Contoh RPP Bahasa Inggris tentang Niat Melakukan Sesuatu

   
Satuan Pendidikan      : SMA XXXX
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester          : X / I
Materi                          : Ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan / kegiatan
Waktu                         : 4 x 45 menit
Tahun Ajaran              : 2014 / 2015

 


A.  KOMPETENSI INTI

1.      Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai), santun, responsive, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,konseptual,procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni budaya, dan humoniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah ,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari B. Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1Menunjukkan perilaku santun dan peduli melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.1        Mengidentifikasi ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
3.4.2        Menentukan fungsi social ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
3.4.3        Meggunakan struktur teks ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang lengkap dan runtut.
3.4.4        Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

4.4   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4.1 Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
4.4.2Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan siswa dapat:
1.      Menunukkan rasa syukur dengan prilaku santun, dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.      Mengidentifikasi ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
3.      Menentukan fungsi social ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
4.      Menggunakan struktur teks ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
5.      Menerapkan unsur kebahasaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
6.      Menyusun teks tulisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
7.      Mendemonstrasikan teks lisan sederhana untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

D.  MATERI PEMBELAJARAN

Ø FAKTA:

1.      ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
2.      Video/film tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

Ø KONSEP:


1.      Ciri ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
2.      Struktur ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

Ø PRINSIP:
1.      Fungsi social menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Menjalin hubungan dengan guru,teman, dan orang lain.
2.      Unsur kebahasaan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·   Kata terkait dengan kata kerja, keterangan waktu,
·   Kata Kerja dalam bentuk Future Tense
·   Kata Tanya: What, When, Who, Where
·   Ucapan, tekanan,intonasi,ejaan,tulisan tangan yang rapi
·   Rujukan Kata
3.      Topik
Keteladanan tentang perilaku ……………
Ø PROSEDUR:
1.      Mengamati
2.      Menanya
3.      Mengeksplorasi
4.      Mengasosiasi
5.      mengomunikasikan

E.   METODE PEMBELAJARAN

·  Inquiry
· Dicovery learning

F.   SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber :
·      Kurikulum 2013
·      Buku Look Ahead 1 (Th. M. Sudarwati & Eudia Grace), Erlangga
·      BSE kelas X
·      Worksheet Book

2. Media :
·      Video
·      Lap Top dan LCD

G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 1
    
KEGIATAN
DESKRIPSI
ALOKASI
 WAKTU
1.   Pendahuluan
·     Greeting, memeriksa kesiapan siswa untuk belajar
·      Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan / komentar kepada siswa.
·     Melalui tayangan LCD, guru menjelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator yang akan dicapai.
·     Melalui tayangan LCD, guru menyampaikan cakupan materi dan menjelaskan langkah-langkah kegiatan.

10 menit
2.Kegiatan Inti
Mengamati
·         Siswa menirukan pengucapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari percakan yang diberikan.
·         Siswa menuliskan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

Menanya
Dengan bimbingan dan arahan dari guru, setelah mendengarkan/membaca ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,
·     Siswa memperhatikan fungsi social, struktur, maupun format penyampaian/penulisannya
·     Siswa mencoba menentukan antara lain, perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·     Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang berisi ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

Mengeksplorasi
·         Siswa mencari berbagai teks berisikan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
·         Siswa berlatih menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan teman melalui simulasi.
·         Siswa berlatih menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan melalui tulisan

Mengasosiasi
·         Siswa menganalisis ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan mengelompokkan berdasakan penggunaan
·         Secara berkelompok siswa nendiskusikan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya dengan yang digunakan guru.
·     Siswa memperoleh balikan dari guru dan teman tentang fungsi social, dan unsur kebahasaan yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan
·         Siswa mendemonstrasikan penggunaan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi social, ungkapan, unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
·         Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dalam jurnal belajar(learning Jurnal).
70 menit
3.Kegiatan Penutup
·     Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkankan tentang materi yang telah dipelajari
·     Guru memberikan PR
·     Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·     Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.

10 menit
Pertemuan :2


H.  EVALUASI / PENILAIAN

A   Jenis Penilaian:
1.   Penilaian Cognitive
2.   Penilaian Afektif
3.   Penilaian Psikomotor
B    Bentuk Istrumen
1.   Tes Tertulis
2.   Obervasi
3.   Performance
C    Pedoman Penskoran
 Penilaian Sikap (Affective)
No
Nama Siswa
Kriteria
Total Score


1
2
3
4
5










Keterangan :
      1.  Disiplin dan Jujur
      2.  Percaya diri
      3.  Tanggung Jawab
      4.  Kerjasama
      5.  Sopan Santun

Rentang skor: 50-100
Predikat:
o   Amat baik       : A (86 – 100)
o   Baik                : B (76 - 85)
o   Cukup             : C (60 - 75)
o   Kurang            : D (≤ 59)

Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
No
Nama Siswa
Criteria
Total Score


1
2
3
4

1







Keterangan:
1.      Pronounciation
2.      Fungsi social
3.      Unsur Kebahasaan
4.      Struktur Kebahasaan

Rentangan Score: 50-100

I.     FOLLOW UP PROGRAM
1. Test
2. Remedial
3. Pengayaan ( Enrichment )

4. Latihan – latihan
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment