1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Satuan Pendidikan : SMA XXX
b. Mata Pelajaran : GEOGRAFI
c. Kelas : X ( Sepuluh )
d. Semester : 1 Satu )
e. Program : Umum
f. Pokok bahasan : Teori lempeng tektonik
g. Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan ( pertemuan ke dua )
2. STANDAR KOMPETENSI
Memahami sejarah pembentukan bumi
3. KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan tata surya dan jagat raya.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
• Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran siswa dapat menguasai kopetensi sebagai berikut :
• Mampu menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
• Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami
6. MATERI AJAR
Pada mulanya, bumi terdiri atas satu daratan yang disebut Pangea, kemudian mengalami perkembangan hingga menjadi benua-benua seperti sekarang ini.
a. Satuan Pendidikan : SMA XXX
b. Mata Pelajaran : GEOGRAFI
c. Kelas : X ( Sepuluh )
d. Semester : 1 Satu )
e. Program : Umum
f. Pokok bahasan : Teori lempeng tektonik
g. Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan ( pertemuan ke dua )
2. STANDAR KOMPETENSI
Memahami sejarah pembentukan bumi
3. KOMPETENSI DASAR
Mendiskripsikan tata surya dan jagat raya.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
• Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami
5. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran siswa dapat menguasai kopetensi sebagai berikut :
• Mampu menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
• Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami
6. MATERI AJAR
Pada mulanya, bumi terdiri atas satu daratan yang disebut Pangea, kemudian mengalami perkembangan hingga menjadi benua-benua seperti sekarang ini.
Diseluruh permukaan bumi terdiri atas lempeng-lempeng yang selalu bergerak dengan kecepatan masing-masing
Gerak lempeng tektonik dibadakan atas 2 macam :
• Gerak divergen
• Gerak konvergen
Sedikitnya ada 16 lempeng, seperti pada peta dibawah ini.
Tumbukan antar lempeng, dapat mengakibatkan terjadinya gunung api. Dan akibat dari pergerakan lempeng tersebut, terjadilah getaran yang hebat yang disebut gempa bumi.
7. ALOKASI WAKTU
1 x pertemuan ( 45 menit )
8. METODE PEMBELAJARAN
.Problem Based Learning meliputi
1. Tanya Jawab
2. Diskusi
3. Penugasan yang disimulasikan.
. Examples Non Examples
Dalam penjelasan guru mengambil beberapa contoh fenomena kehidupan yang relevan dengan kompetensi dasar yang ditampilkan lalu dibahas dan didiskusikan
9. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Sekenario Pembelajran
Dalam pengusaan kompetensi dilakukan tiga tahapan kegiatan pembelajaran :
1. Penjelasan Konsep substansi materi melalui Tatap Muka (35 menit)
2. Menyelesaikan Tugas Struktural (10 menit)
3. Menyelesaikan Tugas Mandiri non struktural (60% x 90 menit)
Tatap
Muka ( 65 menit)
No
|
Kegiatan
Proses Pembelajarana
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan Awal /
Pendahuluan :
Guru Melakukan
apresiasi : Berdo’a bersama dipimpin oleh ketua kelas/yang mewakili
|
10 menit
|
Pendataan siswa
untuk mengecek kehadiran dan pengecekan pemasangan laptop, LCD proyektor dan
koneksi jaringan internet.
|
||
Pretest: Dengan
menggunakan alat peraga globe ( tiruan bola bumi ), guru mengadakan tanya
jawab dengan siswa tentang fenomena geografi berupa benua-benua dan samudera
yang terbentang di permukaan bumi, kemudian siswa menanggapi pertanyaan dari
guru. Secara tidak langsung siswa sudah siap untuk menerima materi
pembelajaran yang akan disampaikan
guru.
Guru kemudian
menyampaikan kompetensi-kompetensi yang akan dicapai,yang harus dikusai setelah selesai pembelajaran materi
tersebut.
|
||
2
|
Kegiatan inti :
Sekenario
Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode “Problem Based Learning dan Examples Non-
Examples”
|
25 menit
|
Langkah pertama:
a.
Siswa dikelompokan,
setiap kelopok 2 siswa
b.
Tugas setiap kelompok
memberikan tanggapan,argumentasi dan pendapat,serta menunjuk salah seorang
pembicara dari kelompok masing-masing.
|
||
Langkah kedua :
|
||
a.
Guru menampilkan materi
melalui LCD tentang “Teori lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran
gunung api ”.Agar anak dapat memahami substansi materi secara keseluruhan,
guru kembali melakukan Tanya jawab tentang fenomena alam pada globe.
b.
Melalui Tanya jawab dan
tayangan LCD guru memberi penjelasan tentang perkembangan bumi dari satu daratan
hingga terbentuk benua-benua seperti sekarang ini.
c.
Tayangan tampilan contoh
fenomena sesuai urutan substansi materi
·
Gerakan lempeng tektonik (divergen dan konvergen),
penyebab terjadinya gerakan lempeng dan kaitannya dengan pembentukan gunung
api.
·
Daerah-daerah
persebaran gunung api serta daerah-daerah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami
d.
Setiap tampilan contoh
fenomena, guru memberikan penjelasan, dan setiap kelompok diberikan
kesempatan mengamati dan memberikan tanggapan.
e.
Pada akhir kegiatan inti,
guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum
dipahami.
|
||
3
|
Penutup tatap muka
|
10 menit
|
|
10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Kisi-Kisi
Penilaian
No
|
Kompetensi Dasar / Indikator
|
Bahan Kelas / semester
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk Tes
|
No. Soal
|
1
|
Mendiskripsikan
tata surya dan jagat raya..
·
Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya
dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
·
Menyimpulkan daerah-daerah yang berpotensi terjadi gempa bumi dan tsunami
|
X/ 1
|
Teori
lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
|
·
Siswa mampu menjelaskan factor
yang menyebabkan terjadinya gerakan lempeng.
·
Siswa mampu menyebutkan
nama-nama lempeng di permukaan bumi.
·
Siswa mampu menunjukkan arah
pergerakan lempeng litosfer.
·
Siswa mampu mendiskripsikan
terjadinya pegunungan Himalya.
·
Siswa dapat menunjukkan pada
peta daerah-daerah yang rawa gempa dan berpotensi tsunami.
|
Essay
|
1
2
3
4
5
|
INSTRUMEN TES
Satuan
Pendidikan : SMAN 47 JAKARTA Alokasi Waktu : 10 menit +
30 menit
Mata
Pelajaran : Geografi Jumlah soal
: 4 Essay + 1 TMTT
Kurikulum : KTSP Penulis :
Dra Pudyastuti
Indikator
soal
|
Nomor Soal
|
Butir
Soal
|
Siswa mampu menjelaskan faktor yang
menyebabkan terjadinya gerakan lempeng.
|
1
|
Faktor apakah
yang menyebakan terjadinya gerakan lempeng litosfer , beri penjelasan !
|
Siswa mampu menyebutkan nama-nama lempeng
di permukaan bumi
|
2
|
Tuliskan nama-nama lempeng yang diberi nomor !
|
Siswa mampu menunjukkan arah pergerakan lempeng litosfer
|
3
|
Tentukan arah gerakan lempeng di samudera Pasifik dan Hindia
dengan membubuhkan tanda panah pada peta dibawah ini.
|
Siswa mampu mendiskripsikan terjadinya
pegunungan Himalya.
|
4
|
Jelaskan terjadinya pegunungan
|
Siswa dapat menunjukkan pada peta
daerah-daerah yang rawa gempa dan berpotensi tsunami.
|
5
|
Buat peta dunia pada kertas ukuran A3,
arsir daerah-daerah yang rawan gempa dan berpotersi tsunami.
|
INSTRUMEN PENILAIAN
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor Max
|
Pedoman Penskoran
|
1
|
Terjadinya gerakan
lempeng disebabkan oleh karena panas yang
berasal dari panas yang sangat hebat dalam inti bumi. Panas ini
menyebabkan batuan yang ada dalam lapisan mantel mencair menjadi magma.
Ketika magma panas mengembang ,magma naik dan mendorong lempeng menjauh dari
lempeng lain. Dan ketika magma menjadi dingin magma mengerut dan menyebabkan
lempeng mendekat dengan lempeng lain.
|
8
|
SP
NP = -----
JSM
|
|
Jumlah Skor Maksimum ( JSM )
|
8
|
|
2
3
|
.
|
4
4
|
|
|
Jumlah skor maksimum (JSM)
|
8
|
|
4
|
Pegunungan Himalaya terjadi karena adanya tumbukan lempeng, yaitu
lempeng
|
8
|
|
|
Jumlah Skor Maksimum ( JMS )
|
8
|
|
5
|
Daerah –daerah rawan gempa
bumi.( yang berwarna merah )
|
8
|
TMTT
|
Penilaian
Afektif Pada saat Jam Tatap muka
Penilaian pengamatan yang di lakukan guru pada saat jam tatap muka untuk
mengetahui sikap siswa terhadap kompetensi dasar yang di ajarakan.
Penilaian untuk keaktifan siswa dalam
berdiskusi mengenai hidrosfer.
Penilaian berdasarkan pada rubrik
penilaian berikut ini.
Rubrik
Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal :
Topik diskusi/debat :
Nama Siswa :
.
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Kemampuan mengidentifikasi masalah
|
|
|
|
|
Kemampuan merumuskan masalah
|
|
|
|
|
Kemampuan menganalisis masalah
|
|
|
|
|
Kemampuan memecahkan masalah
|
|
|
|
|
Kerja sama dalam kelompok
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam
diskusi
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
11. SUMBER BELAJAR
·
Buku pegangan siswa : buku
geografi kelas X , Drs.Totok Gunawan MA, buku-buku yang relevan dan dari
Internet.
·
Buku pegangan guru :
1. DR.J.A Katili dan DR.P. Marks (1963), Geologi, Depertemen Urusan Research
Nasional Jakarta.
2.
Nursid Sumaatmadja, (1998) Studi Geografi, Bandung, Alumni.
3.
Buku-buku yang relevan.
Share Yuk
No comments:
Post a Comment