SMA : SMA XXX
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi: 3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang
Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi
Indonesia di Tengah Perubahan Politik, dan Ekonomi
Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
berakhirnya Perang Dingin
Indikator :
• Menjelaskan pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
• Mendeskripsikan nasionalisasime Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma
• Menganasisis sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina
• Menganalisis sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
• Menganalisis sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakistan
Alokasi Waktu : 3x45 menit ( 1x pert )
• Menjelaskan pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
• Mendeskripsikan nasionalisasime Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma
Nilai Karakter Bangsa :
Rasa ingin tahu, , cinta tanah air,dan gemar membaca.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri ( optimis). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
• Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika (Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma)
C. Metode Pembelajaran
Diskusi model Jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Salam pembuka,
• Do’a pembuka pelajaran
• Absensi
• Apersepsi guru menayangkan foto Mahatma Gandhi, kemudian bertanya pada siswa apa yang anda ketahui tentang tokoh ini
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru membagi peserta didik dalam tujuh kelompok dan materi dibagi dalam tujuh bagian, yaitu
1) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Cina
2) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Filipina
3) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Mesir
4) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Libya
5) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme India
6) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Birma
7)
a. Menganasisis sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina
b. Menganalisis sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
c. Menganalisis sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakistan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, , cinta tanah air,dan gemar
membaca.
• Masing-masing kelompok membaca dari buku sumber dan mendiskusikan dalam kelompoknya.
• Salah satu kelompok mepresentasikan hasil kerja kelompoknya yang dipilih secara acak.
• Kelompok lain memberikan tanggapan, pertanyaan dan saran
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Siswa dengan dipandu guru 2 menyimpulkan pelajaran .
E. Sumber Belajar
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 169 – 184)
• Peta konsep
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
1. Jelaskan sebab sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina !
2. Jelaskan sebab munculnya nasionalisme Philiphina !
3. Jelaskan sebab munculnya nasionalisme Mesir !
4. Jelaskan sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
5. Jelaskan sebab sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakist
Indikator Nilai Karakter:
Rasa ingin tahu:
1. Sering mengajukan pertanyaan tentang materi yg. dipelajari
2. Sering mengajukan pertanyaan dan memiliki buku sumber lebih dari 1
cinta tanah air:
1. Menggunakan bahasa Indonesia yg. baik dalam PBM
2. Mampu mengambil pelajaran dari peristiwa yg .terjadi demi kelangsungan bangsa
Gemar membaca:
1. Membaca bahan ajar seperti yang diminta oleh guru.
2. Bertanya atau berpendapat sebagai respon dari membaca bahan ajar.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
Standar Kompetensi: 3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang
Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi
Indonesia di Tengah Perubahan Politik, dan Ekonomi
Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
berakhirnya Perang Dingin
Indikator :
• Menjelaskan pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
• Mendeskripsikan nasionalisasime Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma
• Menganasisis sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina
• Menganalisis sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
• Menganalisis sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakistan
Alokasi Waktu : 3x45 menit ( 1x pert )
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:• Menjelaskan pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi
• Mendeskripsikan nasionalisasime Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma
Nilai Karakter Bangsa :
Rasa ingin tahu, , cinta tanah air,dan gemar membaca.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Percaya diri ( optimis). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
B. Materi Pembelajaran
• Pengertian nasionalisasi dan dekolonisasi• Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika (Cina, Filipina, Mesir, Libya, India dan Birma)
C. Metode Pembelajaran
Diskusi model Jigsaw
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Salam pembuka,
• Do’a pembuka pelajaran
• Absensi
• Apersepsi guru menayangkan foto Mahatma Gandhi, kemudian bertanya pada siswa apa yang anda ketahui tentang tokoh ini
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
• Guru membagi peserta didik dalam tujuh kelompok dan materi dibagi dalam tujuh bagian, yaitu
1) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Cina
2) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Filipina
3) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Mesir
4) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Libya
5) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme India
6) tokoh-tokoh nasionalisme, organisasi pergerakan nasional dan Negara/ bangsa yang ditentang dari nasionalisme Birma
7)
a. Menganasisis sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina
b. Menganalisis sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
c. Menganalisis sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakistan
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, , cinta tanah air,dan gemar
membaca.
• Masing-masing kelompok membaca dari buku sumber dan mendiskusikan dalam kelompoknya.
• Salah satu kelompok mepresentasikan hasil kerja kelompoknya yang dipilih secara acak.
• Kelompok lain memberikan tanggapan, pertanyaan dan saran
3. Kegiatan Penutup
• Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
• Siswa dengan dipandu guru 2 menyimpulkan pelajaran .
E. Sumber Belajar
• Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 169 – 184)
• Peta konsep
• Buku-buku penunjang yang relevan
F. Penilaian
1. Jelaskan sebab sebab keberhasilan Mao Zedong mengkomuniskan Cina !
2. Jelaskan sebab munculnya nasionalisme Philiphina !
3. Jelaskan sebab munculnya nasionalisme Mesir !
4. Jelaskan sebab keberhasilan ajaran Swadesi Mahatma Gandhi menentang Inggris di India
5. Jelaskan sebab sebab pecahnya India dan munculnya Negara Pakist
Rasa ingin tahu:
1. Sering mengajukan pertanyaan tentang materi yg. dipelajari
2. Sering mengajukan pertanyaan dan memiliki buku sumber lebih dari 1
cinta tanah air:
1. Menggunakan bahasa Indonesia yg. baik dalam PBM
2. Mampu mengambil pelajaran dari peristiwa yg .terjadi demi kelangsungan bangsa
Gemar membaca:
1. Membaca bahan ajar seperti yang diminta oleh guru.
2. Bertanya atau berpendapat sebagai respon dari membaca bahan ajar.
Cara Penilaian:
No.
|
PencapaianNilai
Karakter yang Teramati
|
NilaiKarakter yang Teramati
|
Skor
|
Kua-litatif
|
|||||
Teliti
|
cinta tanah air
|
Gemar
Membaca
|
|||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|
|
||
1
|
MB (membudaya)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
20-24
|
A
|
2
|
MK
(mulaiberkembang)
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
13-19
|
B
|
3
|
MT
(mulaiterlihat)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
7-12
|
C
|
4
|
BT (belumterlihat)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1-6
|
D
|
Keterangan Pencapaian
Nilai Karakter:
BT :
Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT :
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MK :
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai
tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MB : Membudaya/Mulai Konsisten
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
Share Yuk
No comments:
Post a Comment