Kebutuhan,Kelangkaan,Masalah Ekonomi

   

Kebutuhan dan Kelangkaan

Kebutuhan adalah sesuatu yang kita butuhkan dan harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Macam-macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya ; Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder. Macam macam kebutuhan menurut waktu ; Kebutuhan sekarang, Kebutuhan tidak terduga, Kebutuhan yang akan datang. Macam macam kebutuhan menurut sifat ; Kebutuhan jasmani, Kebutuhan rohani. Macam macam kebutuhan Menurut Subjek ; kebutuhan individu, kebutuhan kolektif.

Beberapa faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan : kondisi alam, peradaban. Adat istiadat, agama dan kepercayaan dan pendidikan. Benda Pemuas Kebutuhan terbagi atas bermacam-macam. Ditinjau dari masing masing sudut pandang maka benda pemuas kebutuhan terdiri dari.

  1. Menurut cara memperolehnya; Benda Ekonomi, benda Bebas. 
  2. Menurut kegunaannya; benda konsumsi, benda produksi 
  3. Menurut proses pembuatannya; barang mentah, barang setengah jadi, barang jadi. 
  4. Menurut hubungan dengan benda lain; barang substitusi, barang komplementer. 
  5. Menurut ketahanannya; barang tahan lama, barang tidak tahan lama. 
Kegunaan Benda terdiri dari kegunaan bentuk/ form utility (benda akan berguna menurut bentuk bentuk khas). kegunaan Tempat /place utility (benda berguna ketika atau hanya pada tempat tertentu). kegunaan waktu /time utility (benda berguna ketika pada waktu tertentu), kegunaan pemilikan owner utility (benda berguna bagi masing masing pribadi empunya.)

Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kita. Faktor-faktor penyebab kelangkaan; Sumber Daya Alam terbatas, banyak SDA rusak akibat ulah manusia, terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam, kebutuhan manusia meningkat lebih cepat dibanding pemuas kebutuhan.

Masalah Pokok Ekonomi
Masalah pokok ekonomi klasik ; terbatas pada 3 hal fungsi pokok. Produksi yang meliputi bagaimana barang yang akan diproduksi. Masalah berikutnya Distribusi, yaitu baaimana cara menyalurkan barang hingga ke konsumen. Konsumsi, yang berkaitan dengan pemakaian barang.

Masalah pokok ekonomi modern, dikenal dengan what ( apa barangnya), how (bagaimana cara...). who (siapa yang –produksi-distribusi). For whom (untuk siapa barang tersebut di produksi.

Dari perbandingan di atas cukup jelas. Perbandingan masalah ekonomi modern lebih luas dalam memaparkan masalah. Sementara itu untuk masalah ekonomi klasik berupa problem sederhana dimana bagaimana cara barang sampai ke konsumen. Ini mungin dikarenakan semakin modern, maka makin banyak permasalahan yang harus diselesaikan.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait