Prinsip, Bidang dan Tingkatan Manajemen

   
Melanjutkan materi sebelumnya dari Pengertian, Unsur dan Fungsi Manajemen. Kali ini akan dibahas mengenai tingkatan manajemen. Prinsip Manajemen, dan Bidang bidang manajemen. Untuk itu mari dilihat satu persatu.
prinsip dan bidang manajemen
Mandor = manajer

Tingkatan Manajemen

Top Management ( Manajemen Puncak). Level ini adalah level tertinggi sebuah sistem manajemen. Yang termasuk contoh manajemen puncak ini contohnya direktur utama, preisden direktur dan wakil direktur. Tugas level ini adalah membuat perencanaan jangka panjang organisasi, menetapkan tujuan, visi dan misi serta metoda apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Middle Management atau Manajemen Menengah. Tugas umum manajemen tingkat menengah yaitu membuat planning operasi dan menjalankan instruksi dari top manager. Contoh manajemen menengah adalah, kepala divisi, kepala cabang.

Supervisor Management atau Manajemen Pelaksana yang bertugas menjalankan ketetapan dan instruksi manajemen menengah. Biasanya pada level ini mereka langsung membawahi pekerja. Contoh kepala seksi, supervisor dan mandor.

Prinsip Manajemen

Menurut seorang ahli bernama Henry Fayol ada 14 prinsip management. Ke- 14 prinsip manajemen menurut Henry Fayol tersebut adalah.
  1. Divison of Work (Pembagian Kerja)
  2. Authority (Otoritas)
  3. Disciline (Disiplin)
  4. Unity of Command (Kesatuan Perintah)
  5. Unity of direction (kesatuan arah)
  6. Subordination of Individual Interest to the Common Good(Memprioritaskan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi)
  7. Renumeration (pembagian upah)
  8. Centralization (pemusatan)
  9. Line of Authority (Garis Otoritas/ arah struktur dalam oraganisasi)
  10. Order (ketertiban)
  11. Equity (Kesamaan)
  12. Stability of Staff (Stabilnya staff/tidak sering gonta ganti karyawan)
  13. Initiative (Inisiatif)
  14. Spirit of Corps (Semangat Kerja)

Bidang Bidang Manajemen



Manajemen Produksi yang berfungsi dalam koordinasi pemanfaatan sumber daya produksi. Hal ini melibatkan tugas seperti desain produk, merancang proses produksi dan pengunaan alat. Pemilihan tempat produksi, dan keterlibatan dalam metoda serta kapasitas produksi.

Manajemen Pemasaran,
bagian yang berhubungan dengan penyaluran produk hasil produksi kepada konsumen. Dimulai dari riset pasar, prospek pasar, penetapan harga jual, sistem penjualan, promosi. Termasuk di sini adalah menidentifikasi kepuasan pelanggan.

Manajemen Keuangan, pastinya peran yang terkait dengan masalah keuangan. Dimulai dari sumber dana dari mana (modal), pengunaan dana jangka pendek dan jangka panjang. Dan pengawasan terhadap efesiensi penggunaan dana.

Manajemen Personalia
. Bidang manajemen ini berperan dalam melakukan fungsi manajemen yang berkaitan dengan penerimaan karyawan. Promosi dan mutasi. Termasuk di sini dalam pemutusan hubungan kerja, pemberian sanksi pada karyawan. Selain itu juga berperan mmberikan motivasi kerja bagi karyawan.

Manajemen administrasi yaitu bidang manajemen yang melakuka fungsi manajemen dalam segi administratif kelompok. Contohnya administrasi kegiatan, serta memberikan informasi dalam perkembangan tertentu dan menjaga efektifitasi serta keserasian dalam organisasi.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment