Macam Macam Jenis Indeks Saham

   
PT BEI (Bursa Efek Indonesia) mempunyai 11 jenis indeks saham. Semuanya disebar luaskan di berbagai media, baik itu meida elektronik ataupun media cetak. Merujuk pada buku panduan indeks saham bursa efek Indonesia (2010:3), berikut  11 jenis indeks saham BEI tersebut,
pengertian indeks harga saham gabungan ihsg
1) IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Mempergunakan emiten yang tercatat sebagai bagian dalam penghitungan indeks. Namun ada beberapa emiten yang belum/tidak termasuk dalam penghitungan IHSG. Contohnya emiten yang berasal dari Bursa Efek Surabaya (sebelum melebur menjadi BEI), sebab mereka tak memiliki aktivitas transaksi yang berdampak pada tidak terciptanyan harga di pasar.

2) Indeks Sektoral. Mempergunakan emiten pada masing masing sektor yang terlibat.

3) Ineks LQ45, yaitu 45 emiten terpilih. Emiten ini dipilih berdasarkan likuiditas dan kapitalitas pasar. Pemilihan ini tentu disesuaikan dengan kriteria tertentu.

4) Jakarta Islamic Indeks (JII). yaitu perhitungan dengan mengunakan 30 emiten dalam kategori syariah. Ini telah diterbitkan oleh Bapepam-LK untuk yang termasuk dalam emiten berbasis syariah ini.

5) Indeks Kompas100, penghitungan indeks sahan dengan mengunakan 100 emiten.


6) Indeks bisnis 27. 27 emiten terpilih sebagai bentuk aplikasi kerjasaman antara PT BEI dan Harian Bisnis Indonesia.

7) Indeks Pefindo 25, 25 emiten terpilih sesuai kriteria yang ditetapkan. Ini bentuk kerjasama lembaga rating PEFINDO dan PT BEI.

8) Indeks SRI KEHATI, 25 emiten terpilih. Hampir sama dengan indeks 6,7 di atas. Ini sebagai bentuk kerja sama Yayasan KEHATI dan PT BEI.

9) Indeks Papan Utama, emiten yang tergolong dalam kategori papan utama.
10) Indeks Papan Pengembangan, emiten yang tergolong dalam kategori pengembangan
11) Indeks Individual, indeks harga saham untuk setiap emiten.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment