Satuan Pendidikan : SMAN Xxxx
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI/I
Alokasi waktu : 4 x 3 JP + UH (2 JP)
Standar Kompetensi:
1. Mendeskripsikan struktur atom dan sifat -sifat periodik unsur serta struktur molekul dan sifat - sifatnya.
Kompetensi Dasar:
1.1 Memahami Menerapkan teori atom mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta mengguna-kannya pada penentuan letak unsur dalam tabel periodik.
1.2 Menerapkan teori domain elektron untuk meramalkan bentuk molekul dan menjelaskan hubungan antar molekul dengan sifatnya.
Indikator:
1.1.1 Menjelaskan teori atom mekanik kuantum
1.1.2 Menjelaskan pengertian bilangan kuantum dan bentuk-bentuk orbital
1.1.3 Menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund dan Azas lara-ngan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital
1.1.4 Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik.
1.1.5 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron .
1.1.6 Menjelaskan perbedaan fisis (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hidrogen).
Alokasi Waktu:
9 X 45 Menit ( 3 kali pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran: setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diharapkan,siswa dapat:
Menjelaskan teori atom mekanika kuantum dengan benar.
Menjelaskan pengertian bilangan kuantum
Menggambarkan bentuk orbital dengan benar.
Menuliskan konfigurasi electron menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund, prinsip Aturan Hund dan azaz larangan Pauli
Menggambarkan diagram orbital berdasarkan konfigurasi electron.
Menentukan letak unsur dalam dalam sistem periodic
Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain electron dengan benar.
Menjelaskan perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hoidrogen).
Menjelaskan hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul
B. Materi Ajar :
Teori atom klasik dan teori atom moderen.
Pengertian billangan kuantum, bentuk orbital dan orientasi nya.
Prinsip Aufbau, azaz larangan Pauli dan aturan Hund untuk menuliskan konfigurasi electron dan diagram orbital.
Hubungan konfigurasi electron dengan system periodic.
Teori domain electron dan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hydrogen.
C. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran langsung
Metode : Kombinasi metode tanya jawab, diskusi dan informasi.
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XI/I
Alokasi waktu : 4 x 3 JP + UH (2 JP)
Standar Kompetensi:
1. Mendeskripsikan struktur atom dan sifat -sifat periodik unsur serta struktur molekul dan sifat - sifatnya.
Kompetensi Dasar:
1.1 Memahami Menerapkan teori atom mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta mengguna-kannya pada penentuan letak unsur dalam tabel periodik.
1.2 Menerapkan teori domain elektron untuk meramalkan bentuk molekul dan menjelaskan hubungan antar molekul dengan sifatnya.
Indikator:
1.1.1 Menjelaskan teori atom mekanik kuantum
1.1.2 Menjelaskan pengertian bilangan kuantum dan bentuk-bentuk orbital
1.1.3 Menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund dan Azas lara-ngan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital
1.1.4 Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik.
1.1.5 Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron .
1.1.6 Menjelaskan perbedaan fisis (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hidrogen).
Alokasi Waktu:
9 X 45 Menit ( 3 kali pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran: setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diharapkan,siswa dapat:
Menjelaskan teori atom mekanika kuantum dengan benar.
Menjelaskan pengertian bilangan kuantum
Menggambarkan bentuk orbital dengan benar.
Menuliskan konfigurasi electron menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund, prinsip Aturan Hund dan azaz larangan Pauli
Menggambarkan diagram orbital berdasarkan konfigurasi electron.
Menentukan letak unsur dalam dalam sistem periodic
Meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori domain electron dengan benar.
Menjelaskan perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hoidrogen).
Menjelaskan hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul
B. Materi Ajar :
Teori atom klasik dan teori atom moderen.
Pengertian billangan kuantum, bentuk orbital dan orientasi nya.
Prinsip Aufbau, azaz larangan Pauli dan aturan Hund untuk menuliskan konfigurasi electron dan diagram orbital.
Hubungan konfigurasi electron dengan system periodic.
Teori domain electron dan gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hydrogen.
C. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : Pembelajaran langsung
Metode : Kombinasi metode tanya jawab, diskusi dan informasi.
A.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1 (3 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
waktu
|
1
2.
3.
|
Pendahuluan.
Pra pembelajaran : mengambil absent siswa dan memeriksa
kesiapan siswa untuk mengikuti
pembelajaran.
Pendidikan berkarakter : nilai ketuhanan, cinta tanah air
Apersepsi : Kita sudah mempelajari perkembangan teori atom mulai dari teori atom
Dalton sampai teori atom Modern. Bagaimana prinsip dasar dari teori atom Bohr
?
Motivasi
Mengapa
bintang- bintang di langit tidak pernah bertabrakan atau jatuh ke matahari ?
Guru
menyampaikan pengetahuan prasyarat
model atom dari Bohr dan kedudukan elektron dalam atom dan indikator
pencapaian hasil belajar
Tujuan pembelajaran : Guru
menuliskan/menyebutkan tujuan pembelajaran dan menuliskan judul.
TP :
ü Menjelaskan
teori atom mekanika kuantum dengan benar.
ü Menjelaskan
pengertian bilangan kuantum
ü Menggambarkan
bentuk orbital dengan benar.
Kegiatan inti
EKSPLORASI
o
Guru memberikan informasi
Menjelaskan pendapat Schrodinger, De Broglie dan Heisenberg tentang
electron.
PK : saling menghormati,
o
Mendiskusikan pendapat para ahli tentang
teori atom mekanika kuantum (sebelumnya siswa diberi tugas baca di
rumah )
Pk: menghormati pendapat
orang lain. Berani mengeluarkan pendapat.
ELABORASI
o
Mendiskusikan tentang bilangan kuantum dan
bentuk orbital
PK : Berani mengeluarkan
pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
o
Tanya jawab tentang bilangan kuantum dan
bentuk orbital
o
Siswa mengerjakan contoh-contoh soal yang diberikan guru.
o
Pembahasan contoh soal
oleh siswa guru memberikan peneguhan
o
Guru dan siswa mendiskusikan bentuk molekul
PK : Berani mengeluarkan
pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
KONFIRMASI
o
Pembahasan Uji Pemahaman oleh siswa guru
memberikan peneguhan
Penutup.
|
5
menit
75 menit
25 menit
40 menit
10 menit
15 menit
|
Pertemuan 2
No.
|
Kegiatan
|
waktu
|
1
2.
3.
|
Pendahuluan.
Pra pembelajaran : mengambil absent siswa dan memeriksa
kesiapan siswa untuk mengikuti
pembelajaran.
Pendidikan berkarakter : nilai ketuhanan,cinta tanah air
Apersepsi : Membahas PR yang sulit.
Motivasi : Bagaimana elektron
tersusun dalam atom?
Pengetahuan prasyarat bilangan kuantum dan indikator pencapaian hasil belajar
Tujuan pembelajaran : Guru
menuliskan/menyebutkan tujuan pembelajaran dan menuliskan judul.
TP :
ü Menuliskan
konfigurasi electron menggunakan prinsip Aufbau, aturan Hund, prinsip Aturan
Hund dan azaz larangan Pauli
ü Menggambarkan
diagram orbital berdasarkan konfigurasi electron.
Kegiatan inti
EKSPLORASI
o
Mendiskusikan contoh soal yang berhubungan
dengan aturan Aufbau, aturan Hund dan Prinsip
Larangan Pauli
PK : Berani mengeluarkan
pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
o
Diskusi informasi tentang konfigurasi
elektron dan elektron valensi
PK : Berani mengeluarkan
pendapat ,menghormat pendapat orang lain.
ELABORASI
o
Siswa mengerjakan contoh soal yang berhubungan dengan aturan Aufbau, aturan Hund dan Prinsip
Larangan Pauli
o
Pembahasan contoh soal yang berhubungan dengan aturan Aufbau, aturan Hund dan Prinsip
Larangan Pauli oleh siswa, guru memberikan peneguhan
o
Diskusi tentang diagram orbital
o
Siswa latihan membuat diagram orbital berdasarkan konfigurasim elektron
KONFIRMASI
o
Guru mencek pekerjaan siswa bersama- sama
siswa
Penutup.
o
Dengan bimbingan guru siswa diarahkan
membuat kesimpulan
o Siswa diberi pekerjaan rumah
|
5
menit
5
menit
70 menit
25 menit
35 menit
10menit
10 menit
|
Pertemuan 3
No.
|
Kegiatan
|
waktu
|
1
2.
3.
|
Pendahuluan.
Pra pembelajaran : mengambil absent siswa dan memeriksa
kesiapan siswa untuk mengikuti
pembelajaran.
Pendidikan berkarakter : nilai ketuhanan,cinta tanah air
Apersepsi : Membahas PR yang sulit.
Motivasi :
Manfaat materi ini Untuk pelajaran berikutnya
Pengetahuan
prasyarat konfigurasi elektron,ev dan diagram orbital
Tujuan pembelajaran : Guru
menuliskan/menyebutkan tujuan pembelajaran dan menuliskan judul.
TP :
ü Menentukan
letak unsur dalam dalam sistem periodic
ü Meramalkan
bentuk molekul berdasarkan teori domain electron dengan benar.
ü Menjelaskan
perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan
ü Menjelaskan
hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul
Kegiatan inti
EKSPLORASI
o
Guru dan siswa mendiskusikan hubungan
konfigurasi elekt
ron dengan letak unsur pada sistem
periodik.
ELABORASI
o
Memberikan contoh soal yang berhubungan
dengan konfigurasi elektron dengan letak unsur pada sistem periodik.
o
Guru memberikan informasi cara meramalkan
bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron.
o
Memberikan contoh-contoh soal meramalkan
bentuk molekul berdasarkan teori domain elektron
o Mendiskusikan perbedaan sifat fisis ( titik didih, titik beku) berdasarkan
gaya antar molekul (gaya London, gaya Vanderwalls, dan ikatan hoidrogen).
o Mendiskusikan hubungan gaya Vanderwalls dengan ukuran molekul
.
KONFIRMASI
o
Guru memberikan peneguhan tentang contoh soal yang diberikan
Penutup.
o
Guru mengarahkan siswa membuat rangkuman
o
Siswa diberi pekerjaan rumah (lampiran
3 )
o
Siswa diminta membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
|
5
menit
5
menit
70 menit
25 menit
35 menit
10 menit
10 menit
|
Untuk Instrumen Tes dan Bahan bisa di buat sendiri Kami merekomendasikan untuk melihat di blog khusus kimia, http:/kokimia.blogspot.com
Share Yuk
No comments:
Post a Comment