Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

   
Pengertian pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam mencapai tujuan yakni mempertahankan kelangsungan hidup, berkembang dan memperoleh laba. Pemasaran boleh dibilang sebagai faktor vital dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Pada titik akhirnya ini menitikberatkan pada kepuasan konsumen demi keberlangsungan perusahaan tersebut.
Menurut William J Stanson, pemasaran dijelaskan sebagai suatu keselurhan sistem dari kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga promosi, distribusi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen.

Sementara itu pengertian pemasaran menurut Kotler adalah sebagai proses sosial dan manajerial dimana individu ataupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan penciptaan penawaran, penukaran produk bernilai antara satu dengan yang lainnya.

Berlandaskan definisi pemasaran menurut ahli di atas, bisa dilengkapkan bahwasanya pemasaran dalam arti yang luas tidak sekedar penjualan saja. Cakupan pemasaran berlanjut bagaimana usaha preusahaan mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan bagaimana memenuhinya, mempromosikan barang dan jasa, dan menentukan harga jual. Pada akhirnya akan dicapai laba yang akan menentukan keberlangsungan hidup perusahaan itu sendiri.

Dalam mencapai tujuan keberlangsungan perusahaan dan memperoleh laba tersebut, maka dibutuhkan langkah pengelolaan yang tepat serta pelaksanaan kegiatan pemasaran tersebut. Kegiatan pengelolaan tersebut yang disebut dengan manajemen pemasaran.

Kotler juga menjelaskan tentang defenisi pemasaran sebagai kegiatan analisa, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program yang bertujuan dalam pengadaan pertukaran dalam mencapai tujuan organisasi. Ini bergantung pada penawaran organisasi dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pasar turut ikut dalama penentuan harga, pengadaan layanan dan sistem distribusi.

Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya pengertian manajemen pemasaran adalah proses kegiatan manajemen (POAC) dalam pelaksanaan program demi pencapaian tujuan perusahaan ketika berhadapan dengan pasar. Berikutnya: Strategi dan Tujuan Pemasaran.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment