Materi Ekonomi SMA tentang Pasar Persaingan Sempurna

   

Pengertian Pasar adalah  suatu mekanisme yangyang mempertemukan (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual. Fungsi Pasar ; Menentukan nilai, Mengorganisasikan produksinya, Mendistribusikan produk. Penggolongan Struktur Pasar; Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Selanjunya akan dijelaskanmasng masing golongan pasar ini.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran ditandai jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hampir tidak terbatas. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna : Banyak penjual dan pembeli. Produk Homogen. Pembeli bebas memilih produk. Produsen masuk/keluar pasar. Distribusi produk lancar. Konsumen mengetahui kondisi pasar. Faktor-faktor produksi bergerak bebas. Tidak ada campur tangan pemerintah. Out put perusahan relatif kecil dibandingkan dengan out put pasar. Penjual/produsen hanya sebagi price taker (penerima harga).

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna. Karena biaya tidak terlalu tinggi, maka produsen bebas membuka/menutup usahanya. Barang tersedia di pasar cukup banyak, sehingga pembeli bebas memilih. Pembeli dan penjual mencapai kepuasan maksimal karena harga terbentuk dari hasill tawar menawar kedua belah pihak. Tidak nampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual. Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar. Barang apapun yang ditawarkan penjual akan laku berapapun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga. Tidak mungkin merubah bentuk barang untuk merebut pasar, karena jenis barang homogen. 



Informasi pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan untuk menyaingi perusahaan lain tidak akan menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas. Konsumen tidak perlu adu tegang dalam hal tawar menawar, karena harga tidak dapat dipengaruhi. Masyarakat diuntungkan karena harga jual barang dan jasa adalah yang termurah. Masyarakat diuntungkan karena jumlah out put paling banyak sehingga rasio out put per penduduk adalah maksimum. Masyarakat diuntungkan karena tidak dikakhwtirnkan dibohongi dalam kulitas dan harga.

Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna. Penjual tidak berani membuat harga seenaknya sendiri, sehingga laba relatif kecil. Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal. Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai, karena homogenirtas barang sulit dilaksanakan dan harga tidak dapat ditawar. Adanya IPTEK meningkatkan kualitas&kuantitas produk memaksa adanya persaingan. Keuntungan maksimum yang diperoleh penjual sudah dapat diprediksi. 

Munculnya Black Market (Pasar Gelap). Penjual hanya bersikap sebagai Price Taker (Penerima Harga). Kelemahan dalam hl sumsi, kren sumsi yng dipki pd psr persingn sepurn musthil terwujud, disebkan teknologi, karena pasar persingan sempurna secara teori tidak dapat membiayai riset sebab keuntungan yang diperoleh hanya sebatas hal normal. Kelemahan dalam konflik efesiensi kedilan, maksudnya pasar persaingan sempurna sangat mengutamakan efesiensi, sedangkan negara sedang berkembang cenderung kesulitan bertindak efesien dibanding negara maju sehingga prkteknya mengakibtkan biaya tidak efesien lagi. Kelemahan dalam keerbatasan konsumen ketika menentukan pilihan karena barng yang dijual homogen. Untuk mengenai macam pasar berikutnya bisa di baca di Pasar Persaingan Tidak Sempurna.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait