus anda ketahui.

Sytematic Risk

Pengertian dari Sytematic Risk atau sitematik risiko adalah keseluruhan risiko yang tak bisa di-disversifikasikan atau yang sifatnya memiliki pengaruh secara keseluruhan. Jenis risiko ini juga dikenal dengan istilah market risk.

Dalam istilah lain, bisa juga disebut sebagai undiversifiable risk yang mana faktor risiko secara keseluruhan oleh pasar makro. Sayangnya jenis risiko ini tak bisa dikontrol oleh investor, karena sifatnya global dan menyeluruh. Contoh Sytematic Risk ini adalah krisis yang pernah dialami asia pada tahun 1997, krisis dunia pada tahun 2008.

Unsytematic Risk

Macam jenis risiko kedua berdasarkan sifatnya adalah Unsytematic Risk. risiko ini tidak menyeluruh, hanya berdampak pada satu atau beberapa perusahaan yang terkait.

Dalam istilah lain Unsytematic Risk ini disebut juga dengan Specific Risk atau risiko spesifik. Harga saham perusahaan yang terkait saja yang mengalami perubahan signifikan.

Faktor penyebab risiko ini secara umum berasal dari dalam perusahaan tersebut. Contoh pengambilan keputusan manajemen, daya saing perusahaan dan kinerja karyawan.

Total Risk

Total risk bisa diartikan sebagai akumulasi semua risiko. Sederhananya ini adalah gabungan dari dua jenis risiko sebelumnya.

Secara matematis, bisa dijelaskan: 
ToTal Risk= Sytematic + Unsytematic
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment