Materi Ekonomi- Pengangguran dan Jenis Pengangguran

   

Pengangguran adalah  Angkatan kerja yang tidak melakukan kegiatan kerja, atau sedang mencari pekerjaan, atau bekerja secara optimal. Dengan keadaan seperti ini maka orang tersebut tidak produktif. Secara ilmiahnya pengangguran ini merupakan sebuah masalah. Dari pribadi si penganggur sendiri, dengan tidak adanya podukifitas yang dilakukan, maka ekonomisnya dia tidak bisa memenuhi kebutuhan.

Penyebab yang secara jelas dari pengangguran ini secara intern bisa saja tidak adanya kemampuan yang dimiliki oleh angkatan kerja. Namun secara global pnyebab pengangguran ini bisa karena ketidak tersediaan lapangan kerja untuk menampung angkatan kerja. Dalam keterkaitannya dengan pertumbuhan ekonomi, tentu pengangguran ini menurunkan pertumbuha ekonomi.

Sejatinya kesalahan dari angkatan kerja yang tidak bekerja ini juga bisa disebabkan karena kekurangan sumber daya alam. Tapi sepenuhnya meskipun dengan kekurangan sumber daya alam, bila saja kemampuan dan skill (sumber daya manusia) berkualitas maka pasti tidak akan terjadi pengangguran. Terlepas dari persaingan dalam mendapatkan kerja.

Jenis-Jenis Pengangguran.

Jenis pengangguran menurut lama waktu bekerja, Pengangguran terbuka (Open Unemployment) adalah : tenaga kerja yang betul betul tidak mempunyai pekerjaan, meskipun mereka sedang mencari pekerjaan. Setengah Menganggur (Under Unemployment), adalah : Tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimum karena ketiadaan lapangan kerja. Pengangguran terselubung (Disguised Unemployment) adalah : Tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimum karena tidak memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Jenis pengangguran menurut penyebab, Pengangguran Musiman adalah : pengangguran yang terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang bersifat berskala, biasanya terjadi pada sector pertanian. Pengangguran Struktural adalah : Pengangguran yang terjadi karena, ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia. Atau pengangguran yang disebabkan oleh perubahan struktur kehidupan masyarakat.

Pengangguran Siklikal adalah : Pengangguran yang terjadi karena naik turunnya aktivitas atau keadaan perekonomian suatu negara. Pengangguran Teknologi adalah : Pengangguran yang terjadi adanya pergantian tenaga manusia dengan tenaga mesin. Pengangguran Friksional, adalah : Pengangguran yang terjadi karena, pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja dengan kata lain, terjadi karena penawaran tenaga kerja lebih banyak dari pada permintaan tenaga kerja.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait