Arti Aktivitas Belajar Siswa

   
 Agar pembinaan dan pengembangan kreativitas siswa dalam kegaitan belajar mengajar lebih berhasil maka perlu di anut cara belajar siswa aktif (Suryo Subroto, 1990 hal, 20). Disamping itu menurut Herman Hudoyono (1977, Hal.194) mengungkapkan bahwa : suatu ciri khas dalam pendidikan modern saat ini adalah hendaknya siswa aktif berpartisipasi sedemikian sehingga melibatkan intelektual dan emosional siswa dalam pembelajaran.
Ilustrasi Belajar teman sejawat
        Dari pendapat tersebut berarti guru harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan siswa aktif, kreatif dan inovatif dalam mempelajari bahan pelajaran yang diberikan.
Aktifitas belajar matematika yang dimaksud adalah aktivitas yang dilakukan siswa dalam belajar matematika baik secara individu maupun kelompok dalam menemukan dan memahami konsep yang mencakup berbagai keterampilan dasar. Semiawan (1992 : hal.17) menyatakan bahwa kemampuan atau keterampilan  dasar itu antara lain :

” Mengobservasi atau mengamati, menghitung, mengukur, mengklasifikasi, mencari hubungan ruang/waktu, membuat hipotesis, merencanakan penelitian/eksperimen, mengendalikan variabel, menginterprestasikan data, menyusun kesimpulan sementara (inferensi), meramalkan, menerapkan dan mengkomukasikan”.

        Upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar perlu ditumbuhkan, untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Pendapat ini sesuai dengan pendapat S. Nasution (1995, hal. 90) yang mengatakan bahwa ”tanpa aktifitas belajar tidak akan memberikan hasil yang baik”. Ini berarti guru harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berkembang secara aktif dalam belajar.  Selanjutnya Semiawan (1992, hal. 22) menjelaskan bahwa sikap mental siswa dalam melaksanakan aktivitas menemukan konsep dan prinsip matematika yang perlu ditinjau adalah sebagai berikut :
- Rasa keingintahuan siswa
- Kerjasama dalam kelompok
- Tanggung jawab
- Ketelitian/ketekunan
- Kemampuan bertanya
- Kecepatan bertindak

dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment