Materi Ekonomi Kebutuhan

   

Kebutuhan adalah sesuatu hal yang harus dipenuhi dan tidak boleh tidak, bila tanpanya aktivitas hidup kita akan terganggu dan bahkan manusia tidak dapat hidup. Contoh : makan, minum, pakaian, tempat tinggal, kesehatan. Berbeda dengan keinginan.

Keinginan adalah sesuatu hal yang hendak dimiliki, tertapi bila tidak berhasil mendapatkannya maka tidak akan mengancam kelangsungan hidup manusia tersebut.Contoh : mobil mewah, perhiasan, liburan ke luar negeri, dll.

Penggolongan Kebutuhan

Kebutuhan Menurut Intensitasnya, Kebutuhan Primer adalah adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar manusia dapat tetap hidup. Contoh: pangan, sandang, dan papan. Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan tersier ini tidak sama untuk setiap individu. Contoh: perabot rumah tangga, lukisan, alat-alat kecantikan, minyak wangi, sabun. Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi, sifatnya berupa kesenangan dan untuk meningkatkan status/prestise seseorang. Contoh: mobil mewah, kapal pesiar, vila, perhiasan mahal, dsb.

Kebutuhan Menurut Sifatnya, Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan fisik/badan untuk menjaga penampilan diri. Contoh: olahraga, makanan bergizi, pakaian. Kebutuhan Rohani, Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan dengan kesehatan jiwa manusia. Contoh : ibadah, hiburan, seni, perhatian, pendidikan, dll.

Kebutuhan Menurut Waktu; Kebutuhan Sekarang, adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi sekarang juga, jika tidak maka akan mengancam kelangsungan hidup. Contoh : Jika sakit perlu obat dan jika lapar perlu makan. Kebutuhan Masa yang Akan Datang, Kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari meskipun persiapannya dapat dilakukan sekarang. Contoh: Menabung, bertani, berternak. Kebutuhan Tidak Tentu/ Tiba-Tiba adalah kebutuhan yang datangnya tidak direncanakan karena terjadi secara tiba-tiba. Contoh: sakit ke dokter, ban bocor ditambal, motor rusak ke bengekel. Kebutuhan Sepanjang Waktu, Kebutuhan sepanjang waktu: kebutuhan dilakukan sepanjang hayat. Ex: ibadah, belajar, dll.

Kebutuhan Menurut Subjeknya. Kebutuhan Individual/Perorangan, kebutuhan untuk diri individu. Kebutuhan ini berbeda tergantung individu masing-masing. Contoh: makan, ibadah, pakaian, dll. Kebutuhan Kolektif/Kelompok adalah kebutuhan bersama dalam masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Contoh : Jalan, jembatan, rumah sakit.

Kebutuhan Sosio-Budaya. Kebutuhan sosial yaitu kebutuhan yang menyangkut hubungan antar manusia dalam masyarakat karena manusia tsb tidak dapat hidup sendiri. Contoh: tolong menolong, kerja sama, dan saling membutuhkan. Kebutuhan Psikologis adalah kebutuhan yang menyangkut ketentraman jiwa, baik individu maupun kelompok. Contoh: lingkungan sehat, suasana damai, dll.

Kebutuhan Menurut Wujudnya. Kebutuhan material adalah kebutuhan akan hal-hal yang bersifat kebendaan yang dapat diraba/dilihat Contoh : meja, kursi, pakaian, mobil, pesawat, dll. Kebutuhan Jasa adalah kebutuhan yang cara pemuasannya, tidak dengan hal-hal yang berbentuk benda, tetapi sesuatu hal yang tidak dapat dilihat/diraba, tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Contoh : Jasa dokter, jasa guru, jasa tukang cukur.

Penggolongan Alat Pemuas Kebutuhan

Alat Pemuas Kebutuhan dilihat dari Cara Memperolehnya. Benda Bebas/Benda Non Ekonomis, Benda Bebas , yaitu benda yang jumlahnya tidak terbatas, sedangkan dibutuhkan dalam jumlah sedikit (terbatas) , serta untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan. Contoh : air di laut, pasir di gurun, es di kutub, dll. Benda Ekonomis, Benda ekonomis adalah benda yang ketersediannya terbatas namuin dibutuhkan dalam jumlah yang tidak terbatas (banyak), serta untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan (biasa diukur dengan uang), contoh : sandang, pangan, dan papan. Benda Ekonomis ini terbagi 2, yaitu:
  1. Benda Konsumsi. Benda konsumsi yaitu benda yang langsung dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Benda konsumsi ini terbagi 2, yaitu: Benda Konsumsi Tahan Lama, Benda yang dapat dipakai beberapa kali,contoh : pakaian, mobil, motor,perkakas, dll. Benda Konsumsi Tidak Tahan Lama, Benda yang hanya dapat dipakai sekali saja, misal : makanan, minuman, 
  2. Benda Produksi. Benda produksi adalah benda yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan benda lain. Benda Produksi dapat dibagi dua, yaitu . Benda Produksi yang habis satu kali proses produksi, contoh : bahan baku, bahan bakar, dll dan Benda Produksi yang dapat dipakai untuk beberapa kali proses produksi, contoh: tanah, bangunan, mesin-mesin, dll.
Alat Pemuas Kebutuhan dilihat dari Segi Kegunaannya. Benda Substitusi, Benda Substitusi adalah benda yang dapat menggantikan benda lain yang fungsinya sama. Contoh: pulpen menggantikan pensil. Benda Komplementer, Benda komplementer adalah benda yang fungsinya saling melengkapi , artinya bila digabung maka benda tersebut baru mendatangkan manfaat. Ex: Kompor dg minyak, pulpen dengan tinta.

Alat Pemuas Kebutuhan dari Segi Jaminannya. Barang Tetap, Barang tetap adalah barang yang dapat dipergunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka panjang (lebih dari 1 tahun) Contoh : Sertifikat tanah. Barang Bergerak, Barang bergerak adalah barang yang dapat dipindah-pindahkan ke tempat lain dan dapat dipergunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Contoh : perhiasan, barang dagangan.

Alat Pemuas Kebutuhan dilihat dari Segi Proses Produksinya. Barang Mentah, Barang mentah atau disebut juga bahan mentah/bahan baku adalah barang yang belum mengalamai proses produksi. Contoh : kapas, kayu, gandum , dll. Barang Setengah Jadi, Barang setengan jadi atau bahan setengan jadi, adalah barang yang sudah mengalami proses produksi tetapi belum dapat memenuhi kebuhuthan manusia secara sempurna. Contoh : kapas menjadi benang, kayu menjadi papan, gandum menjadi tepung, dll. Barang Jadi, Barang jadi/bahan jadi adalah barang yang sudah mengalami proses produksi dan dapat memenuhi kebutuhan manusia dengan lebih baik. Contoh : pakaian, lemari , kue/roti, dll.

Penggolongan Kegunaan Benda Pemuas Kebutuhan

Element Utility (Kegunaan Dasar). Element utility adalah kegunaan yang mendasar dari benda sebelum benda mengalami perubahan. Contoh : kayu jati sebelum dijadikan lemari.

Form Utility (Kegunaan Bentuk). Form utility adalah peningkatan kegunaan suatu benda karena bentuknya dirubah. Contoh : kayu jati meningkat nilai gunanya setelah jadi lemari.

Place Utility (Kegunaan Tempat). Place utilty adalah peningkatan kegunaan suatu benda karena perubahan tempat/dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain.Ex:Rotan di hutan akan bermanfaat di bawa ke pasar.

Time Utility (Kegunaan Waktu). Time Utility adalah peningkatan kegunaan suatu benda karena dipakai pada waktu yang tepat. Contoh : Pada hari Raya Idhul Adha, maka sapi akan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Service Utility (Kegunaan Pelayanan). Service Utility adalah peningkatan kegunaan suatu barang/jasa karena adanya pelayanan . Contoh : rumah sakit akan berguna bila ada dokter, perawat, petugas lainnya

Ownership Utility (Kegunaan Kepemilikan). Ownership Utility adalah peningkatan kegunaan suatu benda karena benda tersebut dimiliki oleh orang yang tepat . Contoh : Ilmu Mendidik yang dimiliki oleh seorang guru akan meningkatkan nilai guna guru tersebut.
dalam:

Share:

Loading...

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment