Fungsi dan Manfaat Indeks Harga Saham

   
Informasi yang tepat akurat dan relevan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan analitis dalam investasi pada bursa saham. Salah satunya yaitu dalam bentuk indeks harga saham. Informasi ini tersaji berupa data riwayat yang mendeskripsikan perubahan harga saham yang diperdagangkan.
Secara sederhananya berikut adalah manfaat indeks harga saham tersebut,
Menghitung Total Hasil dari pasar. Indeks saham bisa digunakan dalam perhitungan agregat ataupun beberapa komponen dalam waktu tertentu. Perhitungan ini menggunakan tingkat pengembalian hasil yang dijadikan sebagai tolok ukur dalam penilaian kinerja dari portofolio individu.

Pengembangan Portofolio Indeks.Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, dimana indeks saham bisa dijadikan sebagai tolok ukur penilaian kinerja portofolio. Barang tentu ini bisa dijadikan sebagai salah satu bagian penting dalam pengembangan portofolio indeks.

Sebagai penguji faktor yang Mempengaruhi Harga Pasar.  Dengan adanya indeks saham, bisa terlihat riwayat pergerakan harga saham. Kemudian, ini tentu bisa dikaitkan apa saja hal yang mempengaruhi harga saham pada saat periode tertentu.

Data Prediktif untuk Harga Mendatang.  Karena indeks ini bisa menunjukkan perubahan harga historis pada pasar. Tentu, dengan data yang telah ada bisa memperkirakan harga pasa di masa mendatang. Memang tidak sepenuhnya tidak bisa dijadikan patokan utama mengingat ada faktor lain yang mempengaruhi harga saham seperti inflasi dan lainnya. Namun, ini salah satu alat prediksi yang harus digunakan.

Sementara dari indeks harga saham ini, diharapkan akan didapatkan fungsi indeks ini sebagai,

  1. indikator trend pasar
  2. indikator tingkat keuntungan
  3. tolok ukur (benchmark) kinerja suatu portofolio
  4. Fasilitator dalam pembentukan portofolio dengan srategi pasif
  5. fasilitator dalam perkembangan produk derivative.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

1 comment: